HUBUNGAN ANTARA KEMANDIRIAN DAN PENYESUAIAN DIRI DENGAN STRES PADA MAHASISWA/I BARU ANGKATAN 2015 FAKULTAS KEDOKTERAN UMUM UNIVERSITAS MALAHAYATI YANG MERANTAU DI BANDAR LAMPUNG

Sri Maria Puji Lestari, Diba Oktia, Ni Putu Sudiadnyani

Abstract


Latar Belakang: Kemandirian dan penyesuaian diri peserta didik mampu memberi pangaruh pada peserta didik terhadap prestasi-prestasi yang akan dicapainya nanti dalam proses pembelajaran serta mampu memberi pengarahan pada peserta didik untuk menjalankannya lebih baik. Stresor pada mahasiswa dapat bersumber dari kehidupan akademiknya, terutama dari tuntutan eksternal dan tuntutan dari dalam dirinya sendiri.
Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui hubungan antara kemandirian dan penyesuaian diri dengan stres pada mahasiswa/i baru angkatan 2015 FKU Universitas Malahayati yang merantau di Bandar Lampung.
Metode Penelitian: Rancangan penelitian adalah kuantitatif survei analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah 130 mahasiswa/i baru angkatan 2015 Fakultas Kedokteran Umum Universitas Malahayati yang merantau di Bandar Lampung, sampel diambil sebanyak 100 orang. Analisis data yang digunakan adalah chi square.
Hasil Penelitian: Sebagian besar mahasiswa/i baru termasuk dalam kategori tidak mandiri yaitu sebanyak 52 orang (52%). Sebagian besar penyesuaian diri mahasiswa/i baru yang merantau di Bandar Lampung, termasuk dalam kategori baik yaitu sebanyak 60 orang (60%). Ada hubungan antara kemandirian diri (p-value = 0,004 dan OR = 3,671) dan penyesuaian diri (p- value = 0,000 dan OR = 13,778) dengan stres pada mahasiswa/i baru angkatan 2015 FKU Universitas Malahayati yang merantau di Bandar Lampung. Kesimpulan: Ada hubungan antara kemandirian diri dan penyesuaian diri dengan stres pada mahasiswa/i baru angkatan 2015 FKU Universitas Malahayati yang merantau di Bandar Lampung.


Keywords


Kemandirian, penyesuaian diri, stres



DOI: https://doi.org/10.33024/jmm.v3i2.2012

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Medika Malahayati



PRODI KEDOKTERAN

FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MALAHAYATI