PENYULUHAN APOTEKER TENTANG “PENCEGAHAN ALERGI DALAM KELUARGA DAN MASYARAKAT” DI DUSUN PASUTAN, DESA TRIRENGGO, BANTUL, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Annisa Fatmawati

Sari


Perubahan pola kehidupan masyarakat modern membuat angka kejadian penyakit alergi semakin meningkat dari tahun ke tahun terutama kasus alergi pada anak. Di Indonesia berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan di kota Yogyakarta, terdapat prevalensi yang tinggi pada rhinitis alergi pada anak-anak usia sekolah dan pra sekolah. Oleh karena itu perlu adanya edukasi kepada masyarakat mengenai alergi, sehingga masyarakat dapat mengenali dan menangani resiko kejadian alergi dengan tepat. Berdasarkan informasi yang di peroleh, peserta kelompok PKK Dusun Pasutan, Desa Trirenggo, Kecamatan Bantul, DIY, belum pernah mendapatkan informasi tentang pencegahan alergi sehingga perlu dilakukan sosialisasi tentang pencegahan alergi dalam keluarga dan masyarakat. Kegiatan penyuluhan ini diharapkan peserta PKK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga) dapat membagikan informasi tentang pencegahan alergi, sehingga dapat meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah survei lokasi dan peserta, pelaksanaan sosialisasi dengan cara penyuluhan, diskusi interaktif, dan pambagian kuisioner. Kegiatan penyuluhan pencegahan alergi berjalan dengan lancar. Peserta yang hadir pada penyuluhan dari PKK Dusun Pasutan sebanyak 32 orang memahami tentang pencegahan alergi, secara signifikan hingga 100%. Para peserta yang hadir sangat antusias dalam mendengarkan penjelasan dan aktif bertanya terkait pencegahan dan rekomendasi terapi alergi. Kegiatan ini mendukung program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) bersama Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Kabupaten Bantul.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Duhita, Kintan Amalia Narendra, dr. Dwikisworo Setyowireni, Sp.A(K); dr. Rina Triasih, M.Med(Paed), Ph.D, Sp.A(K). 2018. Prevalensi Penyakit Alergi pada Anak Usia 6-7 Tahun dan 13-14 Tahun di Daerah Istimewa Yogyakarta . Skripsi| S1 Kedokteran, Universitas Gadjah Mada.

Fia, Fia, Johan , Chrismerry Song, Christian Wijaya. 2019. Penyuluhan Penatalaksanaan Alergi Yang Memberikan Keluhan Kulit Gatal Pada Lansia Di Panti Werdha Salam Sejahtera. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia. ISSN 2620-7710, Vol. 2, No. 2, November 2019, Hal. 275-280.

Hikmah, Nuzulul dan I Dewa Ayu Ratna Dewanti. 2015. Seputar Reaksi Hipersensitivitas (Alergi). STOMATOGNATIC-Jurnal Kedokteran Gigi 7 (2), halaman 108-112.

Rinawarti, Fitria. 2017. Hubungan Peran Dan Pengetahuan Ibu Dalam Pencegahan Kekambuhan Alergi Makanan Pada Balita. Jurnal Berkala Epidemilogi, Vol.5, No.1, halaman 118-129

Siregar, Sjawitri P, Munasir Zakiudin. 2016. Pentingnya Pencegahan Dini dan Tata laksana Alergi Susu Sapi. Sari Pediatri, Vol. 7, No. 4, Maret 2006: 237 - 243.

Ulfa, Ade Maria, Jefri Kurniawan , Chusairil Pasa. 2019. Penyuluhan tentang DAGUSIBU “Obat Tetes Telinga” Di Posyandu Lansia Puskesmas Gadingrejo Pringsewu. Jurnal Pengabdian Farmasi Malahayati Vol. 2 No. 1, April 2019




DOI: https://doi.org/10.33024/jpfm.v4i2.4938

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##