PENTINGNYA MENGONSUMSI MAKANAN BERGIZI DAN SUPLEMEN KESEHATAN UNTUK MENCEGAH STUNTING PADA SISWA SD NEGERI 1 PANJANG UTARA

Putri Amalia, Nabil Akmal Mua'fi, Nadia Ariska, Ni Komang Ayu Fatmawati

Sari


Stunting masih menjadi masalah serius di Indonesia. Stunting adalah gangguan tumbuh kembang yang dialami anak akibat kekurangan asupan gizi, infeksi berulang, dan stimulasi psikososial yang tidak memadai. Stunting berdampak pada perkembangan kognitif, motorik, dan verbal anak yang dapat berujung pada terjadinya obesitas, penurunan kapasitas belajar dan performa anak sehingga produktivitas dan kapasitas kerja menjadi tidak optimal.  Salah satu faktor penyebab stunting, yaitu kekurangan asupan gizi seperti vitamin, mineral, dan suplemen kesehatan. Berdasarkan observasi awal diketahui bahwa siswa SD Negeri 1 Panjang Utara belum mengetahui tentang stunting. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat melalui penyuluhan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan tentang pentingnya mengonsumsi makanan bergizi dan suplemen kesehatan untuk mencegah stunting kepada siswa/i. Metode penyampaian materi pada kegiatan ini dalam bentuk ceramah, diskusi, dan tanya jawab.  Hasil kegiatan diperoleh bahwa tingkat pemahaman siswa/i SD Negeri 01 Panjang Utara tentang pentingnya mengonsumsi makanan bergizi dan suplemen kesehatan untuk mencegah stunting mengalami peningkatan pemahaman dan pengetahuan.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Kamaruddin, I., Iseu S.A., Prasanti A., Elita E.M., M. Nur D.K., Fitri W., Dea A.C., Agus P.M., St. Masithah, Anis L.M., Diaz C.R.K., Mardiana. 2022. Gizi Dalam Daur Kehidupan. Tasikmalaya: Get Press.

Kementerian Kesehatan. 2018. Hasil Riset Kesehatan Dasar Tahun 2018. Jakarta: Kementerian Kesehatan.

Menteri Koordinasi Bidang Kesejahteraan Rakyat. 2013. Pedoman Perencanaan Program Gerakan Nasional Percepatan Perbaikan Gizi Dalam Rangka Seribu Hari Pertama Kehidupan (Gerakan 1.000 HPK). Jakarta: Kementerian Koordinasi Bidang Kesejahteraan Rakyat.

Nuraini. 2020. Pembentukan Karakter Pada Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Mamajang Kota Makasar. Al-Riwayah : Jurnal Kependidikan. 12(2) : 367-386.

Poedjiadi, A. 2006. Dasar-Dasar Biokimia. Jakarta: UI Press.

Rahayu, A., Fahrini Y., Andini O.P., dan Lia A. 2018. Buku Referensi Study Guide-Stunting dan Upaya Pencegahannya Bagi Mahasiswa Kesehatn Masyarakat. Yogyakarta: CV. Mine.

Siswati, T. 2018. Stunting. Yogyakarta: Husada Mandiri.

Sudargo, T., Harry F., Nur A.K., dan Felicia R. 2018. Pola Makan dan Obesitas. Yogyakarta: UGM Press.

Sudargo, T., Tira A., dan Aulia A. 2018. 1.000 Hari Pertama Kehidupan. Yogyakarta: UGM Press.

Triana, V. 2006. Macam-Macam Vitamin dan Fungsinya Dalam Tubuh Manusia. Andalas Journal of Public Health. 1(1).




DOI: https://doi.org/10.33024/jpfm.v5i2.8805

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##