HUBUNGAN USIA DAN PENDIDIKAN DENGAN KEPATUHAN IMUNISASI TETANUS TOKSOID PADA IBU HAMIL DI PUSKESMAS LHOKNGA

Hayatun Nufus, Shella Widya Gani, Shella Widya Gani, Iziddin Fadhil, Iziddin Fadhil

Abstract


Abstrak: Hubungan Usia dan Pendidikan dengan Kepatuhan Imunisasi Tetanus Toksoid pada Ibu Hamil di Puskesmas Lhoknga. Tetanus neonatorum (TN) masih menjadi masalah kesehatan masyarakat yang serius di negara berkembang, khususnya negara dengan cakupan imunisasi yang rendah. Sebagai respon terhadap masalah tersebut, pemerintah mencanangkan program ETMN melalui tiga strategi, termasuk pemberian imunisasi TT yang tinggi dan merata pada ibu hamil. Target pemberian imunisasi TT telah ditetapkan oleh pemerintah sebesar 80%, namun target yang dicapai sebenarnya kurang dari target yang seharusnya dicapai. Rendahnya cakupan imunisasi pada ibu hamil dijelaskan dalam beberapa penelitian mengenai faktor yang mempengaruhinya. Karena hasil penelitian yang beragam, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara usia dan pendidikan dengan kepatuhan imunisasi Tetanus Toksoid pada Ibu Hamil di Puskesmas Lhoknga. Penelitian deskriptif retrospektif ini menggunakan pendekatan cross sectional dengan mengambil data baik variabel dependen maupun variabel independen secara simultan. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 116 sampel dengan teknik pengambilan sampel secara total sampling serta melihat kriteria inklusi dan eksklusi. Hasil analisis bivariat menggunakan uji statistik non parametrik menunjukkan nilai p-value 0,692 untuk usia dan nilai p-value 0,000 untuk pendidikan. Kesimpulan dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak adanya hubungan usia dengan kepatuhan imunisasi Tetanus Toksoid pada ibu hamil, sedangkan pendidikan memiliki hubungan dengan kepatuhan imunisasi Tetanus Toksoid pada ibu hamil di Puskesmas Lhoknga.


Keywords


Tetanus, ETMN, Kehamilan, Capaian Imunisasi, Faktor Kepatuhan

Full Text:

PDF

References


[WHO] World Health Organization. (2019). Protecting all against tetanus. World Health Organization.

[WHO] World Health Organization. (2020). Penilaian pasca validasi eliminasi tetanus maternal dan neonatal. 0.

Bala, R. (2020). Succeafull Aging Sukses Di Usia Senja. PT Gramedia Pustaka Utama.

Centers for Disease Control and Prevention. (2022). Why CDC is Working to Prevent Global Tetanus. CDC.

Dinas Kesehatan Aceh. (2021). Profil Kesehatan Aceh Tahun 2020. In www.dinkes.acehprov.go.id.

Dubale Mamoro, M., & Kelbiso Hanfore, L. (2018). Tetanus Toxoid Immunization Status and Associated Factors among Mothers in

Damboya Woreda, Kembata Tembaro Zone, SNNP, Ethiopia. Journal of Nutrition and Metabolism, 2018, 2839579. https://doi.org/10.1155/2018/2839579

Faria, A. P. V, da Silva, T. P. R., Duarte, C. K., Mendes, L. L., Santos, F. B. O., & Matozinhos, F. P. (2021). Tetanus vaccination in pregnant women: a systematic review and meta-analysis of the global literature. Public Health, 196, 43–51.

https://doi.org/10.1016/j.puhe.2021.04.019

Giriwijoyo, S., Ray, H. R. D., & Sidik, D. Z. (2020). Kesehatan, Olahraga, dan Kinerja - Santosa Giriwijoyo, Hamidie Ronald Daniel Ray, Dikdik Zafar Sidik - Google Buku (N. Syamsiah (ed.); 1st ed.). Bumi Medika.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2021). Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2020. KEMENKES.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2022). Laporan Kinerja Direktorat Kesehatan Keluarga Tahun Anggaran 2021.

Koesnoe, S., & Djauzi, S. (2017). Dasar-Dasar Imunisasi. In A.

Setiati, Siti., Alwi, Idrus., Sudoyo, Aru W., Simadibrata, Marcellus..,

Setiyohadi, Bambang., Fahrial Syam (Ed.), Ilmu Penyakit Dalam (3rd ed., p. 935). Interna Publishing.

Martina Pakpahan, Deborah Siregar, Andi Susilawaty, T., Mustar, Radeny Ramdany, E. I. M., Efendi Sianturi, M. R. G. T., & Yenni Ferawati Sitanggang, M. M. (2021). Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan (R. Watrianthos (ed.); 1st ed.). Yayasan Kita Menulis.

Menteri Kesehatan Republik Indonesia. (2017). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2017 Tentang Penyelenggaraan Imunisasi. PERMENKES RI, 111.

Putri, G. (2022). Perubahan Fisik dan Psikis pada Ibu Hamil. Kemenkes, pertama, 18–20.

https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/280/perubahan-fisik-dan-psikis-pada-ibu-hamil

Saryono dan Dwi Anggraeni, M. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif dalam Bidang Kesehatan (1st ed.). Nuha Medika.

Subandriyo, B. (2020). Statistik Non Parametrik. Diklat Fungsional Statistisi Tingkat Ahli.




DOI: https://doi.org/10.33024/jmm.v7i4.10840

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Medika Malahayati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

PRODI KEDOKTERAN

FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MALAHAYATI