INOVASI “KUPAT SEHATI ( KUNJUNGAN K1 DAN K4 SEHAT SAMPAI PERSALINAN NANTI)” DESA SIDOKAYO KECAMATAN ABUNG TINGGI KABUPATEN LAMPUNG UTARA TAHUN 2023

Nisyatun Nisyatun -  Prodi D.IV Kebidanan
Yuli Yantina* -  UNMAL

Pemeriksaan antenatal care terbaru sesuai standar pelayanan yaitu minimal 6 kali pemeriksaan selama kehamilan, dan 2 kali pemeriksaan oleh dokter pada trimester I da III, 2 kali pada trimester pertama ( kehamilan hingga 12 imnggu ), 1 kali pada trimester ke 2 (kehamilan diatas 12 minggu), 3 kali pada trimester ke tiga (kehamilan diatas 24 minggu sampai 40 minggu) (kemenkes, 2020). Tercapai atau tidaknya pelayanan kesehatan pada ibu hamil sendiri dapat dilihat dari cakupan K1 dan  k4. Cakupan K4 merupakan jumlah ibu hamil yang telah memperoleh pelayanan antenatal sesuai dengan standart paling sedikit 6 kali sesuai jadwal yang dianjurkan, dibandingkan sasaran ibu hamil disatu wilayah kerja dalam kurun waktu satu tahun (lestari et al, 2018)

Acara ini dilakukan dengan pemberitahuan berupa undangan kepada kepala puskesmas, kepala desa, bidan desa, kader, ketua RT di Tiyuh Mulya Kencana untuk meminta izin dalam rangka mengadakan kegiatan inovasi penyuluhan tentang pentingnya Kunjungan K1 pada ibu Hamil. Kegiatan dimulai dengan terlebih dahulu  dengan menanyakan secara langsung kepada para ibu-ibu yang hadir pada saat Posyandu guna menggali pemahaman ibu hamil akan pentingnya Kunjungan K1 pada awal kehamilan yaitu usia kehamilan 0-12 minggu. Selanjutnya memberikan  edukasi/penyuluhan oleh mahasiwa, cara yang ditujukan kepada ibu-ibu selama 50 menit dan selanjutnya melakukan evaluasi terhadap pemahaman ibu-ibu setelah diberikan penyuluhan, Evaluasi dilakukan untuk  mengetahui efektifitas kegiatan penyuluhan. Evaluasi ini  dilakukan dengan metode diskusi. Evaluasi dilakukan segera setelah pelaksanaan kegiatan.

  1. Kementerian Kesehatan RI. (2010). Menurunkan Angka Kematian Ibu dan Kematian Bayi. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI. (2010)
  2. Kemenkes (2020) .Profil kementerian kesehatan RI.Jakarta
  3. Profil Dinas Kesehatan Provinsi Lampung. (2022). Cakupan KI dan K4
  4. Wiknjsosastro,Hanifa. 2011.Kebidanan,Edisi II.Jakarta: Yayasan Bina Pustaka
  5. Sarwono Prawiroharjo.
  6. Dinarohmayanti, dkk 2014. Faktor-faktor Berhubugan dengan Motivasi Ibi Hamil Melakukan Kunjangan Antenatal care tahun 2014. Jurnal Ilmiah Bidan. Vol 2, No 2

SENGKUNI JOURNAL views Statistic Jurnal Perak Malahayati : Pengabdian Keapada Masyarakat Stat

JURNAL PERAK MALAHAYATI : Pengabdian Keapada Masyarakat

indexed by:


Secretariat Office:
Universitas Malahayati
Mail  : Jl. Pramuka No. 27, Kemiling, Kota Bandar Lampung
Telp  : 085279526789
email: jurnalperak@malahayati.ac.id

<" Copyright UNIVERSITAS MALAHAYATI
 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License