PENYULUHAN PENGGUNAAN OBAT PENYAKIT DEGENERATIF PADA LANSIA SAAT PUASA DI PUSKESMAS GADING REJO KABUPATEN PRINGSEWU LAMPUNG

Nofita Nofita, Davit Muhamad Muslim, Chusairil Pasa

Sari


Penyakit degeneratif mengacu pada kondisi kesehatan seseorang akibat memburuknya suatu jaringan atau organ seiring dengan waktu. Penyakit ini terjadi karena adanya perubahan pada sel-sel tubuh yang akhirnya mempengaruhi fungsi organ secara menyeluruh. Proses penuaan adalah penyebab penyakit degeneratif yang umum. Diantara penyakit degeneratif, prevalensi yang paling banyak adalah DM, Cardiovascular disease. Bulan suci Ramadhan 1440H yang merupakan kewajiban umat Islam untuk melaksanakan ibadah puasa selama 30 hari pada bulan tersebut. Bagi mereka yang tidak dalam kondisi sehat dan ingin tetap melaksanakan ibadah puasa tentunya akan mempengaruhi pola penggunaan obat yang berbeda dari hari-hari biasa. Perubahan jadwal penggunaan obat perlu diperhatikan agar tidak mempengaruhi efek terapi yang sedang dijalani. Penyuluhan dilakukan dengan metode ceramah, tanya jawab, dan kuisioner. Terdapat peningkatan antara sebelum dan sesudah penyuluhan dilakukan yang memberikan yang memberikan peningkatan pengetahuan pada peserta, yang dapat bermanfaat bagi mereka yang ingin melaksanakan puasa dalam kondisi tidak sehat tanpa mempengaruhi terapi yang sedang dijalani.

 

Kata kunci : Penyakit degeneratif, penggunaan obat, bulan puasa, lansia.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aadil N. 2015. Drug Intake During Ramadan. BMJ vol 329, 2 Oktober 2014

Badan Pusat Statistik. Sensus Penduduk Tahun 2010. www.bps.go.id. Diakses pada 12 Mei 2019.

Badan Statistik Kabupaten Pringsewu. Pringsewukab.bps.go.id. Diakses pada 12 Mei 2019.

Fariduddin. 2016. Frequently asked questions for safe fasting in Ramadan : How to adjust drugs?. Bangladesh Medical Journal, July 2016.

Malinda, H. dan Herman, M. 2015. Gambaran Penggunaan Obat Antidiabetik Pada Pengobatan Pasien Diabetes Mellitus Tipe 2 Rawat Jalan di RSUP dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar. As-Syifaa. 07(01): 93.

Sari, F. D., Inayah, dan Hamidy, M. Y. 2016. Pola Penggunaan Obat Antihiperglikemik Oral Pada Pasien Diabetes Mellitus Tipe 2 Rawat Inap Di Rumah Sakit X Pekanbaru Tahun 2014. Jom FK. 3(1):1-14.

Sutisna. 2013. Preventif Penyakit Degeneratif Dengan Pola Hidup Ala Rosulullah SAW. Prosiding Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta, 31 Maret 2013. Hal. 1-6.

Wikipedia Ensiklopedia. 2014. Gadingrejo, Pringsewu. Wikipedia Bahasa Indonesia. Diakses pada tanggal 12 Mei 2019. Url : https://id.m.wikipedia.org/wiki/gadingrejo_pringsewu.




DOI: https://doi.org/10.33024/jpfm.v2i2.3234

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##