Hubungan Motivasi Perawat dengan Kinerja Perawat di Ruang Rawat Inap Kelas III Rumah Sakit Pertamina Bintang Amin

Yosi Adelta, M. Arifki Zainaro, Triyoso Triyoso

Sari


ABSTRACT

 

Performance is a world issue today. This happens as a consequence of the community's demands for the need for excellent service or high quality services that are inseparable from standards, because performance is measured based on standards. One method of assessing the performance of nurses is by looking at the standards of nursing care. individual work motivation that encourages the achievement of a nurse's performance. Motivation is something that encourages someone to behave in achieving a goal. To find out the relationship between nurse motivation and nurse performance in the Class III Inpatient Room at Pertamina Bintang Amin Hospital in 2022. This type of research uses quantitative, analytical survey research design with a cross sectional approach, the population and sample are nurses at Pertamina Bintang Amin Hospital as many as 38 respondents, the sampling technique uses purposive sampling, data analysis uses univariate and bivariate using chi square. Seen by 38 respondents, 13 respondents (34.2%) have good motivation, 10 respondents (26.3%) good nurse performance and 3 respondents (7.9%) poor nurse performance. nurses are not good as many as 25 respondents (65.8%) with good nurse performance as many as 9 respondents (23.7%) and nurse performance is not good as many as 16 respondents (42.1%). Most of the nurses' motivation is in poor category. Most of the nurses' performance is in poor category. The results of data analysis using the chi square test obtained p-value values that have a relationship between nurse motivation and nurse performance in the third class inpatient room at Pertamina Bintang Amin Hospital in the year 2022

 

Keywords: Nurse Motivation and Nurse Performance

 

 

ABSTRAK

 

Kinerja (performance) menjadi isu dunia saat ini. Hal tersebut terjadi sebagai konsekuensi tuntutan masyarakat terhadap kebutuhan akan pelayanan prima atau pelayanan yang bermutu tinggi yang tidak terpisahkan dari standar, karena kinerja diukur berdasarkan standar. Salah satu metode dalam menilai kinerja perawat yaitu dengan melihat standar asuhan keperawatan.  motivasi kerja individu yang mendorong pencapaian kinerja seorang perawat. Motivasi merupakan suatu yang mendorong seseorang untuk bertingkah laku dalam mencapai suatu tujuan. Diketahui hubungan motivasi perawat dengan kinerja perawat di Ruang Rawat Inap Kelas III Rumah Sakit Pertamina Bintang Amin Tahun 2022. Jenis penelitian menggunakan kuantitatif, rancangan penelitian survey analitik dengan pendekatan cross sectional, Populasi dan sampel adalah perawat di Rumah Sakit Pertamina Bintang Amin sebanyak 38 responden, teknik sampling menggunakan purposive sampling, analisa data menggunakan univariat dan bivariat menggunakan chi square. Dilihat 38 responden, perawat yang memiliki motivasi baik sebanyak 13 responden (34,2%) dengan kinerja perawat baik sebanyak 10 responden (26,3%) dan kinerja perawat kurang baik sebanyak 3 responden (7,9%), sedangkan motivasi perawat kurang baik sebanyak 25 responden (65,8%) dengan kinerja perawat baik sebanyak 9 responden (23,7%) dan kinerja perawat kurang baik sebanyak 16 responden (42,1%). Sebagian besar motivasi perawat kategori kurang baik.Sebagian besar kinerja perawat dengan kategori kurang baik.Hasil analisa data menggunakan uji chi square didapat nilai p-value ada hubungan motivasi perawat dengan kinerja perawat di ruang rawat inap kelas III Rumah Sakit Pertamina Bintang Amin Tahun 2022

 

Kata Kunci: Motivasi Perawat dan Kinerja Perawat


Kata Kunci


Sikap Perawat

Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Gunawan, I., & Mudayana, A. A. (2016). Hubungan Antara Pengetahuan, Sikap Dan Motivasi Dengan Perilaku Penggunaan Alat Pelindung Diri Pada Pekerja Bagian Produksi Pt. Katingan Indah Utama, Kabupaten Kotawaringin Timur, Provinsi Kalimantan Tengah. Unnes Journal Of Public Health, 5(4), 336-347.

Heti, R. P. (2018). Hubungan Antara Motivasi Kerja Dengan Kinerja Perawat Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Islam Siti Aisyah Madiun 2018.

Kemenkes, R. I. (2016). Profil Kesehatan Indonesia 2015.

Khamida, K., & Mastiah, M. (2015). Kinerja Perawat Dalam Memberikan Asuhan Keperawatan Berpengaruh Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap. Journal Of Health Sciences, 8(2).

Maharani, K. (2019). Hubungan Antara Beban Kerja Dan Work-Family Conflict Dengan Stres Kerja Pada Perawat Wanita Yang Sudah Menikah Di Rsud Dr. H Abdul Moeloek Provinsi Lampung (Doctoral Dissertation, Uin Raden Intan Lampung).

Mandagi, F. M., Umboh, J. M., & Rattu, J. A. (2015). Analisis Faktor–Faktor Yang Berhubungan Dengan Kinerja Perawat Dalam Menerapkan Asuhan Keperawatan Di Rumah Sakit Umum Bethesda Gmim. Ebiomedik, 3(3).

Mariana, D. (2019). Hubungan Kualitas Pelayanan Keperawatan Rawat Inap Dengan Proses Pengambilan Keputusan Pasien Untuk Memilih Rumah Sakit. Jurnal Ilmiah Multi Scinece Kesehatan, 10(2), 145-162.

Naongi, M. G., & Isrul, M. (2018). Spatial And Temporal Epidemiological Study Of Smear Positive Tuberculosis In Kendari, Southeast Sulawesi, Indonesia. Indian Journal Of Public Health Research & Development, 9(6).

Notoatmodjo, S . (2018). Metodelogi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nursalam. (2014). Manajemen Keperawatan Aplikasi Dalam Praktik Keperawatan Professional. Jakarta: Salemba Medika.

Nursalam. (2017). Manajemen Keperawatan: Aplikasi Dalam Praktik Keperawatan Profesional, Edisi3. Jakarta: Salemba Medika.

Nursalam. (2018). Management Keperawatan Aplikasi Dalam Praktek Keperawatan Profesional. Jakarta: Salemba Medika.

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia. Nomor 11 Tahun 2017 Tentang Keselamatan Pasien. Jakarta: Kementerian.

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia. Nomor 11 Tahun 2015 Tentang Keselamatan Pasien. Jakarta: Kementerian.

Pramono, A. (2004). Analisis Keterampilan Kerja Dan Iklim Kerja Terhadap Kualitas Pelayanan Keperawatan Di Ruang Rawat Inap Rsu. H. Sahudin Kutacane.

Rohita, T., & Yetti, K. (2017). Peningkatan Kualitas Pelayanan Keperawatan Melalui Ronde Dan Pendokumentasian. Dunia Keperawatan: Jurnal Keperawatan

Sesrianty, V., Machmud, R., & Yeni, F. (2019). Analisa Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Keperawatan. Jurnal Kesehatan Perintis (Perintis's Health Journal), 6(2), 116-126.

Setiyajati, A. (2014). Pengaruh Pengetahuan Dan Sikap Perawat Terhadap Penerapan Standar Keselamatan Pasien Di Instalasi Perawatan Intensif Rsud Dr. Moewardi (Doctoral Dissertation, Uns (Sebelas Maret University)).

Simbala (2017) Hubungan Antara Kualitas Jasa Pelayanan Perawat Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Islam Sitti Maryam Kota Manado. Bidang Minat Administrasi Kebijakan Kesehatan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi

Sinambela, L. P. (2012). Kinerja Pegawai Teori Pengukuran Dan Implikasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Suarli & Bahtiar, (2012). Manajemen Keperawatan Dengan Pendekatan Praktis. Jakarta, Erlangga.

Tamimi, B., Cañizares, C., & Bhattacharya, K. (2013). System Stability Impact Of Large-Scale And Distributed Solar Photovoltaic Generation: The Case Of Ontario, Canada. Ieee Transactions On Sustainable Energy, 4(3), 680-688.

Trevia, R., Arifin, H., & Putri, D. E. (2019). Hubungan Gaya Kepemimpinan Kepala Ruangan Dengan Kinerja Perawat Pelaksana Dalam Menerapkan Asuhan Keperawatan Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Umum Mayjenn Ha Thalib Kerinci. Jurnal Kesehatan Medika Saintika, 10(2), 22-32.

Wulandari, P. (2019). Analisis Perbandingan Kinerja Perawat Berdasarkan Jenis Kelamin Pada Rsud Dr.H. Abdul Moeloek Bandar Lampung. Program Studi Manajemen Fakultas Bisnis Dan Ekonomi Institut Informatika Dan Bisnis Darmajaya: Bandar Lampung

Yosiana, Y., Djuandi, D., & Hasanah, A. (2021, March). Mobile Learning And Its Effectiveness In Mathematics. In Journal Of Physics: Conference Series (Vol. 1806, No. 1, P. 012081). Iop Publishing.




DOI: https://doi.org/10.33024/mnj.v5i3.7657

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Penerbit: Universitas Malahayati


 Creative Commons License

Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License