EFEKTIVITAS EDUKASI ANEMIA MELALUI MEDIA VIDEO DAN LEAFLET TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN IBU HAMIL

Almara Rizanggini Ratu Damayanti, Elfira Sri Futriani

Abstract


Abstrak: Efektivitas Edukasi Anemia Melalui Media Video Dan Leaflet Terhadap Tingkat Pengetahuan Ibu Hamil Di Klinik Bidan Rina. Anemia merupakan kondisi dimana sel darah merah tidak mencukupi kebutuhan fisiologis tubuh. Ibu hamil menjadi salah satu kelompok yang sangat rentan untuk terkena anemia. Penting melakukan pencegahan agar wanita usia subur tidak terkena anemia karena bayi yang dilahirkan dapat menderita berat badan lahir dengan rendah, kematian perinatal dan ibu, dan prevalensi penyakit di masa yang akan datang. Untuk mengetahui efektivitas edukasi anemia melalui media video dan leaflet terhadap tingkat pengetahuan ibu hamil di klinik bidan rina tahun 2023. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quary eksperimental dengan rancangan pretest postest control group design. media yang digunakan adalah video dan leaflet. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan terhadap skor rata-rata pengetahuan sebelum dan sesudah edukasi anemia antara kelompok video dan leaflet ditandai dengan nilai p-value 0,001. Hasil uji gain score menunjukkan bahwa pada media video nilai gain score lebih besar dari pada media leaflet yang berarti media video lebih efektif dibandingkan dengan media leaflet dalam merubah tingkat pengetahuan ibu hamil. Pemberian edukasi menggunakan media video lebih efektif dibandingkan dengan media leaflet dalam meningkatkan pengetahuan ibu hamil.


Keywords


Anemia, Ibu hamil, Pengetahuan, Edukasi, Video, Leaflet

Full Text:

PDF

References


Adawiyah, R., & Wijayanti, T. (2021). Hubungan Paritas dengan Kejadian Anemia pada Ibu Hamil di Puskesmas Trauma Center Samarinda. Borneo Student Research. https://journals.umkt.ac.id/index.php/bsr/article/download/1625/899/%0D

Adilla AT. (2017). Pengaruh Merokok terhadap Keluhan Respirasi pada Siswa SMAN 9, SMAN 10, dan SMAN 14 Padang. Universitas Andalas, Skripsi.

Aeni, N., & Yuhandini, D. S. (2018). Pengaruh pendidikan kesehatan dengan media video dan metode demonstrasi terhadap pengetahuan sadari. Jurnal Care, Vol. 2, 164–174.

Ahmad, A. (2017). Ilmu Gizi Teori & Aplikasi : Vitamin. Penerbit Buku Kedokteran EGC. Jakarta.

Apriningsih, A., & Sufyan, D. . (2021). “Edukasi Pencegahan Anemia Remaja Putri Pada Orang Tua dan Guru Santri Madrasah,.” 3(2), 104–111. https://doi.org/10.37012/jpkmht.v3i2.720

Astutik, R. Y., & Ertiana, D. (2018). Anemia dalam Kehamilan. Jember: CV. Pustaka Abadi.

Dahlan Sopiyudin, M. (2010). Besar Sampel dan Cara Pengambilan Sampel dalam Penelitian Kedokteran dan Kesehatan. (3rd ed.). Jakarta : Salemba Medika.

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Donsu, J. D. T. (2017). Psikologi Keperawatan (Cetakan 1). Yogyakarta : Pustaka Baru Press, 2017.

Edison, E. (2019). Hubungan Tingkat Pendidikan dengan Kejadian Anemia pada Ibu Hamil. Jurnal JKFT, vol, 4 No. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31000/jkft.v4i2.2502.g1495

Endhang Kusumastuti, A. M. K. (2022). Anemia dalam Kehamilan. Kementrian Kesehatan Ri. https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/1132/anemia-dalam-kehamilan#:~:text=Anemia merupakan kondisi dimana sel,perilaku merokok%2C dan tahap kehamilan.

Fatikaningtyas S. (2021). Efektivitas Booklet dan Leaflet Anemia Terhadap Pengetahuan Anemia dan Sikap Mengonsumsi Tablet Besi Pada Ibu Hamil. Politeknik Kesehatan Kementrian Kesehatan Yogyakarta.

Fatimah, & Nuryaningsih. (2017). Buku Ajaran Asuhan Kebidanan Kehamilan. In Journal of Chemical Information and Modeling: Vol. Vol. 53. Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Feriyan, A., AB, I., & Ifroh, R. . (2020). “Efekvitas Audio-Visual DangersofSmoking dalam Meningkatkan Pengetahuan, Efikasi Diri dan Sikap Remaja di SMP Negeri 32 Kota Samarinda,.” Perilaku Dan Promosi Kesehatan: Indonesian Journal of Health Promoon

AndBehavior, 2(2), 25. https://doi.org/10.47034/ppk.v2i2.4182

Kemenkes RI. (2018). Kementerian Kesehatan Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan. http://repository.litbang.kemkes.go.id/3514/

Kementerian Kesehatan RI. (2014). Buku Ajar Kesehatan Ibu dan Anak. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.

Kementrian Kesehatan, R. (2018). Pencegahan dan Penanggulangan Anemia Pada Remaja Putri dan Wanita Usia Subur (WUS). Kementrian Kesehatan, RI.

Kementrian Kesehatan, R. (2019). Hasil Utama Riskesdas 2018. Diakses Dari Https://Www.Depkes.Go.Id/Resources/Download/Info-Terkini/Hasil-Riskesdas-2018.Pdf.

Kementrian Kesehatan, R. (2020). Pedoman Pemberian Tablet Tambah Darah (TTD) ibu hamil pada masa Pandemi Covid-19. Kementrian Kesehatan RI.

Kementrian Kesehatan, R. (2022). Gizi Seimbang Ibu Hamil. Kementrian Kesehatan Ri.

Kholid, A. (2015). Promosi Kesehatan dengan Pendekatan Teori Perilaku, Media, dan Aplikasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Manuaba, I. A. C. (2011). Ilmu Kebidanan, Penyakit Kandungan dan Keluarga Berencana untuk Pendidikan Bidan. Jakarta: EGC.

Mardiah., F. R., Zakaria., E., Prangdimurti., & R. Damanik. (2015). Perubahan Kandungan Kimia Sari Rosela Merah dan Ungu (Hibiscus Sabdarif a L) Hasil Pengeringan Menggunakan Cabinet Dryer Dan Fluidized Bed Dryer. Jurnal Teknologi Industri Pertanian Volume, Vol. 25(1), 1–7.

Marmi. (2011). Asuhan Kebidanan Pada Masa Antenatal. Yogyakarta: Pal Mall.

Maulana, & Heri D.J. (2009). Promosi kesehatan. Jakarta: EGC , 2009.

Mubarak, W. I., Lilis Indrawati, & Susanto, J. (2015). BUKU AJAR ILMU KEPERAWATAN DASAR (Cetakan 1). Salemba Medika, 2015.

Muliarini, P. (2010). Pola Makan Dan Gaya Hidup Sehat Selama Kehamilan (Cet.1). Yogyakarta : Nuha Medika., 2010.

Notoatmodjo, S. (2012). Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan Edisi Revisi 2012. PT.RINEKA CIPTA , 2012.

Notoatmodjo, S. (2018). Metodologi penelitian kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta., 2018.

Pribadi, B. . (2017). Media Dan Teknologi Dalam Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Pritasari, Damayanti, D., & Lestari, N. T. (2017). Gizi Dalam Daur Kehidupan. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.

Proverawati A. (2013). Anemia dan Anemia Kehamilan. Yogyakarta. : Nuha Medika.

Purbadewi, & Ulvie. (2013). Hubungan Tingkat Pengetahuan tentang Anemia dengan Kejadian Anemia pada Ibu Hamil. Jurnal Gizi Universitas Muhamadiyah Semarang, 31–39.

Purwono, dkk. (2014). Penggunaan Media Audio Visual Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri I Pacitan. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, Vol.2(No. 2), 127–144. http://jurnal.fkip.uns.ac.id.

Rahmawati E, & Silaban TDS. (2021). Pengaruh Media Video Terhadap Peningkatan Pengetahuan Pada Ibu Hamil Anemia. J Midwifery Sci, 1(1), 1–10.

Rismawati S, & Rohmatin E. (2018). Analisis Penyebab Terjadinya Anemia Pada Ibu Hamil. Media Inf.

Riyantini. (2010). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Pengetahuan, Sikap dan Keterampilan Ibu serta Kejadian Hiperbilirubinemia Pada Bayi Baru Lahir Di RSAB Harapan Kita Jakarta. tidak di publikasikan.

Rohmawati, N., Agusfar, A. Z., Amelia, D., Restianingrum, M., Damayanti, R., Mudjiati, I., & Adhi, E. K. (2020). Pedoman Pelayanan Antenatal Terpadu Edisi Ketiga (3 ed.). Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.

Sarwono, P. (2016). Ilmu kebidanan Sarwono Prawirohardjo (A. B. Saifuddin, T. Rachimhadhi, & G. H. Wiknjosastro (eds.); Edisi keem). Jakarta : PT. Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo, 2016.

Sulistyawati, A. (2013). Asuhan Kebidanan pada Masa Kehamilan. Jakarta: Salemba Medika.

Suriasumantri, & S, J. (2010). Filsafat ilmu: sebuah pengantar populer. Pustaka Sinar Harapan , 2010.

Sursilah, I. (2012). Hubungan Antara Pola Konsumsi Tablet Zat Besi (Fe) dengan Kejadian Anemia Gravidarum pada Ibu Hamil di Puskesmas Astapada Kota Cirebon. . . Jurnal IlmuIlmu Kesehatan Bhakti Husada Kuningan, Vol.1 No.1. https://ejournal.stikku.ac.id/index.php/stikku/article/download/13/4%0D

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan the Role of Instructional Media To Improving. . . Komunikasi Pendidikan, 2(2), 105.

Tarwoto. (2013). Buku Saku Anemia Pada Ibu Hamil. Trans Info Media.

Wawan, A., & Dewi M. (2011). Teori dan pengukuran pengetahuan

sikap dan perilaku manusia : dilengkapi contoh kuesioner. Nuha Medika.

WHO. (2019). Anemia. Diakses 25 Maret 2023, Dari Https://Www.Who.Int/Topics/Anaemia/En/.

WHO. (2022). SDG Target 3.1 Maternal mortality. Who. https://www.who.int/data/gho/data/themes/topics/sdg-target-3-1-maternal-mortality

Wibowo, Y. K. (2020). Keselamatan dan Kesehatan Kerja ZEROSICKs Mekatronika. FAM Group. https://www.google.co.id/books/edition/Keselamatan_dan_Kesehatan_Kerja_ZEROSICK/DhbmDwAAQBAJ?hl=en&gbpv=0

Widatiningsih, S., & Christi Hinaya Tungga Dewi. (2017). Praktik terbaik asuhan kehamilan / Sri Widatiningsih, Christi Hinaya Tungga Dewi (Edisi pert). Yogyakarta : Transmedika, 2017 © 2017.

World Health Organization. (2021). Global targets 2025 to improve maternal, infant and young children nutrition. World Health Organization. https://www.who.int/publications/i/item/WHO-NMH-NHD-14.4

Yona, S., & Nurulhuda, U. (2022). Keperawatan Medikal Bedah (9th ed.). Singapore: Elsevier Ltd.




DOI: https://doi.org/10.33024/jmm.v8i1.10968

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Medika Malahayati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

PRODI KEDOKTERAN

FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MALAHAYATI