HUBUNGAN KEBERSIHAN WAJAH TERHADAP KEJADIAN AKNE VULGARIS PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI TANJUNGSARI LAMPUNG SELATAN TAHUN 2020

Hernowo Anggoro Wasono, Nopi Sani, Resati Nando Panongsih, Muhammad Shauma

Abstract


Banyak faktor yang menyebabkan timbulnya acne vulgaris, salah satunya kebersihan/higene wajah.penelitian ini ditujukan untuk mengetahui Hubungan Kebersihan Wajah Terhadap  Kejadian Akne Vulgaris Pada Siswa kelas X SMK Negeri Tanjungsari Lampung Selatan  Tahun 2020. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan rancangan penelitian observasional dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X SMK Negeri Tanjungsari Lampung Selatan sebanyak 77 orang. Kebersihan wajah diukur dengan menggunakan kuesioner dan akne vulgaris diukur dengan pemeriksaan fisik. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis yaitu uji statistic Chi square.penelitian ini didapatkan hasil dan kemudian diolah menggunakan SPSS 16. Penelitian ini menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara  kebersihan wajah dengan kejadian Akne vulgaris pada siswa kelas x smk negeri tanjungsari lampung selatan tahun 2020 (OR=6,62 dan p=0,000).

Keywords


Kebersihan Wajah, Akne Vulgaris, Siswa

References


Afriyanti, R. N. (2015). Acne Vulgaris Pada Remaja. Jurnal Majority, 4(6):102–109.

Andriani, RK. (2014). Pengaruh kebersihan Kulit Wajah Terhadap Kejadian Akne Vulgaris. Jurnal Kesehatan Masyarakat 4 (5).

Gollnick H. and Dreno B. (2015). Acne and management: Pathophysiology and management of acne. J European Academy of Dermatology and Venereology. 29(4): 1-2.

Hertanto, D. (2014). Hubungan Kebersihan Kulit Wajah dengan Kejadian Akne Vulgaris pada Siswa SMAN3 Klaten. Surakarta, Jawa Tengah, Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surakarta. [Skripsi].

Linuwih,S. (2016). Acne Vulgaris. Ilmu Penyakit Kulit Dan Kelamin. Jakarta: Erlangga. Edisi 7. Hal 289

Darleos, Z. (2006). The Effect of A Daily Facial Cleanser for Normal or oily Skin on The Skin Barrier of Subjects With Acne.Cutis 78 : 34-40

Legiawati, L. (2013). Peran Dermokosmetik pada tatalaksana Akne. Dalam: Simposium Nasional dan Pameran Dermatologi Kosmetik. Pearls ofCosmetic Dermatology. Jakarta.

Pasanda, A. (2016). Perbedaan Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Penjamah Makanan Sesudah Diberikan Penyuluhan Personal Hygiene di Hotel Patra Jasa Semarang Unimus Skripsi.

Saragih, D. (2016). Hubungan tingkat kepercayaan diri dan jerawat (Acne vulgaris) pada siswa - siswi kelas XII di SMA Negeri 1 Manado. eBiomedik, 4 (1).




DOI: https://doi.org/10.33024/jmm.v4i2.2461

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Medika Malahayati



PRODI KEDOKTERAN

FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MALAHAYATI