PENGARUH ADAPTASI PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PRESTASI AKADEMIK PADA MAHASISWA PENDIDIKAN DOKTER UNIVERSITAS ABULYATAMA

Mazaya Sadrina, Syarifah Nora Andriaty, Denni Hermartin

Abstract


Abstrak: Pengaruh Adaptasi Problem Based Learning terhadap Prestasi Akademik pada Mahasiswa Pendidikan Dokter. Kemampuan adaptasi sangat diperlukan oleh mahasiswa karena perbedaan metode pembelajaran saat pendidikan di sekolah menengah atas dengan perguruan tinggi. Pendidikan kedokteran menggunakan metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yang merupakan pembelajaran berbasis masalah yang berpusat pada mahasiswa dan dituntut untuk mampu memecahkan masalah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kemampuan adaptasi PBL terhadap prestasi akademik dan pengaruhnya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik dengan mengamati data terhadap pengaruh variabel satu dengan variabel yang lainnya dan pendekatan cross sectional. Alat yang digunakan untuk mengukur kemampuan adaptasi mahasiswa terhadap PBL berupa Student Adaptation to College Questionnaire (SACQ) dan Indeks Prestasi Kumulatif. Hasil penelitian menunjukkan mahasiswa tahun pertama didapatkan p-value sebesar 0,318 sehingga tidak terdapat pengaruh adaptasi PBL terhadap IPK. Pada mahasiswa tahun kedua, didapatkan p-value sebesar 0,912 sehingga tidak terdapat pengaruh adaptasi PBL terhadap IPK. Pada mahasiswa tahun ketiga, didapatkan p-value sebesar 0,02 sehingga terdapat pengaruh adaptasi PBL terhadap Indeks Prestasi IPK. Setelah dilakukan analisis pengaruh adaptasi PBL terhadap IPK pada Mahasiswa di tiap angkatan, maka dapat disimpulkan bahwa mahasiswa angkatan 2019 yaitu mahasiswa tahun ketiga yang memiliki pengaruh antara adaptasi PBL terhadap IPK dengan kemampuan adaptasi yang baik dibandingkan mahasiswa pada tahun lainnya.

Keywords


Adaptasi, Problem Based Learning, Prestasi Akademik

Full Text:

PDF

References


Agusmar, A. Y., Vani, A. T., & Wahyuni, S. (2019). Perbandingan Tingkat Stres pada Mahasiswa Angkatan 2018 dengan Angkatan 2015 Fakultas Kedokteran Universitas Baiturrahmah. Health & Medical Journal, 1(2), 34–38. https://doi.org/10.33854/heme.v1i2.238

Demak1, I. P. K., * A. P. G., & Gina Andyka Hutasoit3. (2019). HUBUNGAN MOTIVASI BERPRETASI TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA KEDOKTERAN UNIVERSITAS TADULAKO. Concept and Communication, null(23), 301–316. https://doi.org/10.15797/concom.2019..23.009

Dukungan, A. D. A. N., Nabila, W., Nanik, I., & Partini, P. (2022). DITINJAU DARI MOTIVASI DARING DI MASA PANDEMI COVID-19. 3(1).

Fakultas, D., & Universitas, K. (2020). 330925-Pengaruh-Adaptasi-Lingkungan-Pembelajara-E0a99F0C. 1(6), 401–406.

H Kara, O. A. M. A. (2019). Model Pembelajaran Problem Based Learning. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 7(2), 107–115.

Kusuma, Y. L. H. (2017). Hubungan Pola Asuh Orangtua Dan Adaptasi Lingkungan Dengan Indek Prestasi Mahasiswa Semester 5 Angkatan 2017 Di Stikes Majapahit. Hospital Majapahit, 9(2), 57–65.

Oleh : ERZA ARDIFA SYAFITRI. (2021).

Sulaiman, A., & Azizah, S. (2020). Problem-Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Di Indonesia: Sebuah Tinjauan Literatur Sistematis. PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan, 7(1), 107–152. https://doi.org/10.33650/pjp.v7i1.792




DOI: https://doi.org/10.33024/jmm.v7i3.10463

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Medika Malahayati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

PRODI KEDOKTERAN

FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MALAHAYATI