Hubungan Stres Akademik Dengan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu Granada Samarinda

Farah Azizzah Fardal, Rahmat Bakhtiar, Sri Purwatiningsih, Candra Ramadhanny, Hary Nugroho

Abstract


Stres akademik adalah kondisi di mana individu merasa tidak mampu mengatasi tuntutan akademik yang akan memiliki dampak negatif dan dapat memengaruhi kemampuan mereka dalam berbagai aktivitas seperti kesulitan dalam berkonsentrasi saat belajar dan kehilangan motivasi untuk melakukan tugas-tugas. Motivasi belajar adalah faktor psikis yang tidak berkaitan dengan kecerdasan intelektual, memiliki peran penting untuk meningkatkan semangat dan kegembiraan dalam melakukan kegiatan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan stres akademik dengan motivasi belajar siswa kelas XII Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu Granada Samarinda. Desain penelitian adalah cross sectional. Data yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari pengisian kuesioner Educational Stress Scale for Adolescent (ESSA) dan Motivated Strategies for Learning Questionnaire (MSLQ). Pengambilan sampel menggunakan teknik Total Sampling, dengan besar sampel berjumlah 99 siswa kelas XII, di mana 3 siswa dieksklusi karena tidak bersedia ikut dalam penelitian ini. Hasil uji analisis hubungan antara stres akademik dengan motivasi belajar didapatkan nilai p-value sebesar p = 0.852. Pada penelitian ini tidak terdapat hubungan antara stres akademik dengan motivasi belajar pada siswa kelas XII Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu Granada Samarinda.


Keywords


Stres Akademik; Motivasi Belajar; Kelas XII

Full Text:

PDF

References


A.M, Sardiman. (2016). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Ade, A. H., & Zikra, Z. (2019). Students’ academic stress and implications in counseling. Jurnal Neo Konseling, 1(3), 1-7. https://doi.org/10.24036/00130kons2019

Alam, A. N. (2021). Hubungan Antara Dukungan Sosial Orang Tua dan Stres Akademik Siswa SMA Selama Pembelajaran Daring di Masa Pandemi. INSTUITIONAL REPOSITORY.

Alamsyah, R. T., Setiawati, O. R., Sani, N., & Anggraini, M. (2022). Hubungan Stres akademik dengan MotivasiI Belajar pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati Angkatan. Jurnal Kesehatan Tambusai, 3(2), 1-8.

https://doi.org/10.31004/jkt.v3i2.4121

Barseli, M., Ifdil, & Nukmarijal. (2017). Konsep Stres Akademik Siswa. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 5(3), 143-148. https://doi.org/10.29210/119800

Hasanah, N., Zulhelmi, & Azizahwati. (2022). Perbedaan Motivasi Belajar Siswa Berdasarkan Gender dalam Pembelajaran Fisika dengan Model Collaborative Learning Dikelas X Madrasah Aliyah Al-ihsan Boarding School Kampar. Jurnal Online Mahasiswa, 2(2), 1-15.

Mahardhika, D. M., Dewi, S. R., & Arsana, I. W. (2023). Hubungan antara Stres dengan Motivasi Belajar pada Mahasiswa Tingkat Pertama Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Warmadewa. AMJ: Aesculapius Medical Journal, 3(2), 254-260. https://doi.org/10.22225/amj.3.2.2023.254%20-%20260

Muhajirin. (2016). Perbedaan Tingkat Stres Pada Remaja Siswa Kelas XI Jurusan lmu Pengetahuan Alam (IPA) Dengan Remaja Siswa Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Di SMA 3 Islam Sultan Agung Semarang. Semarang: Universitas Islam Sultan Agung.

Muslim, M. (2020). Manajemen stres pada masa pandemi COVID-19. ESENSI: Jurnal, 23(2), 194-209. https://doi.org/10.55886/esensi.v23i2.205

Mutiara. (2021). Studi Identifikasi Faktor Penyebab Stres Akademik Pada Siswa SMA Swasta Budisatrya. Medan: Universitas Medan Area.

Nanda, M. (2021). Perbedaan Tingkat Stres Akademik Antara Siswa Jurusan IPA dengan Jurusan IPS di SMAN 1 Krueng Barona Jawa Kabupaten Aceh Besar. Aceh: Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

Ningrum, R. K. (2021). Validitas dan Reliabilitas Motivated Strategies For Learning Questionaire (MSLQ) pada Mahasiswa Kedokteran. PENDIPA: Journal of Science Education, 5(3), 421-425. https://doi.org/10.33369/pendipa.5.3.421-425

Nugroho, M. B. (2015). Pola Perilaku Siswa dalam Menghadapi Ujian Nasional (Studi Kasus di SMA Negeri 2 Boyolali). Artikel Ilmiah. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Puspitaningrum, M. T. (2018). Hubungan Antara Disiplin Belajar dan Tuntutan Orang Tua dengan Tingkat Stres Akademik Siswa Kelas XI SMAN 1 Karanganyar. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Rohmatillah, W., & Kholifah, N. (2021). Stress Akademik antara Laki-laki dan Perempuan Siswa School from Home. Jurnal Psikologi : Jurnal Ilmiah Fakultas Psikologi Universitas Yudharta Pasuruan, 8(1), 38-52. https://doi.org/10.35891/jip.v8i1.2648

SalsabilaDaniell. (2024). Hubungan Stress Akademik Dengan Motivasi Belajar Pada Mahasiswa. IJBITH Indonesian Journal of Business Innovation, Technology and Humanities, 1(1), 419–433. Retrieved from https://journal.drafpublisher.com/index.php/ijith/article/view/186

Sarafino, E. P. (2011). Health Psychology: Biopsychosocial Interactions Edisi 11. USA: John Wiley & Sons, Inc.

Shilphy, A., & Octavia. (2020). Motivasi Belajar dalam Perkembangan Remaja. Yogyakarta: Deepublish Publisher.

Shofiyah, M. N., & Chamid, M. S. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Stres Siswa Saat Pembelajaran Daring Menggunakan Metode Regresi Logistik Ordinal. JURNAL SAINS DAN SENI ITS, 11(1), 23-28. DOI: 10.12962/j23373520.v11i1.62666

Sholiha, H., Yusuf, M., & Supratiwi, M. (2022). Hubungan keterlibatan orang tua dengan motivasi menghafal Al-qur’an pada siswa SMPIT. Jurnal Ilmiah Psikologi Candrajiwa, 7(2), 133-143. https://dx.doi.org/10.20961/jip.v7i2.55159

Silondae, D. P. (2019). Perbandingan Motivasi Belajar Antara Siswa Jurusan IPA dan Jurusan IPS di SMA Negeri Anggaberi Kabupaten Konawe. Gema Pendidikan, 26(2), 1-9. DOI:10.36709/gapend.v26i2.8174

Sujadi, E. (2021). Stres Akademik dan Motivasi Belajar Mahasiswa Mengenai Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19. Educational Guidance and Counseling Development Journal, 4(1), 29-41. DOI : 10.24014/egcdj.v4i1.12679

Uno, & Hamzah, B. (2016). Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: PT.Bumi Aksara.

Way, F., Daramatasi, W., & Yuliyanik. (2022). Hubungan Stres

Akademik dengan Motivasi Belajar Mahasiswa Semester VI di Masa Pandemi Covid-19. MHJNS: Media Husada Journal of Nurcing Sciences, 3(3), 198-206. https://doi.org/10.33475/mhjns.v3i2.95




DOI: https://doi.org/10.33024/jmm.v9i1.18738

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Medika Malahayati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

PRODI KEDOKTERAN

FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MALAHAYATI