HUBUNGAN KARAKTERISTIK DAN AKTVITAS FISIK DENGAN TINGKAT HIPERTENSI PADA LANSIA DI PANTI SOSIALTRESNA WERDHA NATAR 2019

Festy Ladyani Mustofa, Arti Febriyani, Toni Prasetia, Ine Ahyar Hasriza

Abstract


Lanjut usia akan mengalami proses penuaan secara terus menerus dengan ditandai menurunnya daya tahan dan aktivitas fisik. Hasil Riskesdas 2013, penyakit terbanyak lanjut usia adalah Penyakit Tidak Menular antara lain hipertensi, Hipertensi pada usia lanjut mempunyai beberapa ciri khas, umunya disertai dengan faktor risiko yang lebih berat, sering disertai oleh berbagai penyakit lain yang bisa mempengaruhi penanganan hipertensi. Mengetahui hubungan antara karakteristik dan aktivitas fisik dengan tingkat hipertensi pada lansia di Panti Sosial Tresna Werdha Natar 2019. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode analitik observasional dengan menggunakan metode total sampling. Jumlah sampel yang memenuhi kriteria inklusi sebanyak 40 orang. Pengambilan data dimulai pada bulan Oktober-November 2019. Menggunakan data primer berupa kuisioner IPAQ (International Physical Activity Quistionnairre). Data dievaluasi dengan menggunakan program komputer SPSS 20 for windows. Dari hasil penelitian terdapat hubungan antara karakteristik dan aktivitas fisik dengan tingkat hipertensi yaitu untuk usia (p=0,010), untuk jenis kelamin (p=0,011), untuk penyakit lain (p=0,011) dan untuk aktivitas fisik (p=0,007. Terdapat hubungan antara karakteristik dan aktivitas fisik dengan tingkat hipertensi pada lansia di Panti Sosial Tresna Werdha Natar 2019.

Keywords


Aktivitas Fisik, Hipertensi, Karakteristik, Lansia

References


BPS. (2010). Survei Badan Pusat Statistik. Provinsi Lampung.

Indra, K. (2015). Diabetes Melitus Tipe II Pada Usia Lanjut. Maj Kedokteran Indonesia, Vol. 60, No. 12.

Kemenkes. (2016). Infodatin Lansia Jakarta.

Kemenkes. (2018). Aktivitas Fisik Untuk Lansia. Jakarta.

Kemenkes. (2018). Lansia Sejahtera, Masyarakat Bahagia.Jakarta.

Pusdatin. (2014). Situasi dan Analisis Lanjut Usia, s.l.: Kementrian Kesehatan RI.

Sauliyusta, M & Rekawati E. (2016). Aktivitas Fisik Memengaruhi Fungsi Kognitif Lansia. Jurnal Keperawatan 19, no. 2, hh. 71-77.

Tri N. (2014). Hubungan Karakteristik (Umur, Jenis Kelamin, Tingkat Pendidikan) Dan Aktivitas Fisik Dengan Tekanan Darah Pada Lansia Di Kelurahan Makam haji Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo {Skripsi}. Surakarta : Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Zainuddin, A. & Yunawati, I. (2019). Asupan Natrium Dan Lemak Berhubungan Dengan Kejadian Hipertensi Pada Lansia Di Wilayah Poasia Kota Kendari. In Seminar Nasional Teknologi Terapan Berbasis Kearifan Lokal Vol. 1, No. 1.




DOI: https://doi.org/10.33024/jmm.v4i2.2522

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Medika Malahayati



PRODI KEDOKTERAN

FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MALAHAYATI