Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Tingkat Kepuasan Keluarga Pasien Pada Pelayanan Farmasi Di Rumah Sakit Jiwa Daerah (RSJD) Provinsi Lampung

Syalina Khoirunisa, William Arisandi, Nur Sefa Arief Hermawan

Abstract


Peningkatan mutu pelayanan merupakan hal yang sangat penting untuk memenuhi kebutuhan dan harapan pasien. Laporan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) pada pelayanan farmasi menunjukkan beberapa aspek pelayanan yang masih kurang memuaskan, serta keluhan dari pengunjung terkait waktu tunggu dan kualitas layanan seperti sarana dan prasarana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan mutu pelayanan kesehatan terhadap tingkat kepuasan keluarga pasien pada pelayanan farmasi di Rumah Sakit Jiwa Daerah (RSJD) Provinsi Lampung. Metode penelitian menggunakan desain cross-sectional dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian berjumlah 100 responden yang merupakan keluarga pasien yang pernah memanfaatkan pelayanan farmasi, diambil menggunakan teknik accidental sampling. Instrumen menggunakan kuesioner dengan skala Likert dan Guttman. Analisis data menggunakan analisis univariat dan bivariat dengan statistik uji Chi-Square. Hasil menunjukkan tingkat kepuasan pasien yang tinggi yaitu (80%) dengan penilaian positif terhadap dimensi mutu layanan berupa bukti fisik 70%, kehandalan 64%, ketanggapan 75%, jaminan 78% dan kepedulian 79%. Dan terdapat hubungan signifikan antara semua dimensi mutu layanan dengan kepuasan pasien (p < 0,05). Disarankan agar RSJD Provinsi Lampung meningkatkan fasilitas dan menerapkan sistem antrian elektronik untuk mengurangi waktu tunggu. Penelitian ini dapat menjadi referensi bagi institusi pendidikan dan penelitian selanjutnya dalam pengembangan mutu pelayanan kesehatan jiwa.


Keywords


Mutu; Kepuasan; RSJD

Full Text:

PDF

References


Angelita, L., Rombon, Y., Podung, B. J., & Pingkan Mamuaja, P. (2021). Pengaruh Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Di Puskesmas Papakelan. Jurnal Kesehatan Masyarakat UNIMA. 2(2). 1-6

Amrullah, H., Satibi, S., & Fudholi, A. (2020). Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian Menggunakan Metode Servqual Berdasarkan Status Akreditasi di Kabupaten Ogan Komering Ilir. Majalah Farmaseutik, 16(2), 193–201. https://doi.org/10.22146/farmaseutik.v16i2.53647

Antonius Rino Vanchapo, & Magfirojh. (2022). Buku Mutu Pelayanan Kesehatan dan Kepuasan Pasien. https://www.researchgate.net/publication/364313680

Deswita, K., Sudirman, H., & Widodo, S. (2021). Analisis Upaya Peningkatan Mutu Pelayanan dengan Penerapan Metode Total Quality Management (TQM) di RS X Rumah Sakit X. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan Masyarakat Indonesia. 2(1). 37-48

Dewa Nyoman Benni Kusyana, & Komang Ary Pratiwi. (2019). Skala Pengukuran Kualitas Layanan. Jurnal Widya Manajemen, 1(2), 21–39.

Dimas Shaula Putri Andana. (2023). Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian Oleh Apoteker Di Puskesmas Mlati Ii Sleman.

Efridayanti Tambunan. (2021). Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Diwilayah Kerja Puskesmas Aek Batu.

Fristiohady, A., Ode Muhammad Fitrawan, L., Dwi Pemudi, Y., Ihsan, S., Ruslin, Bafadal, M., Nurwati, & Ruslan. (2020). Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Puuwatu Kota Kendari Menggunakan Metode Servqual Analysis Of Quality Service Towards Out-Patient Satisfaction At Puskesmas Puuwatu Kendari City. Jurnal Surya Medika (JSM), 6(1), 6–12.

Harun, H., & Wijayantono. (2019). Analisis Faktor Yang Memengaruhi Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Di Puskesmas Rawat Inap Kabupaten Pasaman 2019. Jurnal Human Care, 3(3), 138–148.

Imelia Prastica. (2019). Pengaruh Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Unit Rawat Jalan Di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Madiun.

Irawan, B., Kurnia, R. A., Sitanggang, E. D., & Achmady, S. (2020). Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Rumah Sakit Berdasarkan Metode Service Quality (Servqual). Jurnal Keperawatan Dan Fisioterapi (JKF), 3(1), 58–64. Https://Doi.Org/10.35451/Jkf.V3i1.522

Khairunnisa, E. N. (2022). Analisis Kebutuhan Mutu Pelayanan Dengan Mengintegrasikan Total Quality Manajemen Dengan SERVQUAL. Schema: Journal Of Psychological Research, 7(1), 35–44.

Khikmawati, E., Wibowo, H., & Farla, Z. (2019). Analisis Mutu Layanan Instalasi Rawat Inap Menggunakan Metode Servqual-Fuzzy Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Layanan Jasa Kesehatan di RS PBA Bandar Lampung. In Jurnal Teknik Industri. 5(1). 56-61

Karunia Keperawatan, M., Azizah Keperawatan, N., Rahayu Keperawatan, O., Sovia Melati Keperawatan, P., & Prio Agus Santoso Keperawatan, A. (2022). Mutu dan kepuasan terhadap pasien. Journal Complementary of Health (JCoHealth), 2(1), 63–66. https://doi.org/10.36086/jch.v2i1

Larasanty, L. P. F., Wirasuta, I. M. A. G., Sarasmita, M. A., Cahyadi, M. F.,Wirayanti, N. W., Triastuti, N. N. A., Yanti, N. N. D., Wistari, N. M. A., & Sudarni, D. (2018). Pengembangan Kuisioner Kepuasan Pasien Untuk Pelayanan Farmasi Klinik. Jurnal Farmasi Udayana, 7(1), 7–12.

Megawati, Hariyanto, T., & Rachmi, A. T. (2016). Hubungan Dimensi Mutu Pelayanan Farmasi Rawat Jalan dengan Kepuasan Pasien di RS Baptis Batu: Peran Kepesertaan Asuransi. Jurnal Aplikasi Manajemen (JAM), 14(1), 147–160.

Muhammad Al Rajab, & Sultan Andilah. (2023). Pengaruh Mutu Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 18(1), 73–86.

Pasalli’, A., & Patattan, A. A. (2021). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit Fatima Makale Di Era New Normal. Jurnal Keperawatan Florence Nightingale, 4(1), 14–19.

Putra, A. P., Ekawati, D., & Priyatno, A. D. (2023). Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan. In Health Care : Jurnal Kesehatan (Vol. 12, Issue 2). 341-355

Ria Rizqa Dewi Amin. (2020). Analisis Kepuasan Pasien Bpjs Di Unit Rawat Inap Rsud Lanto Dg. Pasewang Kab. Jeneponto Prov. Sulawesi Selatan Tahun 2020.

Sinollah, & Masruro. (2019). Pengukuran Kualitas Pelayanan (Servqual ± Parasuraman) Dalam Membentuk Kepuasan Pelanggan Sehingga Tercipta Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus pada Toko Mayang Collection cabang Kepanjen). Jurnal Dialekta. 4 (1). 45-64

Silalahi, J., Devi Fitriani, A., & Megawati. (2019). Analisis Mutu Pelayanan Perawat Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Kelas Iii Di Rumah Sakit Advent Medan. Jurnal Kesehatan Perintis (Perintis’s Health Journal), 6(1), 21–29.

Taekab, A. H., Suryawati, C., & Kusumastuti, W. (2019). Analisis Persepsi Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Puskesmas Dan Hubungannya Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Leyangan Kabupaten Semarang Tahun 2018. Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal), 7(1), 31–40.

Umam, C., Muchlisoh, L., & Maryati, H. (2019). Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Kesehatan Rawat Jalan Dengan Metode Ipa (Importance Perfomance Analysis) Di Puskesmas Bogor Tengah Kota Bogor Tahun 2018. In PROMOTOR Jurnal Mahasiswa Kesehatan Masyarakat. 2(1). 7-19




DOI: https://doi.org/10.33024/jmm.v9i3.18164

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Medika Malahayati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

PRODI KEDOKTERAN

FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MALAHAYATI