PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP PENGETAHUAN IBU RUMAH TANGGA TENTANG PERTOLONGAN PERTAMA PADA LUKA BAKAR DI WILAYAH AGUS SALIM

Gizka Adelia, Kusnanto Kusnanto

Abstract


Luka bakar termasuk kejadian yang sulit untuk dihindari, terlebih pada kalangan ibu-ibu rumah tangga. Selain itu luka bakar termasuk luka yang tidak jarang terjadi dikehidupan atau aktivitas sehari-hari, baik itu luka bakar ringan atau berat. Penderita luka bakar yang paling rentan adalah pada wanita, peran utama mereka dalam keluarga yang banyak bersinggungan dengan api dan listrik seperti memasak dan menyetrika. Masih banyak ibu rumah tangga yang tidak mengetahui cara pertolongan pertama pada luka bakar seperti memberikan pasta gigi, mentega, kecap dan minyak. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan ibu rumah tangga tentang pertolongan pertama pada luka bakar di wilayah agus salim. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain pre Eksperimental dengan teknik purposive sampling pre-test post-test control group desain. Jumlah responden dalam penelitian ini 28 responden. Dari hasil Analisis Bivariat Menggunakan Shapiro-Wilk dengan nilai p 0,009 (Nilai p < 0,05 lebih kecil dari alpha), atau Ho ditolak. Hasil pengetahuan sebelum dilakukan pendidikan kesehatan rata-rata 13,04 dan pengetahuan sesudah dilakukan pendidikan kesehatan rata-rata 22,93 dan diketahui nilai p-value = 0,000 < a = 0,05 sehingga dapat disimpulkan Ada pengaruh yang meningkat antara pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan ibu rumah tangga tentang pertolongan pertama pada luka bakar di wilayah agus salim tahun 2023. Disarankan untuk ibu rumah tangga setelah diberikan pendidikan kesehatan untuk menerapkan pertolongan pertama pada luka bakar dengan baik, benar, dan diharapkan lebih aktif mencari informasi mengenai pentingnya pertolongan pertama pada luka bakar.


Keywords


Pendidikan; Pengetahuan; Pertolongan Pertama Luka Bakar

Full Text:

PDF

References


Anisah, S. (2019). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Pertolongan Pertama Pada Luka Bakar Terhadap Tingkat Pengetahuan Ibu Rumah Tangga Di Desa Timbang, Kecamatan Kejobong, Kabupaten Purbalingga (Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Purwokerto).

Azizah, N. (2017). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Perawatan Luka Bakar Terhadap Tingkat Pengetahuan Ibu Di Tk Pertiwi Karangtowo Demak (Doctoral Dissertation, Muhammadiyah University Of Semarang).

Bakar Di Wilayah Puskesmas Lojejer Jember (Doctoral Dissertation, Universitas Dr. Soebandi).

Bangetayu Wetan (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Sultan Agung Semarang).

Budi, S., Sinaga, W. A., & Tinggi, K. S. Pengaruh Promosi Kesehatan Terhadap Pengetahuan Ibu Rumah Tangga Dalam Penanganan Awal Luka Bakar Dikelurahan.

Christianingsih, S., & Puspitasari, L. E. (2021). Pendidikan Kesehatan Dengan Media Leaflet Dan Video Dalam Meningkatkan Pertolongan Pertama Luka Bakar. Journals Of Ners Community, 12(2), 245-257.

Dissertation, Universitas Kusuma Husada Surakarta).

Djala, R. N., Metrikayanto, W. D., & Putri, R. M. (2021). Pengaruh Promosi Kesehatan Terhadap Pengetahuan Ibu Rumah Tangga Dalam Penanganan Awal Luka Bakar Di Rw 6 Kelurahan Tlogomas Kota Malang (Doctoral Dissertation, Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Tribhuwana Tunggadewi).

Dorogowok (Doctoral Dissertation, Universitas Dr. Soebandi).

Junaidi, I. (2011). Pedoman Pertolongan Pertama Yang Harus Dilakukan Saat Gawat Darurat Medis. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Kustanti, C., & Widyarani, L. (2023). Program Pelatihan Pertolongan Pertama Kegawatan Luka Bakar Di Lingkungan Rumah Tangga. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (Pkm), 6(1), 212-218.

Kusuma, U., Surakarta, H., Luka, P., Di, B., & Pandeyan, D. (2021). 2) ,3). 36. Hubungan Tingkat Pengetahuan Dengan Sikap Tentang Penanganan Luka Bakar Di Desa Pandeyan

Kusumaningwulan, W. S. (2022). Tingkat Pengetahuan Pertolongan Pertama Luka Bakar Pada Ibu-Ibu Pkk Desa

Marfu’ah, S. I. T. I. (2020). Pengaruh Paket Pendidikan Kesehatan Demonstrasi Dan Audio Visual (Demavi) Terhadap Pengetahuan Pertolongan Pertama Luka Bakar Pada Ibu Rumah Tangga Di

Maslukha, 2020. Gambaran Tingkat Pengetahuan Ibu Pkk Tentang Pertolongan Pertama Luka Bakar Di Kelurahan Banjar Sugihan Surabaya.

Maslukha, C. W. (2020). Gambaran Tingkat Pengetahuan (Tahu) Ibu Pkk Tentang Pertolongan Pertama Luka Bakar Di Rt 06 Rw 02 Kelurahan Banjar Sugihan Kecamatan Tandes

Putri Wijayanti, P. (2021). Hubungan Tingkat Pengetahuan Dengan Sikap Tentang Penanganan Luka Bakar Di Desa Pandeyan (Doctoral

Riskesdas, L. N. (2018). Kementerian Kesehatan Ri Badan Penelitian Dan Pengembangan Hasil Utama Riset Kesehatan Dasar. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia; Ministry Of Health Republc Of Indonesia: Jakarta, Indonesia, 1-100.

Sahrani, F. T., Istiningtyas, A., & Teguh, S. (2016). Efektifitas Pendidikan Kesehatan Antara Media Flip Chart Dengan Media Audiovisual Terhadap Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang Penaganan Luka Bakar Grade 1. Skripsi. Stikes Kusuma Husada Surakarta.

Sari, S. I., Safitri, W., & Utami, R. D. P. (2018). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Metode Demonstrasi Terhadap Praktik Pertolongan Pertama Luka Bakar Pada Ibu Rumah Tangga Di Garen Rt. 01/Rw. 04 Pandean Ngemplak Boyolali. Jurnal Kesehatan Kusuma Husada, 98-105.

Surabaya (Doctoral Dissertation, Stikes Katolik St. Vincentius A Paulo).

Ul’fah Hernaeny, M. P. (2021). Populasi Dan Sampel. Pengantar Statistika,1, 33.

Notoatmodjo, S. (2005). Metodologi Penelitian Kesehatan.

Verawati, &. E. (2021). Gambaran Pengetahuan Masyarakat Tentang Penanganan Pertama Luka Bakar Di Kelurahan Baktijaya Kota Depok. Jurnal Kefarmasian, 8(9), 77–88

Yanti, I. U. (2023). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Pengetahuan Masyarakat Tentang Pertolongan Pertama Luka

Yosephine, E. (2021). Gambaran Tingkat Pengetahuan Dan Sikap Terhadap Pertolongan Pertama Pada Luka Bakar Derajat I Dan Ii Di Desa Ronggur Nihuta Kabupaten Samosir (Doctoral Dissertation, Universitas Sumatera Utara).




DOI: https://doi.org/10.33024/jmm.v8i2.10747

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Medika Malahayati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

PRODI KEDOKTERAN

FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MALAHAYATI