Hubungan Status Gizi dengan Perkembangan Anak Usia 3-5 Tahun di Puskesmas Citangkil II Kota Cilegon
Sari
ABSTRACT
Optimal development in toddlers needs to be supported by intake of nutrients and daily food in the right amount and good quality. Malnutrition in infancy can result in losses that cannot be repaired or replaced at a later date. To determine the relationship between nutritional status and motor development in children aged 3-5 years. Correlational quantitative research with cross sectional design. The number of samples is 110 children aged 3-5 years taken using purposive sampling technique. Results: The results of the univariate analysis showed that most of the children aged 3-5 years at the Citangkil II Health Center in Cilegon City had good nutritional status (72.6%) and most of them had development according to their age (61.8%). The results of the bivariate analysis obtained a p value: 0.000, so it was stated that nutritional status had a relationship with the development of children aged 3-5 years. There is a relationship between nutritional status and the development of children aged 3-5 years at Citangkil II Health Center, Cilegon City.
Keywords: Toddler, Nutritional Status, Development
ABSTRAK
Perkembangan yang optimal pada balita perlu didukung oleh asupan zat gizi dan makanan sehari-hari dalam jumlah yang tepat dan kualitas yang baik. Kekurangan gizi pada masa balita dapat mengakibatkan kerugian yang tidak dapat diperbaiki atau digantikan di kemudian hari. Untuk mengetahui hubungan status gizi dengan perkembangan anak usia 3-5 tahun. Penelitian kuantitatif korelasional dengan desain cross sectional. Jumlah sampel adalah 110 anak usia 3-5 tahun diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil analisis univariat menunjukkan anak usia 3-5 tahun di Puskesmas Citangkil II Kota Cilegon sebagian besar memiliki status gizi baik (72,6%) dan sebagian besar memiliki perkembangan sesuai dengan umur (61,8%). Hasil analisis bivariat diperoleh p value: 0,000, sehingga dinyatakan bahwa status gizi memiliki hubungan dengan perkembangan anak usia 3-5 tahun. Ada hubungan antara statsus gizi dengan perkembangan anak usia 3-5 tahun di Puskesmas Citangkil II Kota Cilegon.
Kata Kunci: Balita, Status Gizi, Perkembangan
Kata Kunci
Teks Lengkap:
Download ArtikelReferensi
Adriani & Wirjatmadi. (2017). Pengantar Gizi Masyarakat. Jakarta: Kencana.
Almatsier, S. (2019). Prinsip Dasar Ilmu Gizi. Jakarta: Gramedia Pustaka
Alwi, M.M. (2018). Meningkatkan Potensi Psikomotorik Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Primary. Vol: 6(01): 23-27
Dinkes Provinsi Banten. (2020). Profil Kesehatan Provinsi Banten.
Dinkes Kota Cilegon (2022). Laporan Status Gizi Anak Kota Cilegon. Dinas Kesehatan Kota Cilegon
Hasdianah (2014). Gizi, Pemanfaatan Gizi, Diet Dan Obesitas. Yogyakarta : Nuha Medika
Hastono, S. P. (2016). Analisis Data Pada Bidang Kesehatan. Pt Raja Grafindo Persada.
Hidayat. (2013). Standar Antropometri Peneilaian Gizi Anak. Jakarta: Depkes Ri
Ida. (2017). Dasar-Dasar Ilmu Gizi Dalam Keperawatan. Yogyakarta : Pustaka Baru Press
Kemenkes Ri. (2018). Pemantauan Status Gizi. Jakarta: Kementerian Kesehatan Ri
Marimbi, H. (2018). Tumbuh Kembang, Status Gizi Dan Imunisasi Dasar Pada Balita. Yogyakarta: Nuha Medika.
Meggitt, C. (2012). Memahami Perkembangan Anak. Jakarta: Pt Indeks.
Napitupulu (2018). Hubungan Status Gizi Dengan Perkembangan Motorik Kasar Anak Balita 3-5 Tahun Di Puskesmas Kelurahan Harjosari 1 Kecamatan Medan Amplas. Skripsi. Politeknik Kesehatan Kemenkes Ri Medan
Narendra. (2015). Standard Tubuh Kembang. Ikatan Dokter Indonesia.
Notoatmodjo, S. (2018). Metodelogi Penelitian Kesehatan. Rineka Cipta.
Nugroho, H. S. (2017). Denver Developmental Sreening Tes. Jakarta: Egc.
Octavia (2017). Hubungan Status Gizi Dengan Perkembangan Motorik Anak Usia 3-5 Tahun Di Paud Desa Bibrik Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun. Skripsi. Stikes Bhakti Husada Mulia Madiun
Riskesdas. (2018). Riset Kesehatan Dasar Tahun 2018. Jakarta: Kemenkes Ri
Supariasa. (2017). Penilaian Status Gizi. Jakarta: Egc.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kuyalitatif, Dan R&D. Alfabeta.
Soetjiningsih, (2015). Tumbuh Kembang Anak. Penerbit Buku Kedokteran. Jakarta: Egc.
Sediaoetama, A.A. (2018). Ilmu Gizi. Jakarta: Dian Rakyat
Sutomo, B., & Anggraini, D. Y. (2016). Menu Sehat Alami Untuk Batita & Balita. Jakarta: Demedia.
Unicef. (2019). Undernutrition Contributes To Nearly Half Of All Deaths In Children Under 5 And Is Widespread In Asia And Africa.Https://Data.Unicef.Org/Topic/Nutrition/Malnutrition/
Wuryani (2018). Bina Diri Tunagrahita Berbasis Multimedia Interaktif. Jakarta: Unj Press
Yunita, L. (2021). Hubungan Status Gizi Dengan Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Prasekolah Di Wilayah Kerja Posyandu Bunga Maja Kecamatan Gunung Sari. Nutriologi: Jurnal Pangan, Gizi Dan Kesehatan. Volume 02, No. 02
DOI: https://doi.org/10.33024/mnj.v5i8.9394
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Penerbit: Universitas Malahayati
Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License