INOVASI “BUNA CERIA” (BUAH NAGA CEGAH TERJADINYA ANEMIA). “KASIH” (KELUARGA SADAR ASI EKSLUSIF) DENGAN KONSUMSI JUS BUAH NAGA DAN DI KELURAHAN SRIMULYO KABUPATEN LAMPUNG BARAT 2023

Nikmatul Fauziah -  Universitas Malahayati
Vida Wira Utami* -  UNMAL

Anemia secara umum memiliki pengertian tidak cukupnya sel darah merah yang sehat untuk membawa oksigen membawa oksigen ke seluruh jaringan tubuh. Ketika jaringan tubuh kita tidak mendapatkan cukup oksigen, maka fungsinya akan terganggu. Anemia pada ibu hamil, menjadi perhatian yang lebih, karena ini akan mempengaruhi janin yaitu berat badan lahir rendah, kelahiran prematur dan kematian ibu. Ibu hamil memang rentan terkena anemia, karena meningkatnya kebutuhan nutrisi guna memproduksi sel darah merah yang lebih banyak yaitu untuk dirinya sendiri dan janin yang dikandungnya. Menurut WHO mengategorikan anemia pada kehamilan bila kadar hemoglobin darah kurang dari 11g%, 9-10 g% sebagai anemia ringan, 7-8 g% anemia sedang dan 5-6 g% anemia berat .World. Health Organization (2019) prevalensi anemia pada ibu hamil sebesar 41,8%, pada tahun (2020) 4,5%.

Kegiatan dimulai dengan terlebih dahulu memberikan soal pre test guna menggali pemahaman ibu hamil tentang manfaat jus buah naga untuk mencegah anemia. Selanjutnya memberikan edukasi/penyuluhan dan demonstrasi cara pembuatan jus buah naga yang ditujukan kepada ibu hamil selama 50 menit dan selanjutnya melakukan evaluasi terhadap pemahaman ibu hamil setelah diberikan penyuluhan dengan memberikan soal post test. Terdapat peningkatan pengetahuan ibu hamil setelah diberikan edukasi akan manfaat dari konsumsi jus buah naga. Diharapkan kader dapat melaksanakan dan melanjutkan kegiatan penyuluhan tentang pencegahan anemia pada ibu hamil dengan pemanfaatan jus buah naga.

Kata Kunci: Ibu hamil ,buah naga, anemia

  1. Aprilia F. Lantu, Hermie M. M. Tendean dan Eddy Suparman. Kadar Hemoglobin (HB) Ibu Hamil Di Puskesmas Bahu Manado. Manado. Universitas Sam Ratulangi. 2016.
  2. Dinas Kesehatan Provinsi Lampung. (2015). Profil Kesehatan Lampung 2014. Lampung.
  3. Irdayanti. Identifikasi Kadar Hemoglobin (Hb) Pada Ibu Hamil Trisemester I, II dan III Terhadap Kejadian Anemia di Puskesmas Poasia. Kendari. Politeknik Kesehatan Kemenkes Kendari. 2017.
  4. Kementrian Kesehatan RI. (2014). Riset kesehatan dasar 2014. Jakarta.
  5. Kristanto,D. (2014). Berkebun Buah Naga. Penebar Swadaya: Jakarta
  6. Kristiyanasari W. (2009). ASI, Menyusui & Sadari. Yogyakarta: Nuha Medika.
  7. Prawirohardjo S. Ilmu Kebidanan. Edisi ke4. Jakarta: Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo; 2008 h.775-80.
  8. Proverawati, A. (2011). Anemia dan Anemia kehamilan. Yogyakarta: Nuha Medika, 136
  9. Saifuddin, A.B. Buku Acuan Nasional Pelayanan Kesehatan Maternal dan Neonatal. Jakarta: Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo; 2002.
  10. Soleha, N., Astriana, A., & Amirus, K. (2020). Pemberian Jus Buah Naga Mempengaruhi Kadar Hemoglobin Pada Ibu Hamil. Jurnal Kebidanan Malahayati, 6(3), 335-341.
  11. Stefani, A S dan Vitrilina, H. (2020). Pengaruh Pemberian Jus Buah Naga Terhadap Perubahan Kadar Profil Darah Ibu Hamil dengan Anemia yang Mendapatkan Suplementasi Tablet Fe. Jurnal Online Keperawatan Indonesia. 3(2): 73 – 81.
  12. Suherni. (2009). Perawatan Masa Nifas. Yogyakarta: Fitramaya.
  13. Supariasa, I.D.N. Bachyar B. dan Ibnu F. Penilaian Status Gizi. Jakarta: EGC; 2002.
  14. Rahayu, L. D. P., & Suryani, E. S. (2018). Hubungan Konsumsi Sayuran Hijau Dengan Anemia pada Ibu Hamil di Puskesmas Rembang Kabupaten Purbalingga. Bidan Prada: Jurnal Publikasi Kebidanan Akbid YLPP Purwokerto, 9(1).

SENGKUNI JOURNAL views Statistic Jurnal Perak Malahayati : Pengabdian Keapada Masyarakat Stat

JURNAL PERAK MALAHAYATI : Pengabdian Keapada Masyarakat

indexed by:


Secretariat Office:
Universitas Malahayati
Mail  : Jl. Pramuka No. 27, Kemiling, Kota Bandar Lampung
Telp  : 085279526789
email: jurnalperak@malahayati.ac.id

<" Copyright UNIVERSITAS MALAHAYATI
 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License