POLA PERESEPAN OBAT ANTIHIPERTENSI PADA PASIEN KLINIK ALHAFA MEDIKA KOTA AGUNG

Gusti Ayu Rai Saputri, Annisa Primadiamanti, Fira Marisa

Abstract


Abstrak. Pola Peresepan Obat Antihipertensi Pada Pasien Klinik Alhafa Medika Kota Agung. Hipertensi ialah kondisi dimana terdapat gangguan pada sistem peredaran darah tubuh yang ditandai oleh adanya naiknya tekanan darah yang jauh tinggi dari nilai normal dengan angka lebih dari 140 / 90 mm/Hg. Penggunaan obat dalam terapi hipertensi bertujuan untuk menurunkan morbiditas dan mortalitas dengan cara yang nyaman. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui obat hipertensi apa sajakah yang diresepkan oleh dokter di Klinik Alhafa Medika dan Untuk mengetahui pola peresepan obat hipertensi rawat jalan di Klinik Alhafa Medika Kota Agung pada periode Januari – Maret 2021. Metode Pengambilan sampel dilakukan dengan metode Purposive Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pasien penderita hipertensi banyak didominasi oleh pasien dengan rentang usia 41-50 dan 51-60 sebanyak 31% (25 pasien) dan banyak terjadi pada perempuan sebesar 60% (48 pasien). Obat yang banyak digunakan adalah amlodipin yang termasuk golongan CCB sebanyak 81% (65 item obat). Pola peresepan yang paling banyak digunakan adalah pola peresepan tunggal sebanyak 91% (73 resep).


Keywords


Pola Peresepan, Obat Antihipertensi, Hipertensi

References


Astuti, S.D., Endang, E. 2018. Kajian Penggunaan Antihipertensi dan Potensi Interaksi Obat pada Pengobatan Pasien Hipertensi Dengan Komplikasi. Jurnal Farmasi

Kemenkes RI, 2013. Pedoman Teknis Penemuan dan Tatalaksana Hipertensi. Direktorat Penyakit Tidak Menular Subdit Pengendalian Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah. Jakarta : Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Mahamudu, Y.S., Citraningtyas, G., Rotinsulu, H. 2017. Kajian Potensi Interaksi Obat Antihipertensi Pada Pasien Hipertensi Primer Di Instalasi Rawat Jalan RSUD Luwuk Periode Januari-Maret 2016. Jurnal Ilmiah Farmasi, 6 (3).

Muhadi. 2014. JNC 8 : Evidence-based Guideline Penanganan Pasien Hipertensi Dewasa. Jakarta : Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Mokoginta, Mutu B., Basita G. Sugihen.,DjokoSusanto., Pang S. Asngari., 2009. Karakteristik Pelanggan dan Persepsi Pelanggan terhadap Pelayanan Puskesmas (Kasus di Kota Kotamabagu dan Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Provinsi Sulawesi Utara). Jurnal Penyuluhan, Vol. 5, No.1, Hal. 92-102

Polopadang, Y., Mongie, J., Maarisit, W., Karauwan, F., 2021. Pola Peresepan Penggunaan Obat Antihipertensi di UPTD Puskesmas Airmadidi. Jurnal Biofarmasetikal Tropis, 4 (1), 97-101.

Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS). 2018. Laporan Nasional. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Riset.

Sinaga, F.A. 2010. Interaksi Farmakokinetika Pada Distribusi Obat. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol.16, no.60, pp.48-50.

Sukandar, E., Andrajati, R., Sigit J.l., Adnyana, I.K., Setiadi, A.P., Kusnandar. 2013. ISO Farmakoterapi Buku Indonesia. Jakarta : PT. ISFI.

Syamsudin. 2013. Interaksi Obat : Konsep Dasar dan Klinis. Jakarta : UI

Press. Tirtasari, S., Kodim, N., 2019. Prevalensi dan Karateristik Hipertensi pada Usia

WHO, 2013. A Global Brief Hypertension. Switzerland : WHO. Diakses pada tanggal 15 Januari 2022, dari http://www.who.int/en/

Yogiantoro, M., 2010. Hipertensi Esensial. Dalam Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam Jilid II. Edisi Kelima. Cetakan Kedua. Jakarta : Pusat Penerbitan Ilmu Penyakit Dalam.




DOI: https://doi.org/10.33024/jmm.v7i2.10608

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Medika Malahayati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

PRODI KEDOKTERAN

FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MALAHAYATI