SOSIALISASI PENGEMBANGAN UMKM DAN PEMASARAN GUNA MENINGKATKAN PENJUALAN UMKM EMPING MELINJO DI DESA TAMAN REJO
Sari
keterampilan pelaku UMKM emping melinjo di Desa Taman Rejo dalam aspek pengembangan
usaha dan strategi pemasaran. Sosialisasi ini difokuskan pada dua aspek utama, yaitu pentingnya
pengurusan lisensi BPOM guna meningkatkan legalitas dan daya saing produk, serta pemanfaatan
strategi pemasaran digital melalui e-commerce dan media sosial. Metode pelaksanaan yang
digunakan meliputi observasi lapangan, wawancara, serta sesi pelatihan interaktif. Hasil dari
kegiatan ini menunjukkan bahwa para peserta memiliki antusiasme tinggi dalam memahami materi
yang diberikan. Mereka kini lebih sadar akan pentingnya sertifikasi produk dan pemasaran digital
dalam meningkatkan jangkauan pasar serta daya saing usaha mereka. Dengan adanya kegiatan ini,
diharapkan UMKM emping melinjo dapat berkembang lebih profesional, meningkatkan penjualan,
serta menciptakan peluang bisnis yang lebih luas dan berkelanjutan.
Kata kunci: UMKM, Emping Melinjo, Lisensi BPOM, E-Commerce
Referensi
Azzahra, B., & Wibawa, I. G. A. R. P. (2021). Strategi Optimalisasi Standar Kinerja UMKM
Sebagai Katalis Perekonomian Indonesia Dalam Menghadapi Middle Income Trap 2045.
Inspire Journal: Economics and Development Analysis, 1(1), 75–86.
https://ejournal.uksw.edu/inspire/article/download/4856/1771
Dewi, N. S. D., Putri, D. A. P. A. G., Wardani, K. D. K. A., & Indrashwara, D. C. (2023).
Pendampingan Umkm Desa Sulahan Dalam Eskalasi Kualitas Produk Jajan Upakara Untuk
Mendapatkan Izin Edar BPOM. To Maega : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(3), 461.
https://doi.org/10.35914/tomaega.v6i3.1790
Epriliyana, N. N. (2019). Urgensi Ijin Keamanan Pangan (P-IRT) Dalam Upaya Membangun
Kepercayaan Konsumen Dan Meningkatkan Jaringan Pemasaran. Jurnal Manajemen Dan
Bisnis Indonesia, 5(1), 21–31.
http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/JMBI/article/view/2580
Halim, A. (2020). Pengaruh Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Terhadap
Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Mamuju. Jurnal Ilmiah Ekonomi Pembangunan, 1(2),
–172. https://stiemmamuju.e-journal.id/GJIEP/article/view/39
Priyanto, A. D., Putranto, A. W., Abdimesin, W., Estiasih, T., & Ramadhani, F. (2022).
Pendampingan Wawasan Sertifikasi Halal dan Izin Edar BPOM pada CV Milkinesia
Nusantara. Abdi-Mesin Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknik Mesin, 2(2), 68–75.
https://doi.org/10.33005/abdimesin.v2i2.35
Siswanto, T. (2018). Optimalisasi Sosial Media Sebagai Media Pemasaran Usaha Kecil Menengah.
Liquidity, 2(1), 80–86. https://doi.org/10.32546/lq.v2i1.134
Trulline, P. (2021). Pemasaran produk UMKM melalui media sosial dan e-commerce. Jurnal
Manajemen Komunikasi, 5(2), 259. https://doi.org/10.24198/jmk.v5i2.32746
DOI: https://doi.org/10.33024/pkmakt.v5i1.21722
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Penerbit : Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi, Universitas Malahayati, Bandar Lampung