HUBUNGAN MANAJEMEN WAKTU DENGAN STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA KEDOKTERAN UNIVERSITAS MALAHAYATI ANGKATAN 2020

Yuni Savira, Esteria Marhayuni, Slamet Widodo, Sri Maria Puji Lestrari

Abstract


Abstrak : Hubungan Manajemen Waktu dengan Stres Akademik Pada Mahasiswa Kedokteran Universitas Malahayati Angkatan 2020. Mahasiswa kedokteran mengalami stres akademik lebih berat dibandingkan mahasiswa jurusan lain dikarenakan banyaknya kegiatan di program studi yang terdiri atas kuliah pengantar, kuliah penunjang, praktikum, skills lab, tutorial, ujian blok, Objective Structured Clinical Examination (OSCE), dan ujian akhir. Mahasiswa kedokteran juga cendrung memiliki beban tugas yang lebih banyak dibandingkan program studi lain. Selain itu transisi metode pembelajaran dari online ke offline cendrung menciptakan tekanan (stressor) yang signifikan pada mahasiswa. Stres akademik dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal, salah satunya dipengaruhi oleh manajemen waktu. Mengetahui hubungan manajemen waktu dengan tingkat stres akademik pada mahasiswa kedokteran Universitas Malahayati Angkatan 2020. Jenis penelitian ini adalah analitik kuantitatif dengan menggunakan metode cross sectional, alat ukur kuesioner Medical Student Stressor Questionnaire (MMSQ) dan Skala manajemen waktu, serta pengambilan sampel dengan teknik probability sampling. Didapatkan hasil penelitian dari responden sebanyak 89 mahasiswa dengan tingkat stres akademik terbanyak dalam kategori sedang yang berjumlah 46 mahasiswa (51,7%) dan tingkat manajemen waktu terbanyak pada kategori cukup dan buruk yang masing-masing memiliki jumlah yang sama yaitu berjumlah 35 mahasiswa (39,3%). Analisis statistik menggunakan uji pearson menunjukan p=value sebesar 0,612 (p > 0,05) dengan nilai koefisien korelasi sebesar -0,55. Tidak terdapat hubungan signifikan antara manajemen waktu dengan stress akademik pada mahasiswa kedokteran Universitas Malahayati Angkatan 2020.


Keywords


Manajemen Waktu, Stres Akademik

References


Ahmad, S.R. et al. (2022) ‘Hubungan Tingkat Stres Dengan Kejadian Insomnia Pada Mahasiswa Angkatan 2017 Fakultas Kedokteran Universitas Baiturrahmah’, Indonesian Journal for Health Sciences, 6(1), pp. 1–7.

Gabriel Anindhita Prabamurti (2019) ‘Analisis Faktor-Faktor Pemicu Level Stres Akademik Mahasiswa Kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta’, e-Journal Medika Program Studi Pendidikan Dokter, pp. 1–2.

Gatari, A. (2020) ‘Hubungan stres akademik dengan flow akademik pada mahasiswa’, Cognicia, 8(1), pp. 79–89. doi:10.22219/cognicia.v8i1.11739.

Hanafi, C.N. and Widjaja, Y. (2021) ‘Kemampuan manajemen waktu mahasiswa tahap profesi Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara’, Tarumanagara Medical Journal, 3(2), pp. 250–260.

Hanafi, M.I. et al. (2021) ‘Upaya Meningkatkan Kreativitas Dan Produktivitas Dengan Penerapan Manajemen Waktu Di Masa Pandemi Covid-19’, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Kreasi Mahasiswa Manajemen, 1(2), pp. 130–136.

Hatmanti, N.M. and Septianingrum, Y. (2019) ‘Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Stres Akademik Mahasiswa Keperawatan’, Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing), 5(1), pp. 40–46. doi:10.33023/jikep.v5i1.217.

Himmah, A.F. and Shofiah, N. (2021) ‘Pengaruh Self efficacy dan Manajemen Waktu Terhadap Stres Akademik Pada Siswa’, Journal of Indonesian Psychological Science (JIPS), 1(01), pp. 31–38. doi:10.18860/jips.v1i01.14920.

Irlaks, V.S., Murni, A.W. and Liza, R.G. (2020) ‘Hubungan antara Stres Akademik dengan Kecenderungan Gejala Somatisasi pada Mahasiswa Program Studi Kedokteran Tingkat Akhir Fakultas Kedokteran

Universitas Andalas Angkatan 2015’, Jurnal Kesehatan Andalas, 9(3), p. 334. doi:10.25077/jka.v9i3.1366.

Limanan, D. and Olivia, S. (2021) ‘Gambaran Tingkat Stress Pada Mahasiswa Kedokteran Angkatan 2020 Dalam Pandemi Covid-19’, pp. 637–640.

Nasrani, L. and Purnawati, S. (2015) ‘Stress Level Difference Between Men and Women on Yoga Participants in Denpasar City Pendahuluan’, Medika Udayana, p. 9.

Pratama, R.E. and Mulyati, S. (2020) ‘Pembelajaran Daring dan Luring Gagasan Pendidikan Indonesia, 1(2), p. 49. doi:10.30870/gpi.v1i2.9405.

Pui, E., Chyu, Y. and Chen, J. (2022) ‘Associations Between Academic Stress , Mental Distress , Academic Self-Disclosure to Parents and School Engagement in Hong Kong’, 13(July). doi:10.3389/fpsyt.2022.911530.

Sari, M.I., Lisiswanti, R. and Oktafany (2017) ‘Manajemen Waktu pada Mahasiswa: Studi Kualitatif pada Mahasiswa Kedokteran Universitas Lampung’, Jurnal Kedokteran Universitas Lampung, 1(3), p. 527.

Yusuf, N.M. and Yusuf, J.M. (2020) ‘Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Stres Akademik’, Psyche 165 Journal, pp. 235–239. doi:10.35134/jpsy165.v13i2.84.




DOI: https://doi.org/10.33024/jmm.v7i2.10120

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Medika Malahayati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

PRODI KEDOKTERAN

FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MALAHAYATI