SOSIALISASI UPAYA PENATALAKSANAAN DAN PENCEGAHAN ASMA BRONKIAL

Nofita Nofita, Aulia Fitri Handayani Siregar, Aulia Gita Wardhani, Dimas Ramadhan

Sari


Asma bronkial merupakan penyakit kronis saluran pernapasan yang ditandai oleh inflamasi, peningkatan reaktivitas terhadap berbagai stimulus, dan sumbatan saluran napas yang bisa kembali spontan atau dengan pengobatan yang sesuai. Meskipun pengobatan efektif telah dilakukan untuk menurunkan morbiditas karena asma, keefektifan hanya tercapai jika penggunaan obat telah sesuai. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mensosialisasikan upaya penatalaksanaan dan pencegahan terjadinya asma bronkial di SDN 1 Karang Maritim. Metode yang digunakan adalah penyuluhan berupa tampilan media persentasi serta tanya jawab. Hasil kegiatan yang didapatkan bahwa tingkat pemahaman masyarakat mengenai penatalaksanaan dan upaya pencegahan asma bronkiale terdapat peningkatan. Dilihat dari peserta yang antusias untuk bertanya dan feedback dari peserta penyuluhan ini dinilai menarik dan bermanfaat. Kegiatan ini dilakukan oleh mahasiswa prodi Farmasi dari Universitas Malahayati Bandar Lampung.

 

Kata Kunci: Asma bronkial, Penatalaksanaan, Pencegahan.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alsagaff, H. Dan Mukty, A. 2006. Dasar-dasar Ilmu Penyakit Paru. Surabaya: Airlangga University Press.

Berenguer, B.; La Cassa, C.; de La Matta, M.J.; & Martin-Calero, M.J. 2004. Pharmaceutical Care: Past, Present and Future. Curr. Pharm.10(31):3931-46.

Departemen Kesehatan RI. (2009). Pedoman pengendalian penyakit asma. Jakarta: Departemen Kesehatan republik indonesia

Direktorat Bina Farmasi Komunitas Dan Klinik. 2007. Pharmaceutical Care Untuk Penyakit Asma. [Diakses pada tanggal 06 Agustus 2022 pukul 15.00]

Gibbs, K.; Small, M.; Asthma. In: Walker, R,; & Clive, E. 2003. Clinical Pharmacy and Therapeutics. 3rd ed. Churchill Livingstone. p375-398.

Global Initiative for Asthma. 2010,Global Strategy for Asthma Management & Prevention (Update).

Lahdensuo, A.; Haahtela, T.; Herrala, J.; Kava, T.; Kiviranta, K.; Kuusisto, P.; Perämäki, E.; Poussa, T.; Saarelainen, S.; & Svahn, T. 1996. Randomised comparison of guided self management and traditional treatment of asthma over one year. BMJ. 312:748-52.

Mangunrejo, H.; Widjaja, A.; Kusumo, D.; Sutoyo.; Yunus, F.; Pradjnaporamita. 2004, Pedoman Diagnosis dan Penatalaksanaan di Indonesia: Asma. Perhimpunan Dokter Paru Indonesia.

Somantri, I. 2009. Asuhan Keperawatan pada Klien dengan Gangguan Sistem Pernafasan. Jakarta: Penerbit Salemba Medika.

World Health Organization. 2011. The Publich Health Implication of Astma. Bulletin of The Publich Health Revier




DOI: https://doi.org/10.33024/jpfm.v6i1.10769

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##