PENINGKATAN PENGETAHUAN TENTANG PRINSIP DAGUSIBU SUPLEMEN ZAT BESI UNTUK ANAK DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 PANJANG UTARA

Dwi Susanti, Naila Saputri, Nanda Pinata, Nescyaulia Agusti Pusparida

Sari


Saat ini permasalahan stunting menjadi perhatian utama khususnya di negara berkembang termasuk Indonesia. Salah satu penyebab stunting yaitu kekurangan zat besi. Berdasarkan hasil observasi diketahui bahwa pengetahuan tentang Prinsip DAGUSIBU Suplemen Zat Besi untuk anak di SD Negeri 1 Panjang Utara masih rendah. Penyuluhan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan anak sekolah dasar tentang Prinsip DAGUSIBU Suplemen Zat Besi. Metode yang digunakan adalah metode ceramah, diskusi, dan tanya jawab. Hasil penyuluhan menunjukkan bahwa pengetahuan tentang Prinsip DAGUSIBU Suplemen Zat Besi untuk anak di SD Negeri 1 Panjang Utara meningkat setelah dilakukan penyuluhan. Rata-rata nilai posttest (71,1) lebih tinggi dibandingkan nilai pretest (40,7). Terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pretest dan posttest dengan nilai signifikansi sebesar p=0,001 (p-Value <0,05). Hal ini menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan tentang Prinsip DAGUSIBU Suplemen Zat Besi meningkat setelah dilakukan penyuluhan.

Kata Kunci: Penyuluhan, DAGUSIBU, Suplemen Zat Besi, Pengetahuan


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Kattalin A. (2011). Optimal Management of Iron Deficiense Anemia Do To Poor Dietary. International Journal of General Medicine, 4: 741–750.

Kemenkes RI. (2021). Buku Saku Hasil Studi Status Gizi Indonesia (SSGI) Tingkat Nasional, Provinsi dan Kabupaten/Kota Tahun 2021. Humas Litbangkes.

Lutfiyati, H., Fitriana Yuliatuti, & Dianita, P. S. (2017). Pemberdayaan Kader PKK dalam Penerapan DAGUSIBU (Dapatkan, Gunakan, Simpan, dan Buang) Obat dengan Baik dan Benar. The 6th University Research Colloquium 2017. Universitas Muhammadiyah Magelang, (1) 9–14.

Purwidyaningrum, I., Peranginangin, J. M., Mardiyono, M., & Sarimanah, J. (2019). Dagusibu, P3K (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan) di Rumah dan Penggunaan Antibiotik yang Rasional di Kelurahan Nusukan. Journal of Dedicators Community, 3(1), 23–43. https:// doi.org/10.34001/jdc.v3i1.782.




DOI: https://doi.org/10.33024/jpfm.v6i1.8781

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##