SOSIALISASI PENGEMBANGAN UMKM DAN PEMASARAN GUNA MENINGKATKAN PENJUALAN UMKM EMPING MELINJO DI DESA TAMAN REJO

Eka Sariningsih, Iing Lukman, Alya Xandra Cerya, Damar Wulan, Ovi Kirani Ramadhani, Sandi Pratama, Yulia Febriana

Sari


Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini memiliki tujuan untuk meningkatkan pemahaman dan
keterampilan pelaku UMKM emping melinjo di Desa Taman Rejo dalam aspek pengembangan
usaha dan strategi pemasaran. Sosialisasi ini difokuskan pada dua aspek utama, yaitu pentingnya
pengurusan lisensi BPOM guna meningkatkan legalitas dan daya saing produk, serta pemanfaatan
strategi pemasaran digital melalui e-commerce dan media sosial. Metode pelaksanaan yang
digunakan meliputi observasi lapangan, wawancara, serta sesi pelatihan interaktif. Hasil dari
kegiatan ini menunjukkan bahwa para peserta memiliki antusiasme tinggi dalam memahami materi
yang diberikan. Mereka kini lebih sadar akan pentingnya sertifikasi produk dan pemasaran digital
dalam meningkatkan jangkauan pasar serta daya saing usaha mereka. Dengan adanya kegiatan ini,
diharapkan UMKM emping melinjo dapat berkembang lebih profesional, meningkatkan penjualan,
serta menciptakan peluang bisnis yang lebih luas dan berkelanjutan.
Kata kunci: UMKM, Emping Melinjo, Lisensi BPOM, E-Commerce

Referensi


Azzahra, B., & Wibawa, I. G. A. R. P. (2021). Strategi Optimalisasi Standar Kinerja UMKM

Sebagai Katalis Perekonomian Indonesia Dalam Menghadapi Middle Income Trap 2045.

Inspire Journal: Economics and Development Analysis, 1(1), 75–86.

https://ejournal.uksw.edu/inspire/article/download/4856/1771

Dewi, N. S. D., Putri, D. A. P. A. G., Wardani, K. D. K. A., & Indrashwara, D. C. (2023).

Pendampingan Umkm Desa Sulahan Dalam Eskalasi Kualitas Produk Jajan Upakara Untuk

Mendapatkan Izin Edar BPOM. To Maega : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(3), 461.

https://doi.org/10.35914/tomaega.v6i3.1790

Epriliyana, N. N. (2019). Urgensi Ijin Keamanan Pangan (P-IRT) Dalam Upaya Membangun

Kepercayaan Konsumen Dan Meningkatkan Jaringan Pemasaran. Jurnal Manajemen Dan

Bisnis Indonesia, 5(1), 21–31.

http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/JMBI/article/view/2580

Halim, A. (2020). Pengaruh Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Terhadap

Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Mamuju. Jurnal Ilmiah Ekonomi Pembangunan, 1(2),

–172. https://stiemmamuju.e-journal.id/GJIEP/article/view/39

Priyanto, A. D., Putranto, A. W., Abdimesin, W., Estiasih, T., & Ramadhani, F. (2022).

Pendampingan Wawasan Sertifikasi Halal dan Izin Edar BPOM pada CV Milkinesia

Nusantara. Abdi-Mesin Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknik Mesin, 2(2), 68–75.

https://doi.org/10.33005/abdimesin.v2i2.35

Siswanto, T. (2018). Optimalisasi Sosial Media Sebagai Media Pemasaran Usaha Kecil Menengah.

Liquidity, 2(1), 80–86. https://doi.org/10.32546/lq.v2i1.134

Trulline, P. (2021). Pemasaran produk UMKM melalui media sosial dan e-commerce. Jurnal

Manajemen Komunikasi, 5(2), 259. https://doi.org/10.24198/jmk.v5i2.32746




DOI: https://doi.org/10.33024/pkmakt.v5i1.21722

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Penerbit : Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi, Universitas Malahayati, Bandar Lampung