CERDAS DALAM MENGGUNAKAN OBAT MUNTABER

Nofita Nofita, Alexander Zultoni, Bian Tiara Putri, Clarissa Agie Novilda, Febi Dian Nadera, Ibnu Fajar

Sari


Muntaber merupakan peradangan yang terjadi pada saluran pencernaan khususnya lambung,usus besar,dan usus kecil. Berdasarkan data yang diperoleh dari desa kalirejo secara keseluruhan di laporkan pada 2021 bulan September mencapai

163 kasus muntaber. Kegiatan pengbadian masyarakat ini untuk memberikan informasi serta pengetahuan kepada masyarakat mengenai cerdas dalam menggunakan obat muntaber. Metode yang digunakan adalah dengan metode ceramah,diskusi dan tanya jawab. Dengan alat bantu kuesioner, dan pamflet. Hasil kegiatan didapatkan bahwa tingkat pemahaman masyarakat mengenai muntaber mengalami peningkatan pengetahuan dan keterampilan hal ini dapat dilihat dari nilai kenaikan kuesioner awal dan akhir.

 

Kata Kunci : Muntaber, Nutrisi, Penyuluhan.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Wati, P. D. C. A., & Ridlo, I. A. (2020). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada Masyarakat di Kelurahan Rangkah Kota Surabaya. Jurnal Promkes: The Indonesian Journal of Health Promotion and Health Education, 8(1), 47-58.

Indriyani, F., Mursudarinah, M., & Dwi Prajayanti, E. (2019). Gambaran Praktik Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Pada Kejadian Muntaber Di Wilayah Kerja Puskesmas Pucangsawit Surakarta (Doctoral Dissertation, Stikes'aisyiyah Surakarta).

Mulya, S. P., & Suwarno, Y. (2015). Pemetaan Potensi Epidemi Muntaber Di Kabupaten Kepulauan Mentawai, Provinsi Sumatera Barat. Majalah Ilmiah Globe, 17(2), 145-153.

Kementrian kesehatan RI 2011.Situasi Diare Di Indonesia.Jakarta: Kemenkes RI

ADRIANSYAH, F., Semil, N., & Budiarto, G. (2020). Kualitas Pelayanan Pasien Rawat Inap Di Puskesmas Kecamatan Gelumbang (Doctoral Dissertation, Sriwijaya Universita




DOI: https://doi.org/10.33024/jpfm.v5i1.7706

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##