Pengaruh Terapi Bermain terhadap Perilaku Kooperatif Anak Selama Menjalani Perawatan di Ruang Anak Dahlia Rumah Sakit Marinir Cilandak Jakarta Selatan

Retnowati Hazanah, Intan Asri Nuraini, Rizki Hidayat

Sari


ABSTRACT

 

Hospitalization is an event that often causes traumatic experiences, especially in pediatric patients which causes changes in cooperative behavior. One of the efforts that can be made to improve cooperative behavior in children who are hospitalized is to do snakes and ladders play therapy by diverting attention to the game. The results of a preliminary study on 10 preschool age children found that all of them were uncooperative towards nursing actions. To determine the effect of play therapy on children's cooperative behavior while undergoing treatment at the Dahlia Children's Room, Cilandak Marine Hospital, South Jakarta. This research is a quasy experiment with a one group pretest posttest design. The sample was 30 preschool-age children who were cared for in the Dahlia Children's Room for the December 2022 period using a purposive sampling technique. The variables in this study are play therapy and children's cooperative behavior. Bivariate analysis using the Wilcoxon Signed Rank Test. Based on the results of research on children undergoing treatment before being given play therapy, most of them were uncooperative by 66.7%, afterward by 80.0%. There is a significant effect of play therapy on children's cooperative behavior during treatment with p value = 0.000. There is a significant effect of play therapy on children's cooperative behavior while undergoing treatment.

 

Keywords : Play Therapy, Children's Cooperative Behavior, During Treatment.

 

 

ABSTRAK

 

Rawat inap merupakan peristiwa yang sering menimbulkan pengalaman traumatik khususnya pada pasien anak yang menyebabkan perubahan perilaku kooperatif. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan perilaku kooperatif pada anak yang dirawat di Rumah Sakit yaitu dengan melakukan terapi bermain ular tangga dengan cara mengalihkan perhatian pada permainan. Hasil studi pendahuluan pada 10 anak usia prasekolah diketahui semuanya tidak kooperatif terhadap tindakan keperawatan. Mengetahui pengaruh terapi bermain terhadap perilaku kooperatif anak selama menjalani perawatan di Ruang Anak Dahlia Rumah Sakit Marinir Cilandak Jakarta Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian quasy eksperiment dengan rancangan one group pretest postest design. Sampel adalah anak usia prasekolah yang di rawat di Ruang Anak Dahlia periode Desember 2022 sebanyak 30 orang dengan teknik purposive sampling. Variabel dalam penelitian ini yaitu terapi bermain dan perilaku kooperatif anak. Analisis bivariat menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test. Berdasarkan hasil penelitian anak selama menjalani perawatan sebelum diberikan terapi bermain sebagian besar tidak kooperatif sebesar 66,7%, sesudahnya sebesar 80,0%. Ada pengaruh yang bermakna terapi bermain terhadap perilaku kooperatif anak selama menjalani perawatan.

 

Kata Kunci: Terapi Bermain, Perilaku Kooperatif Anak, Menjalani Perawatan.

 


Kata Kunci


Terapi Bermain; Perilaku Kooperatif Anak; Menjalani Perawatan

Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Andriany, A. (2018). Pengaruh Terapi Bermain Terhadap Tindakan Kooperatif Anak Usia 3-5 Tahun Dalam Menjalani Perawatan Di Ruangan Anak Rumah Sakit Pelamonia Makassar. Journal Of Chemical Information And Modeling, 02(02), 21–28.

Apriani, V., & Lanasari. (2018). Terapi Bermain Terhadap Perilaku Kooperatif Pada Anak Usia Pra Sekolah. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Indonesia Maju.

Arsyad. (2019). Media Pembelajaran. Raja Grafindo Persada.

Colin, V., Keraman, B., Maydinar, D. D., & Eca. (2020). Pengaruh Terapi Bermain (Skill Play) Permainan Ular Tangga Terhadap Tingkat Kooperatif Selama Menjalankan Perawatan Pada Anak Prasekolah (3-6 Tahun) Di Ruang Edelweist Rsud Dr. M Yunus Bengkulu. Journal Of Nursing And Public Health, 8(1), 111–116.

Darmawati, A. B. (2021). Profil Anak Indonesia Tahun 2020.

Elviani, Y. (2019). Pengaruh Terapi Bermain Terhadap Perilaku Kooperatif Anak Selama Menjalani Perawatan Di Ruangan Rawat Inap Anak Rsud Siti Aisyah Kota Lubuklinggau. Jurnal Masker Medika, 7(1), 112–120.

Golchai, B. (2018). Snakes And Ladders: A New Method For Increasing Of Medical Students Excitement. Procedia - Social And Behavioral Sciences, 47, 2087–2092.

Gunarsa. (2019). Psikologi Perawatan. Bpk Gunung Mulia.

Halimah, R. N. (2019). Penerapan Terapi Bermain Ular Tangga Untuk Meningkatkan Perkembangan Bahasa Pada Tahap Perkembangan Keluarga Dengan Anak Usia Pra Sekolah Di Desa Giwangretno Kecamatan Sruweng. Stikes Muhammadiyah Gombong.

Hardjadinata, Y. (2019). Batitaku Mandiri. Dian Rakyat.

Hasnita, E., & Gusvianti, S. (2018). Meningkatkan Kooperatif Selama Menjalani Perawatan Pada Anak Usia Prasekolah (3-5 Tahun) Melalui Terapi Bermain. Jurnal Mutiara Ners, 1(1), 24–30.

Hidayat, A. (2020). Pengantar Ilmu Kesehatan Anak Untuk Pendidikan Kebidanan. Salemba Medika.

Hurlock. (2020). Buku Ajar Konsep Dasar Keperawatan Anak. Egc.

Ismaini, & Sulthoni. (2018). Pengaruh Permainan Ular Tangga Terhadap Peningkatan Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Autis. Jurnal Ortopedagogia, 1(3), 231–237.

Kurnia, R. (2019). Konsepsi Bermain Dalam Menumbuhkan Kreativitas Pada Anak Usia Dini. Pustaka Setia.

Kurniasih, R. (2019). Media Ular Tangga Jejak Petualang Sebagai Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Cakrawala Dini, 5(2).

Kusnandar, V. B. (2021). Angka Kesakitan Jakarta Turun Ke Level 10,75% Jelang Akhir Jabatan Anies Baswedan. Databoks.

Kyle, T., & Carman, S. (2019). Buku Ajar Keperawatan Pediatri. Egc.

Melaaryuni. (2020). Buku Saku Praktikum Keperawatan Anak. Egc.

Muthu, M., & Sivakumar, N. (2019). Paediatric Dentistry Principles And Practice. Elsevier.

Nadhifati, L. (2018). Terapi Bermain Untuk Menurunkan Stres Hospitalisasi Pada Pasien Anak Usia Prasekolah. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Potter, P. A., & Perry, A. G. (2020). Buku Ajar Fundamental Keperawatan: Konsep, Proses, Dan Praktik Volume 2. Egc.

Pramesty, P., Prihatin, M., & Alie, Y. (2019). Pengaruh Terapi Bermain Terhadap Tingkat Kooperatif Anak Usia Prasekolah Di Ruang Seruni Rsud Jombang. Jurnal Insan Cendekia, 4(1).

Prasetyono, D. (2018). Membedah Psikologi Bermain Anak. Think.

Pratiwi, R. (2019). Pengaruh Terapi Bermain Ular Tangga Terhadap Kecemasan Pasien Anak Usia Praschool. Journal Of Mother And Child Health Concerns, 1(1), 1–9.

Rahmah, N., Seniwati, T., & Bahtiar. (2021). Pengaruh Terapi Bermain Terhadap Perilaku Kooperatif Anak Selama Tindakan Prosedur Invasif: Literature Review. Jurnal Ners Indonesia, 12(1).

Rudolph. (2020). Buku Ajar Pediatri. Egc.

Santrock, J. W. (2019). Perkembangan Anak. Erlangga.

Saputra. (2018). Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Keterampilan Anak Tk. Departemen Pendidikan Nasional.

Satya. (2020). Pkm Ular Tangga. Riset Dikti.

Soetjiningsih. (2019). Tumbuh Kembang Anak. Egc.

Supartini. (2021). Buku Ajar Konsep Dasar Keperawatan Anak. Egc.

Susana, Y. (2019). Profil Anak Indonesia Tahun 2020. Kementerian Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak (Kpppa).

Whaley, & Wong. (2019). Buku Ajar Keperawatan Pediatrik. Egc.

Wong. (2019). Buku Ajar Keperawatan Pediatric. Egc.

World Health Organization. (2021). The Unicef/Who/Wb Joint Child Malnutrition Estimates (Jme) Group Released New Data For 2021.

Yusuf, Y. U. A. (2020). Sirkuit Pintar Melejitkan Kemampuan Matematika Dan Bahasa Inggris Dengan Metode Ulartangga. Riset Dikti.




DOI: https://doi.org/10.33024/mnj.v5i10.9278

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Penerbit: Universitas Malahayati


 Creative Commons License

Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License