HUBUNGAN LAMA PAPARAN RADIASI MONITOR KOMPUTER DENGAN KELUHAN KELELAHAN MATA PADA KARYAWAN (STUDI KASUS : DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH GRESIK)

Kholishotun Nisa, Dwi Faqihatus Syarifah HAS

Abstract


Abstrak: Hubungan Lama Paparan Radiasi Monitor Komputer Dengan Keluhan Kelelahan Mata Pada Karyawan (Studi Kasus: Di Universitas Muhammadiyah Gresik). Paparan radiasi yang dihasilkan komputer dapat menimbulkan efek jangka pendek dan jangka panjang bagi penggunanya, salah satunya keluhan kelelahan mata. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif  yang menggunakan metode penelitian survei analitik dengan desain cross sectional. Teknik pengambilan sampel dengan Random Sampling yang berjumlah 92 orang. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner dan analisis uji statistik menggunakan uji coeficient contingensi. Hasil pengukuran lama paparan radiasi monitor komputer pada tenaga kependidikan pengguna komputer diperoleh  bahwa Sebagian besar Tenaga Kependidikan terpapar radiasi sebanyak (64,0%) dan sebagian besar mengalami keluhan kelelahan mata sebanyak (57,3%). Hasil uji coeficient contingensi menunjukkan ada hubungan yang signifikan dengan p value 0,004 < α 0,05. Disimpulkan bahwa ada hubungan antara lama paparan radiasi monitor komputer dengan keluhan kelelahan mata pada tenaga kependidikan di Universitas Muhammadiyah Gresik, sehingga diharapkan melakukan istirahat secara berkala.

Keywords


Keluhan Kelelahan Mata, Lama paparan radiasi monitor komputer, Tenaga Kependidikan

Full Text:

PDF

References


Astuti, R. Y. (2012). Hubungan Lama Paparan Radiasi Monitor Komputer dengan Astenopia -Pada Pekerja Administrasi di CV. Cakra Nusantara Karanganyar. 51.

Dewi, Y. K., Sitorus, R. J., & Hasyim, H. (2010). Faktor-faktor yang berhubungan dengan kelelahan mata pada operator komputer dikantor samsat palembang. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 1(1), 38–42.

Glorya Lumenta, K., Johnly Pio, R., & Sambul, S. A. . (2021). Pengaruh Keselamatan dan Kesehatan Kerja Terhadap Produktivitas. JIK (Jurnal Ilmu Kesehatan), 2(2), 102–107.

Hanafi, M. H., Asril, A., & Efendi, A. S. (2021). Faktor Yang

Berhubungan Dengan Keluhan Kelelahan Mata Pada Pengguna Komputer Di Stikes Hang Tuah Pekanbaru Tahun 2020. Media Kesmas (Public Health Media), 1(2), 241–250.

Irma, Lestari, I., & Kurniawan, A. R. (2019). Faktor Yang Berhubungan Dengan Keluhan Subjektif Kelelahan Mata Pada Pengguna Komputer. Jurnal Ilmiah Kesehatan Pencerah, 8(1), 15–23.

J. Sumakul, J., R. Marunduh, S., & V. D. Doda, D. (2020). Hubungan Penggunaan Gawai dan Gangguan Visus Pada Siswa SMA Negeri 1 Kawangkoan. Jurnal E-Biomedik, 8(1), 28–36.

Kurnia Utami, S. (2021). Hubungan Durasi Penggunaan Laptop Dengan Angka Kejadian Mata Kering Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Meutia, Z. (2021). Pengaruh Kesehatan dan Keselamatan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Rumah Sakit Malahayati Medan. Informatika, 9(3), 120–128.

Royhan, M. (2019). Hubungan Intensitas Pencahayaan Dengan Keluhan Subjektif Kelelahan Mata Pada Pekerja Di Rumah Sakit X. Skripsi, Universita, 180.

Sampouw, V. P., Suoth, L. F., & Maramis, F. R. (2019). Hubungan Antara Lama Paparan Cahaya Monitor Komputer Dengan Kelelahan Mata Pada Gamer Online Di Warung Internet Kota Manado. Kesmas, 8(6), 82–88.

Sari, F. T. A., & Himayani, R. (2018). Faktor Risiko Terjadinya Computer Vision Syndrome. Majority, 7(2), 278–282.

Savila, T. A. (2016). Dampak Intensitas Pencahayaan dan Beban Kerja terhadap Kelelahan Kerja pada Operator Warung Internet di Kampus Universitas Jember. Skripsi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Jember.

Septiansyah, R. (2014). Septiansyah, Randy. 2014. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kelelahan Mata Pada Pekerja Pengguna Komputer Di PT. Duta Astakona Girinda 2014. Skripsi.

Simbolon, R. V. (2017). Hubungan Intensitas Pencahayaan dan Lama Paparan Radiasi Monitor Komputer dengan Keluhan Kelelahan Mata pada Pekerja Pengguna Komputer di Kantor.

Utara, I. S., Penelitian, A., Sari, N., Siregar, J. H., Fakultas, M., Universitas, K., Sumatera, I., Fakultas, D., Universitas, K., Sumatera, I., Artikel, H., Kunci, K., Tajam, T., Hidup, K., Refraksi, K., & Sari, N. (2022). Dengan Kelainan Refraksi Di Poli Mata Rsud Rokan Hulu Relationship Between the Sharp Level of Vision and the Quality of Life in Patients With Other Refractory Disorders in the Eye Polyclinic of Rsud. 21(1), 9–18.

Yulia, Rizyana, N. P., & Rahmi, A. (2021). Determinan Kelelahan Mata Pada Pekerja Kantor yang Work From Home. JIK (Jurnal Ilmu Kesehatan), 5(2), 247–254.




DOI: https://doi.org/10.33024/jmm.v7i4.12064

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Medika Malahayati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

PRODI KEDOKTERAN

FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MALAHAYATI