Kecanduan Media Sosial pada Remaja Akibat Pandemi Covid-19: Scoping Review

Iwan Shalahuddin, Ai Wia, Taty Hernawaty

Sari


ABSTRACT

 

The Covid-19 pandemic has significantly changed almost every aspect of life, including daily community activities such as school, work and worship which must now be done online. Social media has become one of the most widely used communication equipment during the Covid-19 pandemic. This condition will undeniably result in an increase in social media use and form social media addiction during the Covid-19 pandemic. The purpose of this study to identify a picture of social media addiction in adolescents due to the Covid-19 pandemic. This research uses the study literature review method with a scoping review approach. The literature search is carried out using three databases with predetermined keywords. Get several articles, namely Google Scholar 109 articles, PubMed 540 articles and Proquest 214 articles. After searching for articles by sorting based on the inclusion and exclusion criteria that have been designed, an article assessment is then carried out using the Joanna Briggs Institute (JBI) instrument. The results of the study found several factors that influence social media addiction due to the Covid-19 pandemic including gender, psychological factors there is an impulse to find information related to Covid-19, trauma due to social isolation, depression anxiety and psychological stress due to fear of Covid-19 infection also underlie a person to seek recreation through social media during the pandemic, social factors due to difficulty in interpersonal communication during lockdown,  and the purpose and timing of social media use after lockdown was established, resulting in many individuals spending free time inside the home playing social media, as well as causing overuse during the Covid-19 pandemic. The conclusions found show that many of the activities of teenagers carried out online during lockdown resulted in teenagers spending more time with social media, as an escape from personal problems, such as mental stress, stress, and anxiety. So that situations like this cause many teenagers to experience social media addiction as a result of the Covid-19 pandemic. It is hoped that this literature study can be used as an evaluation material and help nurses in dealing with or educating adolescents so that they can avoid social media addiction.

 

Keywords : Academic Stress, Internet Addiction, Students, Online Learning,

 

 

 

 

 

ABSTRAK

 

Pandemi Covid-19 secara signifikan telah mengubah hampir setiap aspek dalam kehidupan, termasuk aktivitas harian masyarakat seperti sekolah, kerja serta ibadah yang kini harus dilakukan secara daring. Media sosial menjadi salah satu perlengkapan komunikasi yang banyak digunakan di kala pandemi Covid-19. Kondisi ini tidak dipungkiri akan mengakibatkan peningkatan pemakaian media sosial serta membentuk kecanduan media sosial di masa pandemi Covid-19 berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi gambaran kecanduan media sosial pada remaja akibat pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode study literature review dengan pendekatan scoping review. Pencarian literature dilakukan dengan menggunakan tiga database dengan kata kunci yang telah ditentukan. Di dapatkan beberapa artikel yaitu Google Scholar 109 artikel, PubMed 540 artikel dan Proquest 214 artikel. Setelah melakukan pencarian artikel dengan menyortir berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi yang sudah dirancang selanjutnya dilakukan penilaian artikel dengan menggunakan instrumen Joanna Briggs Institute (JBI). Hasil telaahan ditemukan beberapa faktor yang mempengaruhi kecanduan media sosial akibat pandemi Covid-19 diantaranya yaitu jenis kelamin, faktor psikologis adanya dorongan untuk mencari informasi terkait Covid-19, trauma akibat isolasi sosial, cemas depresi dan stress psikologi akibat rasa takut terhadap infeksi Covid-19 juga mendasari seseorang untuk mencari rekreasi melalui media sosial selama pandemi, faktor sosial akibat sulitnya komunikasi interpersonal selama lockdown, serta faktor tujuan dan waktu penggunaan sosial media setelah penguncian ditetapkan, mengakibatkan banyak individu menghabiskan waktu luang di dalam rumah dengan bermain media sosial, serta menyebabkan penggunaan yang berlebihan selama pandemi Covid-19. Kesimpulan yang didapatkan menunjukan bahwa banyak aktivitas para remaja yang dilakukan secara online selama penguncian mengakibatkan para remaja lebih banyak menghabiskan waktu dengan media sosial, sebagai pelarian dari masalah pribadi, seperti tekanan mental, stress, dan munculnya rasa cemas. Sehingga situasi seperti inilah yang menyebabkan para remaja banyak mengalami kecanduan media sosial akibat dari adanya pandemi Covid-19. Diharapkan, dengan adanya studi literatur ini dapat menjadi bahan evaluasi dan membantu perawat dalam menangani atau mengedukasi para remaja agar dapat terhindar dari kecanduan media sosial.

 

Kata Kunci: Covid-19, Kecanduan, Media Sosial, Pendemi, Remaja

 


Kata Kunci


Covid-19, Kecanduan, Media Sosial, Pendemi, Remaja

Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Agung, P., & Marisa, F. (2019, Januari). Analisis Statistik Pada Dampak Negatif Dari Sosial Media Terhadap Perilaku Manusia. (Jointecs) Journal Of Information Technology And Computer Science, 4, 1-4.

Agus, E. C., Sutomo, N., & Aris, H. (2019, Juli). Literatur Review; Panduan Penulisan Dan Penyusunan. Jurnal Keperawatan, Xii(2).

Ahmad, A. (2020). Media Sosial Dan Tantangan Masa Depan Generasi Milenial. Avant Garde, 8(2), 134. Https://Doi.Org/10.36080/Ag.V8i2.1158

Andreassen, C., & Pallesen, S. (2014). Sosial Network Site Addiction – An Overview. Current Pharmaceutical Design, 20(25), 40534061. Https://Doi.Org/10.2174/13816128113199990616

Approach, A. E., Lau, F., & Kuziemsky, C. (2016). Handbook Of Health Evaluation : An Evidence-Based Approach. University Of Victoria.

Aprilia, R., Sriati, A., & Hendrawati, S. (2020). Tingkat Kecanduan Media Sosial Pada Remaja. Journal Of Nursing Care, 3(1), 41–53. Https://Doi.Org/10.24198/Jnc.Vl1.26928

Arksey H, O'malley L. 2005. Studi Pelingkupan: Menuju Kerangka Metodologis.Jurnal Sosial Internasional Metodologi Penelitian: Teori Dan Praktek8(1): 19–32. Https://Doi.Org/10.1080/1364557032000119616

Briggs Institute, J. (2017). Checklist For Cross Sectional Studies. Retrieved Maret 29, 2020, From Joannabriggs.Org: Https://Jbi.Global/Critical-Appraisal-Tools

Brilian, G. A., Arifin, M., & Napisah, S. (2021, Juni). Analisa Kecanduan Media Sosial Pada Mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling Universitas Pgri Banyuwangi. 2, 110-127.

Budiono. (2016, Desember). Konsep Dasar Keperawatan. Kemenkes Ri, 3-272.

Catur, M. U., Saifuddin, A. J., & Zulkifli. (2021, Desember). Tinjauan Scoping Review Dan Studi Kasus. Jurnal Peradaban Sains, Rekayasa Dan Teknologi, 9, 152-172.

Cheng, C., Ebrahimi, O. V, & Luk, J. W. (2022). Heterogeneity Of Prevalence Of Social Media Addiction Across Multiple Classification Schemes: Latent Profile Analysis. Journal Of Medical Internet Research, 24(1), E27000. Https://Doi.Org/10.2196/27000

Denney, A. S. And Tewksbury, R. (2013). How To Write A Literature Review, Journal Of Criminal Justice Education. Https://Doi. Org/10.1080/10511253.2012.730617.

Dong, H., Yang, F., Lu, X., & Hao, W. (2020, September). Internet Addiction And Related Psychological Factors Among Children And Adolescents In China During The Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) Epidemic. 11, 1-9. Https://Doi.Org/10.3389/Fpsyt.2020.00751

Eijnden, R. J. J. M. V. D., Lemmens, J. S., & Valkenburg, P. M. (2016). The Media Sosial Disorder Scale. Computers In Human Behavior. 61, 478-487. Doi: 10.1016/J.Chb.2016.03.038

Fernandes, B., Biswas, U. N., Tan-Mansukhani, R., Vallejo, A., & Essau, C. A. (2020). The Impact Of Covid-19 Lockdown On Internet Use And Escapism In Adolescents. Revista De Psicologia Clinica Con Ninos Y Adolescentes, 7(3), 59–65. Https://Doi.Org/10.21134/Rpcna.2020.Mon.2056

Fitria, L., & Karneli, Y. (2019). Cognitive Bias Modification Therapy Untuk Mengatasi Kecanduan Game Online. Jurnal Pendidikan Dan Kesehatan, Ii(2), 261–268.

Fitri, S. (2017). Dampak Positif Dan Negatif Sosial Media Terhadap Perubahan Sosial Anak. Naturalistic : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 118–123. Https://Doi.Org/10.35568/Naturalistic.V1i2.5

Fletcher, K.-A. P., & Emmanuel-Stephen, C. M. (2018). Social Media Engagement. Digital Marketing And Consumer Engagement, 2(3), 1070–1090. Https://Doi.Org/10.4018/978-1-5225-5187-4.Ch054

Ginige, P. (2017). Internet Addiction Disorder. Http://Dx.Doi.Org/10.5772/66966

Ghifari, M., Mustika, V. E., Rosidah, H. K., & Kirana, A. (2017). Pemanfaatan Media Sosial Oleh Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta. Semnas Penguatan Individu Di Era Revolusi Informasi, 216–222.

Gita, B. A., Arifin, M., & Napisah, S. (2021, Juni 1). Analisis Kecanduan Media Sosial Pada Mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling Universitas Pgri Banyuwangi. Jurnal Bina Ilmu Cendikia, 2, 110-127. Https://Jurnal.Icjambi.Id/Index.Php

Gómez-Galán, J., Martínez-López, J. Á., Lázaro-Pérez, C., & Sánchez-Serrano, J. L. S. (2020). Social Networks Consumption And Addiction In College Students During The Covid-19 Pandemic: Educational Approach To Responsible Use. Sustainability (Switzerland), 12(18). Https://Doi.Org/10.3390/Su12187737

Haferkamp, N., Eimler, S., Papadakis, A., & Kruck, J.V. (2012). Men Are From Mars, Women Are From Venus? Examining Gender Differences In Self-Presentation On Social Networking Sites. Cyberpschology, Behavior, And Social Networking, 15, 91-98

Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home ( Sfh ) Selama Pandemi Covid-19 Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home ( Sfh ) … .. 8(1), 496–503.

Harahap, M. A., & Adeni, S. (2020). Tren Penggunaan Media Sosial Selama Pandemi Di Indonesia. Jurnal Professional Fis Unived, 7(2), 13–23.

Hartinah, S., Sriati, A., & Kosasih, C. E. (2019). Gambaran Tingkat Gejala Kecanduan Media Sosial Pada Mahasiswa Keperawatan Universitas Padjadjaran. Jurnal Keperawatan Bsi, Vii(1), 123–133.

Harlina, T. P., & Priyono, D. (2021, November). Kecanduan Internet Pada Anak Sekolah Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Keperawatan Jiwa (Jkj): Persatuan Perawat Nasional Indonesia, 9, 745-752. Retrieved From Https://Jurnal.Unimus.Ac.Id/Index.Php/Jkj/Article/View/8431

Hasan, A. B. (2014). Kecenderungan Internet Addiction Disorder Mahasiswa Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Ditinjau Dari Religiositas. Jurnal Dakwah, Xv.

Hikmawati, E. (2020). Kajian Saintifik Fenomena Adiksi Gadget Dan Media Sosial Di Indonesia. Jurnal Teknologi Dan Informasi, 10(1), 25–39. Https://Doi.Org/10.34010/Jati.V10i1.2589

Kaplan, A. M., And Haenlein, Michael, 2010, User Of The World, Unite! The Challeges And Opportunities Of Sosial Media, Business Horizons 53: 59-68

Khubchandani, J., Sharma, S., & Price, J. H. (2021). Covid-19 Pandemic And The Burden Of Internet Addiction In The United States. Psychiatry International, 2(4), 402–409. Https://Doi.Org/10.3390/Psychiatryint2040031

Kodal, A., Fjermestad, K., Bjelland, I., Gjestad, R., Öst, L., & Janne, G. (2018). Long-Term E Ff Ectiveness Of Cognitive Behavioral Therapy For Youth With. Journal Of Anxiety Disorders, 53(November 2017), 58–67. Https://Doi.Org/10.1016/J.Janxdis.2017.11.003

Levac, D., Colquhoun, H., & O'brien, K. K. (2010). Scoping Studies: Advancing The Methodology. Implementation Science, 5(69). Https://Doi.Org/10.1186/1748- 5908-5-69

Liberati, A., Altman, D. G., Tetzlaff, J., Mulrow, C., Gøtzsche, P. C., A Ioannidis, J. P., Et Al. (2009, Juli 21). The Prisma Statement For Reporting Systematic Reviews And Meta-Analyses Of Studies That Evaluate Healthcare Interventions: Explanation And Elaboration. Journal Of Clinical Epidemiology, 151(4), 65. Doi: Https://Doi.Org/10.1136/Bmj.B270

Lai, E.. (2011) „Critical Thinking: A Literature Review‟, Transfusion. Doi: 10.1046/J.1537-2995.1995.35395184278.X

Lin, M. (2020). Prevalence Of Internet Addiction During The Covid-19 Outbreak And Its Risk Factors Among Junior High School Students In Taiwan.

Li, Y. Y., Sun, Y., Meng, S. Q., Bao, Y. P., Cheng, J. L., Chang, X. W., Shi, J. (2021). Internet Addiction Increases In The General Population During Covid-19: Evidence From China. American Journal On Addictions, 30(4), 389–397. Https://Doi.Org/10.1111/Ajad.13156

Monks, F.J.; Knoers, A.M.P.; Haditono, S.R., 1998. Psikologi Perkembangan. Pengantar Dalam Berbagai Bagiannya. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Montag, C., & Reuter, M. (2015). Internet Addiction Neuroscientific Approaches And Therapeutical Interventions. Springer Science + Business Media. Https://Doi.Org/10.1007/978-3-319-07242-5

Moola, Munn, Tufanaru, Aromataris, Sears, Sfetcu, Et Al. (2017). Pedoman Joanna Briggs Institute. (Aromataris, & Munn, Eds.) The Joanna Briggs Institute. Http://Joannabriggs.Org/Research/Critical-Appraisal-Tools.Html

Rulli, D. N. (2015). Media Sosial:Perspektif Komunikasi, Budaya, Dan Sositeknologi (Na Ed.). Na: Simbiosa Rekatama Media.

Nelson, H. D. (2014) “Systematic Review: To Answer Health Care Ouestions,” Lippincott Williams & Wilkins

Ni’matul, N. R. (2020, 9). Media Sosial Sebagai Media Alternatif Manfaat Dan Pemuas. Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 4(1), 1-16.

O‟Connor, A., Sargeant, J. And Wood, H. (2017) „Systematic Reviews‟, In Veterinary Epidemiology: Fourth Edition, Pp. 397–420. Doi: 10.1002/9781118280249.Ch19.

Palsu, B., Oleh, H., & Sma, S. (2017). Literasi Media: Cerdas Menggunakan Media Sosial Dalam Menanggulangi Berita Palsu (. 1(1), 35–40.

Purbohastuti, A. . (2017). Vol. 12, No. 2, Oktober 2017. Tirtayasa Ekonomika, 12(2), 212–231.

Putri, S., & Wibowo, A. (2021, July 4). Pedoman Praktis Penyusunan Naskah Ilmiah Dengan Metod Systematic Review. Kesehatan Masyarakat. Doi:10.13140/Rg.2.2.17871.20640. Https://Www.Researchgate.Net/Publication/352981861

Putri, W. S. R., Nurwati, N., & S., M. B. (2016). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Remaja. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1). Https://Doi.Org/10.24198/Jppm.V3i1.13625

Putro, K. Z. (2017). Memahami Ciri Dan Tugas Perkembangan Masa Remaja. Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama, 17(1), 25-32.

Rafiq, A. (2020). Dampak Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Suatu Masyarakat. Global Komunika, 1(1), 18–29.

Raharja, I. F. (2019). Bijak Menggunakan Media Sosial Dikalangan Pelajar Informasi Dan Transaksi Elektonik.

Rahardjo, W., Qomariyah, N., Mulyani, I., & Andriani, I. (2021). Social Media Fatigue Pada Mahasiswa Di Masa Pandemi Covid-19:. Jurnal Psikologi Sosial, 19, 142-152.

Rigi, B. K., Raisi, M., & Ziapour, A. (2016). Investigation Of Relationship Internet Addict With Mental Health And Quality Sleep In Students. Acta Medica Mediternea, 1921-1925. Https://Www.Researchgate.Net/Publication/316665500

Rohmah, N. N. (2020). Media Sosial Sebagai Media Alternatif Manfaat Dan Pemuas Kebutuhan Informasi Masa Pandemik Global Covid-19 (Kajian Analisis Teori Uses And Gratification). Al-I’lam: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam,4(1),1–16. Https://Journal.Ummat.Ac.Id/Index.Php/Jail/Article/View/2957/1905

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring Di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2), 109–119. Https://Doi.Org/10.22437/Bio.V6i2.9759

Septiana, N. Z. (2021). Dampak Penggunaan Media Sosial Terhadap Kesehatan Mental Dan Kesejahteraan Sosial Remaja Di Masa Pandemi Covid-19. 8(1), 1–13.

S, K. Y. (2004). Internet Addiction: A New Clinical Phenomenon And Its Consequences. 48(4), 402-415.

Soecipto, S., & Holik, A. (2018). Pemanfaatan Media Sosial Bagi Ibu Ibu Rumah Tangga Dan Pemuda Di Desa Arjasari Kecamatan Arjasari Kabupaten Bandung. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(1), 52. Https://Doi.Org/10.30999/Jpkm.V8i1.214

Soliha Sf. Tingkat Ketergantungan Pengguna Media Sosial Dan Kecemasan Sosial. Interak J Ilmu Komun. 2015;4(1):1–10.

Who, W. H. (2015). Adolescent Development: Topics At Glance. Dipetik Januari 9, 2020, Dari Http://Www.Who.Int/Maternal_Child_Adolescent/

Widiasih, R., Diah, R. S., Windani, C. M., & Hendrawati, S. (2020, October). Menyusun Protokol Penelitian Dengan Pendekatan Setpro: Scoping Reviewjnc, 3(3), 171-180.

Wulandari, R., & Netrawati. (2020). Analisis Tingkat Kecanduan Media Sosial Pada Remaja. Jurnal Riset Tindakan Indonesia (Jrti), 5(2), 41–46.

Young, K. S. (2004, Desember). Internet Addiction: A New Clinical Phenomenon And Its Consequences. 48(4), 402-415. Https://Doi.Org/10.1177/0002764204270278

Yunita Mansyah Lestari, Suzy Yusna Dewi, & Aulia Chairani. (2020). Hubungan Alexithymia Dengan Kecanduan Media Sosial Pada Remaja Di Jakarta Selatan. Scripta Score Scientific Medical Journal, 1(2), 9. Https://Doi.Org/10.32734/Scripta.V1i2.1229

Zaimatus, N. S. (2021). Dampak Penggunaan Media Sosial Terhadap Kesehatan Mental Dan Kesejahteraan Sosial Remaja Dimasa Pandemi Covid-19. Jurnal Nusantara Of Research, 8, 1-13.

Zelfia. (2018). Dampak Kecanduan Media Sosial Pada Hasil Belajar. Al-Munzir, 9(2),472–490

Zhong, B., Huang, Y., & Liu, Q. (2020, Agustus 8). Mental Health Toll From The Coronavirus: Social Media Usage Reveals Wuhan Residents' Depresion And Secondary Trauma In The Covid-19 Outbreak. Computers In Human Behavior, 0747-5632. Https://Doi.Org/10.1016/J.Chb.2020.106524




DOI: https://doi.org/10.33024/mnj.v5i6.8695

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Penerbit: Universitas Malahayati


 Creative Commons License

Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License