PENYULUHAN MENGENAI PENCEGAHAN PENULARAN PENYAKIT CHIKUNGUNYA KEPADA MASYARAKAT DI BALAI DESA KEDIRI KECAMATAN GADINGREJO PRINGSEWU

Tutik Tutik, Sherin Malinda, Yolanda Nasution, Yulita Yulita, Yunmalinda Yunmalinda

Sari


Chikungunya adalah penyakit menular yang disebabkan oleh vius chikungunya yang ditularkan melalui nyamuk Aedes aegyti, bersifat self limiting deases (dapat sembuh sendiri), tidak menyebabkan kematian, dan diikuti dengan adanya imunitas di dalam tubuh penderita. Gejala ini menyerupai Demam Berdarah Dengue, tetapi pada Chikungunya tidak terjadi perdarahan hebat, renjatan (Schok) ataupun kematian. Seringkali demam ini dikatakan sebagai flu tulang karena satu di antara gejala yang khas adalah timbulnya rasa pegal-pegal, ngilu, juga timbul rasa sakit pada tulang-tulang. Pencegahan dapat dilakukan dengan mengendalikan nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus si pembawa virus, untuk memutus rantai penularan. Karena vektor chikungunya sama dengan vektor demam berdarah dengue, maka upaya pencegahan ini berlaku juga untuk mencegah penularan demam berdarah.  Sasaran penyuluhan ini adalah masyarakat yang masih kurangnya pengetahuan tentang bahaya penyakit chikungunya dengan tujuan umum untuk meningkatkan pemahaman akan pentingnya pengetahuan tentang penanganan chikungunya. Kemudian memiliki tujuan agar masyarakat mampu mengetahui pencegahan dan cara pengobatan dari penyakit chikungunya tersebut.

 

Kata kunci : Chikungunya, Aides aegyti, Penyuluhan


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amirullah, A., & Astuti, E. P. (2011). Chikungunya: Transmisi dan Permasalahannya. Aspirator Journal of Vector-Borne Diseases, 3(2), 53915.

Chusniasih, D., Putri, A., & Sobirin, S. (2019). PENYULUHAN PENYAKIT MALARIA DI POSYANDU LANJUT USIA (LANSIA) UPT PUSKESMAS RAWAT INAP GADINGREJO, KABUPATEN PRINGSEWU. Jurnal Pengabdian Farmasi Malahayati (JPFM), 2(2).

Dinas Kesehatan Kabupaten Tulang Bawang Barat. 2009. Profil Kesehatan Kabupaten

Tulang Bawang Barat Tahun 2009. Dinkes Kabupaten Tulang Bawang Barat.

Hadi, U. K. (2013). Penyakit Tular Vektor: Penyakit Chikungunya.




DOI: https://doi.org/10.33024/jpfm.v5i1.5788

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##