ANALISIS PENGGUNAAN KATALIS DAN ZAT ADIKTIF BAHAN BAKAR TERHADAP PERFORMA DAN EMISI GAS BUANG PADA HONDA BEAT eSP
Abstract
ABSTRAK
Polusi udara akibat dari peningkatan penggunaan jumlah kendaraan bermotor yang mengeluarkan gas-gas berbahaya akan sangat mendukung terjadinya pencemaran udara dan salah satu akibatnya adalah adanya pemanasan global. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan BRQ dan Eco Racing terhadap performa mesin dan emisi gas buang pada kendaraan tipe mesin 4 langkah yang menggunakan bahan bakar pertalite dan pertamax, serta untuk mengetahui efektifitas produk dalam meningkatkan performa mesin dan emisi gas buang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan BRQ dan Eco Racing berdampak pada performa mesin sepeda motor 4 langkah 110 cc. Peningkatan performa mesin dan emisi gas buang terjadi pada uji BRQ dan Eco Racing. Penggunaan BRQ lebih efektif dalam meningkatkan performa mesin jika dibandingkan dengan Eco Racing. Tetapi terjadi detonasi dan knocking pada penggunaan pertamax rendaman BRQ. Penggunaan pertalite campuran BRQ lebih menghemat biaya bahan bakar kendaraan. Disarankan untuk penelitian selanjutnya dapat menguji efek jangka panjang dari penggunaan kedua produk BRQ dan Eco Racing dan mencari cara untuk mengatasi efek detonasi dan knocking pada penggunaan bahan bakar pertamax rendaman BRQ.
Kata kunci: brq, eco racing, performa mesin sepeda motor, emisi gas buang sepeda motor.
ABSTRACT
Analysis of the use of catalysts and fuel additives on performance and exhaust emissions on the Honda Beat esp. Air pollution as a result of the increasing use of the number of motorized vehicles that emit harmful gases will greatly support the occurrence of air pollution and one of the consequences is global warming. The purpose of this study was to determine the effect of using BRQ and Eco Racing on engine performance and exhaust emissions in 4 stroke engine type vehicles that use pertalite and Pertamax fuel, as well as to determine the effectiveness of the product in improving engine performance and exhaust emissions. The results showed that the use of BRQ and Eco Racing had an impact on the engine performance of a 110 cc 4 stroke motorcycle. Improved engine performance and exhaust emissions occurred in the BRQ and Eco Racing tests. The use of BRQ is more effective in improving engine performance when compared to Eco Racing. However, detonation and knocking occurred when using pertamax BRQ immersion. The use of BRQ mixed pertalite saves more on vehicle fuel costs. It is recommended for further research to examine the long-term effects of using both BRQ and Eco Racing products and find ways to overcome the effects of detonation and knocking on the use of Pertamax BRQ immersion fuel.
Keywords: brq, eco racing, motorcycle engine performance, motorcycle exhaust emissions.
Full Text:
PDFReferences
Arijanto, Arijanto, and Heri Nugroho. 2011. “Pengaruh Penggunaan Broquet Pada Prestasi Mesin Sepeda Motor.” Rotasi 13 (1): 8–12. https://ejournal.undip.ac.id/index.php/rotasi/article/view/4417.
“Eco Racing - BISNIS ECO RACING.” n.d. www.ecoracing.info/eco-racing/.
Furqon, Z. dan J. Pramono. n.d. . “. Teknologi Dasar Otomotif. Yogyakarta: ANDI: 35. Honda Cengkareng. Daftar Konsumsi Bahan Bakar BBM Sepeda Motor Honda.” hondacengkareng.com.
KEMENTERIAN NEGARA LINGKUNGANHIDUP. 2006. “PERMENLH No. 05. 1 Agustus 2006: 7.” Ambang Batas Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Lama. 2006.
KESDM. 2019. “Indonesia Energy Outlook 2019. Jakarta: DEN: 2.” 2019.
Nugroho, A.S. 2015. “Prosiding SNATIF. Universitas Muria Kudus.” Pengaruh Penggunaan Metanol Terhadap Prestasi Mesin Kudus: 443.
Pardede, S.T. dan T.B. Sitorus. 2013. “Kinerja Mesin Sepeda Motor Satu Silinder Dengan Bahan Bakar Premium Dan Etanol Dengan Modifikasi Rasio Kompresi.” Jurnal E-Dinamis Universitas Sumatera Utara 4(4): 229.
Saputra, W.E., H. Burhanuddin, dan M.D. Susila E.S. 2013. . “. Pengaruh Penambahan Zat Aditif Alami Pada Bensin Terhadap Prestasi Sepeda Motor 4-Langkah. Jurnal FEMA 1(1): 39.” Jurnal FEMA.
Saputra, R.A. dan M. Hazwi. 2016. “Kajian Eksperimental Penggunaan Katalisator Broquet Terhadap Performansi Mesin Otto Berkapasitas 113 Cc.” Prosiding Seminar Nasional XI “RekayasaTeknologi Industri Dan Informasi 2016 Sekolah Tinggi Teknologi Nasional Yogyakarta. Universitas Sumatera Utara. Medan. 241-244.
DOI: https://doi.org/10.33024/jrets.v7i1.8964
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Rekayasa, Teknologi, dan Sains
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jurnal Rekayasa, Teknologi, dan Sains View My Stats
Jurnal Rekayasa, Teknologi, dan Sains indexed by:
UNIVERSITAS MALAHAYATI
Mail : Jl. Pramuka No. 27, Kemiling, Kota Bandar Lampung
Telp : 0811729009
email: jurnalrts.ft@malahayati.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License