FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KELUHAN PENDENGARAN PADA PEKERJA KILANG KOPI DI KECAMATAN TIMANG GAJAH KABUPATEN BENER MERIAH

Rizki Mulia, Putri Ariscasari, Wardiati Wardiati

Abstract


Abstrak: Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Keluhan Pendengaran Pada Pekerja Kilang Kopi Di Kecamatan Timang Gajah Kabupaten Bener Meriah. Keluhan pendengaran merupakan salah satu gangguan kesehatan yang berisiko menurunkan produktivitas pekerja. Pekerja yang menderita gangguan pendengaran, tidak hanya dilihat dari beberapa hal seperti kesulitan berbicara, tetapi juga bisa dilihat dari kondisi fisiologis pekerja itu sendiri. Penelitian bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan keluhan pendengaran pada Pekerja Kilang Kopi Di Kecamatan Timang Gajah Kabupaten Bener Meriah. Studi ini adalah penelitian deskriptif analitik. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh pakerja pabrik kopi HM dan MJ yang berjumlah 41 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan tekhnik total population. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner, dan di analisis dengan uji Chi-Square. Penelitian ini menemukan bahwa 58,5% pekerja mengalami keluhan pendengaran, 53,7% ada riwayat penyakit telinga, 51,2% tidak menggunakan alat pelindung telinga, 53,7% lama kerja tidak normal, 58,5% masa kerja lama, umur didominasi oleh dewasa awal yaitu 36,6%. Hasil analisis bivariat diketahui hubungan antara riwayat penyakit telinga (p-value=0,000), penggunaan alat pelindung telinga (p-value=0,000), lama kerja (p-value=0,000), masa kerja (p-value=0,000) dan tidak ada hubungan umur (p- value=0,061) dengan keluhan pendengaran pada Pekerja Kilang Kopi. Ada hubungan antara riwayat penyakit telinga, penggunaan alat pelindung telinga, lama kerja, masa kerja. Selanjutnya, tidak ada hubungan umur dengan keluhan pendengaran pada Pekerja Kilang Kopi di Kecamatan Timang Gajah Kabupaten Bener Meriah.


Keywords


Keluhan Pendengaran, Penyakit Telinga, Alat Pelindung Telinga, Lama Kerja, Masa Kerja, Umur

Full Text:

PDF

References


Aisyah. 2017. Buku Ajar Sistem Telinga, Hidung Dan Tenggorokkan. Respitory Universitas Muhammadiyah Semarang.

Armia. 2021. Studi Kualitatif Gangguan Pendengaran Akibat Bising / Noise Induced Hearing Loss (Nihl) Pada Marshaller di Bandar Udara Sultan Thaha Kota Jambi Tahun 2020. Jurnal Kesmas Universitas Jambi.

Azhar. 2020. Penentuan Waktu Istirahat Kerja. Jurnal Manajemen Industri dan Teknologi. Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur.

Babba. 2017. Hubungan Antara Intensitas Kebisingan Di Lingkungan Kerja Dengan Peningkatan Tekanan Darah (Penelitian Pada Karyawan Pt Semen Tonasa Di Kabupaten Pangkep Sulawesi Selatan) (Relationship Between Noise Intensity in Working Environment and The Hipertension (Study on PT. Semen Tonasa Worker in Pangkep District Sount Sulawesi). Program Pascasarjana Universitas Diponegoro

Ibrahim. 2018. Argument of Accounting for Oil and Gas Upstream Activities. International Journal Of Humanities And Management Science.

Lira Mufti Azzahri. 2019. "Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Keluhan Pendengaran Pada Pekerja Dibagian Produksi Di Pt. Hervenia Kampar Lestari." Prepotif: Jurnal Kesehatan Masyarakat.

Lulu. 2019. Pengaruh Lingkungan Kerja Fisik Terhadap Produktivitas Dengan Pendekatan Ergonomi Makro (Studi Kasus di PT. Murakabi Jaya Mandiri). J Opsi.

Munilson. 2019. Gangguan Pendengaran Akibat Bising: Tinjauan Beberapa Kasus.

National Institute on Deafness and Other Communication Disorders. 2016. Nidcd Fact Sheet: Noise-Induced Hearing Loss. Maryland: National Institute on Deafness and Other Communication Disorders.

Rahayu. 2016. Faktor Yang Berhubungan Dengan Gangguan Pendengaran Pada Pekerja Yang Terpapar Bising di Unit Spinning I Pt. Sinar Pantja Djaja Semarang." Unnes Journal of Public Health.

Rusmaniar. 2020. Hubungan Kebisingan Dengan Keluhan Fisiologis, Keluhan Psikologis, Keluhan Komunikasi Pada Pekerja Bagian Produksi.

Wahyu. 2018. Pengaruh Penerapan Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Terhadap Turnover Intention Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Mediator. Skripsi. Malang: Universitas Brawijaya Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis.

Yunita. 2016. Gangguan Pendengaran Akibat Bising. Sumatera Utara: Fakultas Kedokteran USU.

Zainal Hamzah. 2017. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Keluhan Gangguan Pendengaran Pada Tenaga Kerja Bagian Produksi Pt. Japfa Comfeed Indonesia, Tbk. Unit Makassar Tahun 2017." Al-Sihah: The Public Health Science Journal




DOI: https://doi.org/10.33024/jmm.v7i4.11893

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Medika Malahayati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

PRODI KEDOKTERAN

FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MALAHAYATI