HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN REFLEKSI DIRI DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN

Jefferson Claude Chen Tanujaya, Yoanita Widjaja

Abstract


Abstrak : Hubungan Antara Kemampuan Refleksi Diri Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Kedokteran. Prokrastinasi akademik merupakan masalah yang sering dijumpai pada mahasiswa. Terdapat macam-macam bentuk prokrastinasi seperti penundaan pengerjaan tugas, memulai sesuatu, maupun menyelesaikan sesuatu. Penyebab dari prokrastinasi akademik dapat didasari dengan rasa malas, memilih untuk melakukan sesuatu yang lebih menyenangkan, maupun memiliki kemampuan yang buruk dalam mengatur waktu. Hal tersebut menunjukkan kurangnya dalam sebuah perencanaan, pengaturan dan pencapaian tujuan seseorang untuk mengatur proses belajar, yang disebut sebagai self-regulation. Salah satu ciri seorang self regulated learner adalah memiliki kemampuan untuk refleksi diri, yang mencangkup mereview, mengevaluasi, menganailisis dari pengalaman-pengalaman yang didapat, dan membuat rencana mengenai hal apa yang dapat dilakukan jika berada diposisi yang sama. Hal ini dapat membantu mahasiswa untuk menghindari maupun mengurangi dari prokrastinasi-prokrastinasi yang sudah dilakukan sebelumnya. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui hubungan antara kemampuan refleksi diri dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara tahap akademik. Penelitian ini menggunakan studi cross-sectional dan dilakukan pada 202 mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara tahap akademik. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dalam bentuk g-form secara offline (ditempat) dan dianalisa menggunakan uji statistik chi-square. Penelitian ini didapatkan hasil, mahasiswa yang memiliki kemampuan refleksi diri terbatas sebanyak 31 orang (15,3%), cukup 133 orang (65,8%), dan maksimal sebanyak 38 orang (18,8%). Pada mahasiswa yang memiliki tingkat prokrastinasi akademik rendah sebanyak 31 orang (15,3%), sedang 134 orang (66,3%), dan tinggi sebanyak 37 (18,3%). Temuan ini secara statistik didapatkan p-value sebesar 0,00  sehingga dapat disimpulkan bahwa  terdapat hubungan antara kemampuan refleksi diri dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara tahap akademik dan memiliki prevalence ratio sebesar 9,5.


Keywords


Mahasiswa Kedokteran, Prokrastinasi Akademik, Refleksi Diri

Full Text:

PDF

References


Fauziah, H. H. (2015). Fakor-faktor yang mempengaruhi prokrastinasi akademik pada mahasiswa fakultas psikologi uin sunan gunung djati bandung. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 2(2), 123-132.

Ghufron, M. N. (2014). Prokrastinasi akademik mahasiswa ditinjau dari regulasi diri dalam Belajar. QUALITY, 2(1), 136-149.

Gunarya, A. (2011). Teknik Menangani Prokrastinasi. Diunduh dari http://repository. unhas. ac. id/bitstream/handle/12, 3456789, 40.

Hidayanti, D., & Chris, A. (2022). HUBUNGAN PROKRASTINASI DENGAN STRES PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS TARUMANAGARA. Ebers Papyrus, 28(1), 11-19.

Lestari, S. M. P. (2019). Perbedaan Tingkat Refleksi Diri Dalam Pembelajaran Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati Tahun 2019. Jurnal Ilmu Kedokteran Dan Kesehatan, 6(4), 257-263.

Lisiswanti, R. (2019). Peranan dosen pendidikan kedokteran: dari perspektif ilmu pendidikan kedokteran. Jurnal Kedokteran Universitas Lampung, 3(1), 186-190.

Oktaviani, N. (2019). Hubungan Antara Muhasabah dengan Prokrastinasi Akademik dalam Menyelesaikan Tugas Perkuliahan Studi Terhadap Mahasiswa Tasawuf dan Psikoterapi Fakultas Ushuluddin dan Humaniora. Skripsi, UIN Walisongo Semarang.

Purwanto, C. V., & Natalya, L. (2019). Tomorrow will always come, I am a last-minute person: Validation of the Active Procrastination Scale-Bahasa Indonesia. Makara Human Behavior Studies in Asia, 23(1), 46-58.

Puspita, M. M. A. A. C. (2023). TINGKAT KEMAMPUAN REFLEKSI DIRI DALAM PEMBELAJARAN MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS TARUMANAGARA. Al-Iqra Medical Journal: Jurnal Berkala Ilmiah Kedokteran, 6(1), 32-35.

Putri, E. T., Widyanta, M. N., Wahyuningdias, K., & Rannu, A. R. A. D. (2020). Efektivitas pelatihan regulasi diri terhadap prokrastinasi akademik pada mahasiswa. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 9(1), 46-54.

Putri, P. M. (2018). Hubungan antara sikap terhadap beban tugas dengan stres akademik mahasiswa Fakultas Kedokteran. Herb-Medicine Journal: Terbitan Berkala Ilmiah Herbal, Kedokteran dan Kesehatan, 1(2).

Rachmah, D. N. (2015). Regulasi diri dalam belajar pada mahasiswa yang memiliki peran banyak. Jurnal psikologi, 42(1), 61-77.

Sari, A. P. (2019). Faktor-Faktor Penyebab Prokrastinasi Pada Mahasiswa Yang Lambat Dalam Penulisan Skripsi Di Fkip Universitas Sanata Dharma. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Setiawan, H. P., & Faradina, S. (2018). Perfeksionisme dengan Prokrastinasi Akademik dalam Menyelesaikan Skripsi pada Mahasiswa Univeritas Syiah Kuala. Seurune: Jurnal Psikologi Unsyiah, 1(2), 20-36.

Sitorus, T. R. (2022). Hubungan Smartphone Addiction dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana Jakarta Barat. Wacana, 14(1), 57-70.

Siwi, C. P., Ruhaena, L., & Nuryanti, L. (2020). Pelatihan Muhasabah untuk Menurunkan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Aktivis (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Suhadianto, S., & Pratitis, N. (2020). Eksplorasi faktor penyebab, dampak dan strategi untuk penanganan prokrastinasi akademik pada mahasiswa. Jurnal RAP (Riset Aktual Psikologi Universitas Negeri Padang), 10(2), 204-223.

Wardani NP., (2018) Refleksi diri dalam pendidikan kedokteran. Medical and health education development unit fakultas kedokteran universitas udayana.

White, P., Laxton, J., & Brooke, R. (2010). Reflection: Importance, theory and practice. BAA Newsletter, 48.

Wicaksono, L. (2017). Prokrastinasi akademik mahasiswa. Jurnal pembelajaran prospektif, 2(2).




DOI: https://doi.org/10.33024/jmm.v7i4.10790

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Medika Malahayati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

PRODI KEDOKTERAN

FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MALAHAYATI