PENGENALAN APOTEKER CILIK (APOCIL) SISWA SDN 17 GEDONG TATAAN KABUPATEN PESAWARAN

Shela Syafitri, Rachmi Nurkhalika, Shela Ajeng Larasati, Septi Nurhaliza S

Sari


Apoteker cilik merupakan sebuah gagasan sebagai upaya dalam membangkitkan eksistensi profesi apoteker yang lebih nyata. Penjelasan tersebut menjadi dasar penting diadakannya branding profesi apoteker sejak dini terutama dikalangan siswa sekolah dasar. Kegiatan ini berupa edukasi apoteker cilik terkait penggunaan obat yang mengangkat tema bersama apoteker mengenali obat sejak usia dini, sehingga sasaran kegiatan ini bagi para siswa SD disejumlah sekolah yang telah dipilih. Tujuan dari sosialisasi ini yakni untuk dapat memberikan pemahaman dan pengenalan akan Apoteker Cilik (Apocil) kepada siswa SDN 17 Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran juga untuk menambah pengetahuan siswa mengenai macam-macam sediaan obat dan cara penanganan obat yang baik dan benar. Metode yang digunakan yaitu metode ceramah dengan memaparkan tentang pengenalan apoteker, apoteker cilik dan pengenalan obat-obat pada anak-anak dan diperoleh hasil yaitu terdapat peningkatan yang signifikan (p-value 0,000) antara pengetahuan sebelum dilakukan penyuluhan (Pre-Test) didapat rata – rata sebesar 54,10 dengan Standar Deviasi (SD) 17.158. Pada saat setelah dilakukan penyuluhan (Post-Test) diperoleh rata – rata sebesar 97,75 dengan Standar Deviasi (SD) 5.495.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adhikary, M., Tiwari, P., Singh, S., & Karoo, C. (2014). Study of self medication practices and its determinant among college students of Delhi University North Campus, New Delhi, India. International Journal of Medical Science and Public Health, 3(4), 406. https://doi.org/10.5455/ijmsph.2014.260120146

Andriana, I., & Putri, D. L. P. (2020). Edukasi Apoteker Cilik “Bersama Apoteker Mengenal Obat Sejak Dini” di MI Negeri 3 Jogoroto Jombang. Prosiding SENFIKS (Seminar Nasional Fakultas Ilmu Kesehatan Dan Sains), 1(1), 32–40. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENFIKS/article/view/1670

Anidya, C. M., Taufikurrakhman, A., Akbar, Z., & Ningsih, E. S. (2013). Acil “Apoteker Cilik”: Upaya Membangkitkan Eksistensi Profesi Apoteker Dan Sistem Interpersonal Education Profesi Kesehatan Sejak Dini. Khazanah, 6(1), 35–40. https://doi.org/10.20885/khazanah.vol6.iss1.art4

Octavia, D. R., & Aisyah, M. (2019). Pelatihan Apoteker Cilik Siswa Sekolah Dasar Dalam Upaya Penggunaan Obat Yang Tepat Di Lamongan. JCES (Journal of Character Education Society), 2(2), 1–10. http://journal.ummat.ac.id/index.php/JCES/article/view/1482

Sugihartini, N., Ristiono, H., & Yuwono, T. (2018). PELATIHAN APOTEKER CILIK UNTUK SISWA SD KELAS 5 Alat dan Bahan. Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Vol., 2(3), 393–398.

Syamsuni. H. A. (2005). Ilmu Resep. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.




DOI: https://doi.org/10.33024/jpfm.v6i2.13636

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##