PENYULUHAN SWAMEDIKASI BATUK DAN PILEK SECARA FARMAKOLOGI DAN TRADISIONAL DI PUSKESMAS WATES GADING REJO KABUPATEN PRINGSEWU

Gusti Ayu Rai Saputri, Arta Arum Cahyani, Bagas Tirangga, Diajeng Camila, Elvina Rosalia, Elza Reihana, Erisa Mutiara Rahma Delvina, Leony Ekanuari Chandra

Sari


Penyakit batuk dan pilek merupakan penyakit yang sering dialami oleh setiap orang khususnya masyarakat Pekon Wates Gading Rejo Kabupaten Pringsewu, sehingga banyak penggunaan atau permintaan akan obat–obatan batuk dan pilek pada pengobatan sendiri (swamedikasi). Oleh karena itu, setiap warga membutuhkan pengendalian obat–obatan batuk dan pilek dalam pelayanan swamedikasi, agar pengelolaan dari masing- masing obat lebih mudah karena sudah adanya pengetahuan tentang swamedikasi untuk penyakit tersebut secara farmakologi maupun tradisional. Tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang swamedikasi yang dapat dilakukan pada penyakit batuk dan pilek. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 11 Desember 2020 bertempat di Puskesmas Gading Rejo. Adapun hasil yang di dapat dari kegiatan ini adalah dewasa-lansia dapat langsung mendapatkan informasi kesehatan dan dapat meningkatkan pengetahuan akan swamedikasi yang dapat dilakukan untuk penyakit batuk dan pilek yang bisa dilakukan secara farmakologi dan tradisional.

Kata kunci: batuk dan pilek, swamedikasi, farmakologi, tradisional

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Mufarrohah, M. 2020. PROFIL PELAYANAN SWAMEDIKASI OBAT BATUK PILEK DI APOTEK MIDA FARMA GRESIK (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Gresik).

Widayati, Aris. 2013. Swamedikasi di kalangan masyarakat perkotaan di kota Yogyakarta. Jurnal Farmasi Klinik Indonesia 2.4 (2013): 145-152.




DOI: https://doi.org/10.33024/jpfm.v4i1.4833

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##