PNEUMONIA KOMUNITAS PADA PENDERITA TBC KASUS KAMBUH DENGAN DM TIPE 2 (LAPORAN KASUS)

Fransiska TY Sinaga, Pralia Winda Sari

Abstract


 

Abstrak : Pneumonia Komunitas Pada Penderita TB Kasus Kambuh dengan DM tipe 2 (Laporan Kasus). Pneumonia komunitas adalah peradangan akut pada parenkim paru yang didapat di masyarakat. Insidens pneumonia komunitas meningkat pada orang dengan penyakit komorbid antara lain diabetes mellitus dan tuberculosis. Seorang wanita berusia 54 tahun datang ke RS dengan keluhan sesak nafas, demam, nyeri dada sebelah kiri terutama saat batuk, nafsu makan menurun, berat badan turun dan lemas. Riwayat diabetes, Tuberkulosis dan paparan asap rokok. Pada pemeriksaan fisis paru ditemukan adanya penurunan fremitus taktil di bagian tengah dan bawah paru kiri dan peningkatan fremitus taktil di bagian atas dan bawah paru kiri, redup di tengah lapang paru kiri, penurunan bunyi napas di tengah paru kiri, namun terdapat bunyi broncho vesikular dan ronchi di bagian atas dan bawah paru kiri. Analisis gas darah menunjukkan alkalosis pernafasan, laboratorium menunjukkan hasil leukosit normal, peningkatan neutrofil segmental, ketidakseimbangan elektrolit dan peningkatan glukosa darah. Pada rontgen dada Konsolidasi dan kavitas pada apeks paru kiri dan infiltrat pada medial paru kiri, hasil bronkoskopi menunjukkan jaringan parut di sepanjang mukosa bronkus. CT scan menunjukkan kavitas dengan lesi isodense intracavitary, konsolidasi, air bronchogram, pohon infiltrasi dan massa di paru kiri.

Keywords


Pneumonia Komunitas; Alkalosis Respiratorik; Tuberkulosis

References


Perhimpunan Dokter Paru Iindonesia. Guideline Pneumonia Komunitas PDPI 2014. Perhimpunan Dokter Paru Iindonesia. 001:1-78. (2014).

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Pedoman Nasional Tatalaksana Kedokteran : Tatalaksana Tuberkulosis. Kemenkes : 2020.

World Health Organization. Tuberculosis. WHO : 2022.

Ashley C. Rider, Bradley W. Frazee. Community-Acquired Pneumonia. Emergency Medicine Clinic. No. 36 (2018).

Metlay JP, Waterer GW, Long AC, Anzueto A, Brozek J, Crothers K, Cooley LA, Dean NC, Fine MJ, Flanders SA, Griffin MR. Diagnosis and treatment of adults with community-acquired pneumonia. An official clinical practice guideline of the American Thoracic Society and Infectious Diseases Society of America. American journal of respiratory and critical care medicine. 200(7):e45-67. (2019).

PDPI. 2003. Pneumonia komuniti-pedoman diagnosis dan penatalaksaan di Indonesia. Perhimpunan Dokter Paru Indonesia.

Dahlan Z. 2009. Pneumonia, dalam Sudoyo AW, dkk (editor). Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam Edisi V. Jakarta: Pusat Penerbitan Departemen Ilmu Penyakit Dalam Universitas Indonesia.

Luttfiya MN, Henley E, Chang L. Diagnosis and treatment of community acquired pneumonia. American Family Physician. 2010;73(3):442-50.

Task Force on CAP. Philippine Clinical Practice Guidelines on the Diagnosis, Empiric Management, and Prevention of Community-acquired Pneumonia (CAP) in Immunocompetent Adults. 2010




DOI: https://doi.org/10.33024/jmm.v6i4.9172

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Medika Malahayati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

PRODI KEDOKTERAN

FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MALAHAYATI