PERBANDINGAN INDEKS ERITROSIT PADA SAMPEL DARAH 3 mL, 2 mL, DAN 1 mL DENGAN ANTIKOAGULAN K2EDTA DI RSUD DR. H. ABDUL MOELOEK BANDAR LAMPUNG

Syuhada Syuhada, Tusy Triwahyuni, Amalia Dwi Nugraheni

Abstract


Penetapan hasil didalam laboratorium berdasarkan kondisi pre analitik, analitik, post analitik yang baik salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam pemeriksaan hematologi di laboratorium adalah penggunaan antikoagulan dalam pengambilan darah. Tabung vacutainer berisi antikoagulan K2EDTA banyak digunakan sebagai penampung darah karena mempunyai ketepatan kadar antikoagulan yang baik. Volume darah yang tidak sesuai dalam tabung vacutainer sangat berpengaruh pada ketepatan hasil laboratorium. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan indeks eritrosit pada volume sampel darah 3 mL, 2 mL, dan 1 mL dengan antikoagulan K2EDTA. Penelitian ini menggunakan data primer dengan pemeriksaan hematologi di UTD RSUD Dr. H. Abdul Moeloek Bandar Lampung. Jenis Penelitian ini adalah Kuantitatif menggunakan desain analitik observasional dengan pendekatan cross sectional melalui pemeriksaan hematologi menggunakan alat Hematology Alayzer Mindray BC-3600 dengan jumLah sampel 40 responden yang memenuhi kriteria inklusi dan kriteria eksklusi. Hasil pemeriksaan indeks eritrosit menunjukkan rerata nilai MCV, MCH, dan MCHC pada tabung dengan 3 mL darah (86,4 fl; 28,9 pg; 33,6%) tabung dengan 2 mL darah (86,5 fl; 28,7 pg; 33,5%) tabung dengan 1 mL darah (86,3 fl; 28,9 pg; 33,5%). Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan secara signifikan antara pemeriksaan indeks eritrosit dengan volume sampel darah 1 mL, 2 mL, dan 3 mL pada tabung vacutainer K2EDTA.

Keywords


Pemeriksaan Hematologi, Volume Darah, K2EDTA

References


Alavi, N., Khan, S. H., Saadia, A., & Naeem, T. (2020). Challenges in preanalytical phase of laboratory medicine: Rate of blood sample nonconformity in a tertiary care hospital. Electronic Journal of the International Federation of Clinical Chemistry and Laboratory Medicine 31(1): 21–27.

Cahyani. R. W. D. (2018). Pengaruh JumLah Volume Darah Dalam Tabung Vacutainer K2EDTA dan K3EDTA Terhadap Pemeriksaan Darah Lengkap. [Skripsi]. Bandung: Jurusan Analisis Kesehatan Politeknik Kesehatan Bandung. http://repository.poltekkesbdg.Info /items/show/3129.

Dayalan, S., Subbarayan, D., Radha, R. N., Raghavan, V., & Mohandas, S. (2020). Underfilled K2EDTA Vacutainer on Automated Haematological Blood Cell Indices To Reject or Reconsider?. Journal of Clinical and Diagnostic Research 14(3): 18–20.

Destanto, G. D. (2012). Pengaruh Volume Darah Pada Tabung Vakum Dengan Antikoagulan EDTA Terhadap Indeks Eritrosit Pada Pasien Anemia. [Skripsi]. Makassar: Program Konsentrasi Teknologi Laboratorium Kesehatan.

Junitasari, D., Sukeksi, A., Santosa, B. (2017). Perbedaan Hasil Pemeriksaan Darah Rutin Pada Pemberian Antikoagulan EDTA Konvensional Dengan EDTA Vacutainer. [Diploma Thesis]. Program Studi DIII Analis Kesehatan Fakultas Ilmu Keperawatan dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Semarang. http://repository. unimus .ac.id/id/eprint/392

Nemec, A. Kosorok, M. D. Butinar, J. (2005). The Effect of High Anticoagulant K3EDTA Concentration on Complete Blood Count and White Blood Cell Differential Counts in Healthy Beagle Dogs. Slovenian Veterinary Research 42: 65-70.

Novel. S, Apriyani. R, Setiadi. H, Safitri. R. (2012). Biomedik. Jakarta: Trans Info Media.

Sinaga, H., Tominik, V.I., Hardiyanti, M. (2018). Perbedaan Jumlah Eritrosit Antara Darah yang Sebanding dan Tidak Sebanding dengan K2EDTA. Jurnal Kesehatan Saelmakers Perdana 1(1): 8-12.

Syauqiah, N. R. (2018). Studi Kualitas Pemantapan Mutu Internal Pra Laboratorium Rumah Sakit Roemani. [Skripsi]. Semarang: Program Studi DIV Analisis Kesehatan Universitas Muhammadiyah Semarang.

Tominik, V. I. (2017). Dampak Volume Darah Dalam Tabung K2EDTA Dengan Hasil Jumlah Leukosit. Masker Medika, 5(2): 612-617.

Widiawati., Santosa. B., Nuroini. F. (2018). Perbedaan Hasil Pemeriksaan Nilai Indeks Eritrosi Menggunakan Antikoagulan Na2EDTA Dan K3EDTA. [Skripsi]. Semarang: Program Studi DIV Analisis Kesehatan Universitas Muhammadiyah Semarang.

Wirawan, R. (2011). Pemeriksaan Laboratorium Hematologi Edisi Pertama. Jakarta: FKUI.




DOI: https://doi.org/10.33024/jmm.v5i1.4108

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Medika Malahayati



PRODI KEDOKTERAN

FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MALAHAYATI