ANALISA PENGARUH KERUSAKAN JALAN DITINJAU DARI NILAI DAYA DUKUNG DAN KARAKTERISTIK TANAH DENGAN METODE CALIFORNIA BEARING RATIO (CBR) (Studi Kasus : Ruas Jalan Campang Raya)

Devi Oktarina Oktarina, Feriyansyah Feriyansyah Feriyansyah, yan Juansyah

Abstract


Jalan merupakan prasarana penghubung yang mempunyai peranan penting bagi pertumbuhan ekonomi, sosial budaya, dan menunjang pembangunan nasional. Membangun suatu konstruksi Jalan berkaitan dengan kondisi fisik tanah, hal ini disebabkan karena tanah merupakan salah satu material yang sangat berperan penting dalam mendukung suatu konstruksi Jalan. Tujuan dari Penelitian ini untuk mengindentifikasi kerusakan badan jalan dan mengetahui karakteristik tanah dengan uji California Bearing Ratio (CBR). sampel tanah diambil dari ruas jalan daerah Campang Raya, Kec. Sukabumi, Bandar Lampung. Pelaksanaan pengujian CBR dengan alat tekan pemadat standar dengan menggunakan tiga sampel tanah pada masing-masing yaitu 10 lapis, 25 lapis, dan 55 lapis. Berdasarkan hasil pengujian didapatkan nilai CBR standard metode tumbukan di laboratorium 2% CBR rendaman dan 2,7% CBR tanpa rendaman, dimana Penetrasi CBR ini tanah dijalan Campang Raya termasuk definisi tanah jelek.

 

Kata kunci : Kerusakan Jalan, Daya Dukung Tanah, Karakteristik Tanah, CBR.

Keywords


Sipil

References


Arfan ,Hasandan Sumiati .2013. Kerusakan Dini Lapisan Perkerasan Aspal Beton Ac-Bc Bina Marga, Direktorat Jendral. Spesifikasi Umum Seksi 3.2 Timbunan Departemen Pekerjaan Umum. Jakarta.

Das, Braja M, 1993, Mekanika Tanah (Prinsip-prinsip Rekayasa Geoteknis), Jilid

I, Erlangga, Jakarta.

Das, Braja. M. 1995, Mekanika Tanah (Prinsip-Prinsip Rekayasa Geoteknis) Jilid

II, Erlangga. Jakarta.

Dermawan, Herwan. 2010, Uji California Bearing Ratio(CBR) ASTM D1883. Bandung.UniversitasPendidikan Indonesia.

Hardiyatmo, H.C. 2002. “Mekanika Tanah 1”, Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Hendrick Simangunsong dan P. Eliza Purnamasari2 (2014) .Evaluasi Kerusakan Jalan Studi Kasaus ( Jalan Dr Wahidin – Kebon Agung Seleman DIY ) . Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Jl Babarsari 44 Yogyakarta.

Ir. Idharmahardi Adha (2014). ”Mekanika Tanah II”,Universitas Lampung. Bandar Lampung.

Margareth, E.Bolla. 2010. Perbandingan Metode Bina Marga Dan Metode Pci (Pavement Condition Index) Dalam Penilaian Kondisi Perkerasan Jalan (Studi Kasus Ruas Jalan Kaliurang), Kota Malang.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 34.Tahun .2006 .Tentang Jalan

Sarief, Saiffudin. 2001. “Ilmu Tanah”. Bandung: PUSTAKA BUANA

Sukirman, Silvia. 2003. Beton Aspal Campuran Panas. Grafika Yuana Marga. Bandung.

Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 22 Tahun.2009. Tentang Lalu – Lintas dan Angkutan Jalan.




DOI: https://doi.org/10.33024/jrets.v3i2.1983

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Rekayasa Teknologi dan sains

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Rekayasa, Teknologi, dan Sains View My Stats

 Jurnal Rekayasa, Teknologi, dan Sains  indexed by:


Secretariat Office:
UNIVERSITAS MALAHAYATI
Mail  : Jl. Pramuka No. 27, Kemiling, Kota Bandar Lampung
Telp  : 0811729009
email: jurnalrts.ft@malahayati.ac.id

<" Copyright UNIVERSITAS MALAHAYATI
 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License