FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU KESELAMATAN DALAM MENGEMUDI PADA SOPIR TRUCK BANDA ACEH - MEDAN DI TERMINAL SANTAN INGIN JAYA KABUPATEN ACEH BESAR

Al Munawar, Anwar Arbi, Putri Ariscasari

Abstract


Abstrak: Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Keselamatan Dalam Mengemudi Pada Sopir Truck Banda Aceh - Medan Di Terminal Santan Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar. Sopir truk mempunyai peranan sangat penting sebagai motor penggerak pasokan barang dari suatu tempat ke tempat yang lain. Seperti halnya bidang pekerjaan yang lain, menjadi seorang sopir truck juga memiliki rasa lelah saat menjalani pekerjaannya. Kelelahan saat bekerja sebagai sopir truk berpotensi mengalami kecelakaan lalu lintas yang dapat mengancam keselamatan dirinya maupun orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan perilaku keselamatan dalam mengemudi pada sopir truk. Penelitian ini bersifat deskriptif analitik yang dilaksanakan pada 15-20 Januari tahun 2023. Sopir truck Banda Aceh-Medan di Terminal Santan Ingin Jaya Aceh Besar berjumlah 108 orang menjadi populasi. Sampel sebanyak 52 responden menggunakan teknik accidental sampling. Data diperoleh menggunakan kuesioner dan dianalisis secara dengan uji Chi-Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa umumnya (63,5%) perilaku keselamatan mengemudi tidak baik, 63,5% atasan tidak berperan, 59,6% tidak ada pelatihan mengemudi, 40,4% masa kerja kurang berpengalaman, dan 63,5% memiliki pengetahuan kurang. Anaisis bivariat menunjukkan bahwa hubungan antara peran atasan p-value 0,000, pelatihan mengemudi P-Value=0,000, masa kerja P-Value=0,001, pengetahuan P-Value=0,000. Dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara peran atasan, pelatihan mengemudi, masa kerja, dan pengetahuan.


Keywords


Masa Kerja, Pengetahuan, Peran Atasan, Pelatihan Mengemudi, Perilaku Keselamatan Mengemudi

Full Text:

PDF

References


Adinugroho, I. 2019. Pengaruh Faktor Stres dan Motivasi Kerja Terhadap Produktivitas Karyawan di Bank BNI KC Mamuju, (Persero) Tbk. Forecasting: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, 1(2), 177–192.

Augustie Adi Yuwono. 2017. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Safety Driving pada Sopir Bus Di Terminal Tirtonadi. Skripsi FKM UMS.

Hastuti. 2013. Hubungan Antara Self Regulated Behavior Dengan Unsafe Behavior Pada Sopir Bus Di Kota Semarang. Journal of Social and Industrial Psychology. Vol 2 No 1.

Machfud Eko Arianto. 2021. Pengetahuan Keselamatan Berkendara, Masa Kerja Dan Peran Manajemen Dengan Perilaku Keselamatan Berkendara Pada Pengemudi Truk Bermuatan Semen Di PT. Energi Sukses Abadi Cilacap. Annada - Jurnal Kesehatan Masyarakat.

Muthia Ayuningtyas. 2016. Faktor – faktor Yang Berhubungan Dengan Praktik Safety Driving pada Pengemudi Road Tank PT. Pertamina Ep Asset 4 Field Cepu. Jurnal Kesehatan Masyarakat, vol. 4, no. 3, pp. 504-513.

Nurcahyo Adinugroho. 2014. Faktor Yang Berhubungan Dengan Praktik Safety Driving Pada Pengemudi Angkutan Kota Jurusan Banyumanik-Johar Kota Semarang. JKM-Jurnal Kesehatan Masyarakat. Vol. 2 No. 6.

Palimbong. 2016. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Kelelahan Kerja pada Sopir Truk PT. Pertamina (persero) Terminal BBM Makassar. Universitas Hasanuddin.

Priyatna D.M. 2012. Studi Mengenai Perilaku Berkendara Agresif Dan Faktor Penyebab Pada Sopir Angkutan di Kota Bandung Melalui Pendekatan Deskriptif. [skripsi ilmiah]. Bandung. Fakultas Psikologi Universitas Islam Bandung.

Putri. 2018. Hubungan Faktor Internal dan Eksternal Pekerja terhadap Kelelahan (Fatigue) pada Operator Alat Besar PT. Indonesia Power Unit Bisnis Pembangkitan Surabaya. Depok. Universitas Indonesia.

Setiawaty. 2018. Kelelahan Kerja Kronis, Kajian terhadap Kelelahan Kerja, Penyusunan Alat Ukur serta Hubungannya dengan Waktu Reaksi dan Produktivitas Kerja. Yogyakarta. Universitas Gajah Mada.

Tarwaka. 2017. Ergonomi untuk Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Produktivitas. Surakarta: UNIBA.

Tendelawa. 2015. Gambaran Pengetahuan Tentang Safety Driving pada Sopir Bus Manado- Bitung di Terminal Paal 2 Kota Manado. [Journal]. Manado. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Samratulangi.

Zulkarnaen. 2018. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Praktik Keselamatan Mengemudi Pada Pengemudi Mobil Skid Tank di PT X. Jurnal Kesehatan Masyarakat, vol. 6, no. 5, pp. 678 – 686.




DOI: https://doi.org/10.33024/jmm.v7i4.12019

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Medika Malahayati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

PRODI KEDOKTERAN

FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MALAHAYATI