SOSIALISAI GERAKAN PEMBERIAN UBI UNGU PADA IBU HAMIL KEK (GARBU KEK)” DI BALAI DESA LEBUH DALAM KECAMATAN MENGGALA TIMUR TAHUN 2023

Anggraini Anggraini -  Universitas Malahayati
Annisa Ermasari* -  Universitas Malahayati

Kehamilan adalah suatu keadaan dimana janin dikandung di dalam tubuh ibu, yang diawali dengan proses pembuahan, yaitu pertemuan sperma dan sel telur di dalam tuba fallopi, yang kemudian tertanam di dalam uterus, dan diakhiri dengan proses persalinan. (Fathonah,2016).

Ibu hamil yang kekurangan energi kronis dapat dilihat dari pengukuran lingkar lengan atas (LILA) yang kurang dari 23,5 cm. Kekurangan energi kronik yaitu suatu keadaan ibu hamil yang menderita kekurangan makanan yang berlangsung lama (kronik) dengan berbagai timbulnya gangguan kesehatan pada ibu hamil.

Metode yang digunakan adalah kegiatan presentasi pemaparan materi yang diikuti oleh dosen pembimbin, kemudian dilanjutkan dengan tanya jawab antar peserta dan pemateri selama acara berlangsung yang dihadiri oleh ibu hamil.

Hasil kegiatan pengabdian masyarakat berupa penyuluhan ini, secara garis besar mencakup beberapa hal salah satunya adalah ketercapaian jumlah target peserta yaitu 100%.

Diharapkan manfaat yang diperoleh peserta adalah yaitu dapat memahami apa itu KEK pada kehamilan dan juga cara penanganannya.

Kata Kunci : Ubi Ungu, Ibu Hamil KEK

  1. Aulia, Ulfa. 2022. Edukasi dan Pembagian VCO dan Biskuit Blondo Untuk Meningkatkan Tinggi Badan dan Berat Badan Balita. Gorontalo : Genitri.
  2. Bakri Sri Handayani. 2021. Upaya Peningkatan Kesehatan Dan Gizi Ibu Hamil. Bandung: Media sains Indonesia.
  3. Gita, B., Sakti, A. O. P., Putra, B. I., & Ratnawati. 2019. Pemanfaatan Minyak Limbah Pengolahan Virgin Coconut Oil (VCO) dan Ekstrak Patikan Kebo (Euphorbhia Hirta) Sebagai Sabun yang Ramah Lingkungan. Jurnal Ilmiah Penalaran Dan Penelitian Mahasiswa,Volume 3.
  4. Karouw, S., Chandra, I., & Kapu’allo, M. L. 2014. Karakteristik Virgin Coconut Oil dengan Metode Sentrifugasi pada Dua Tipe Kelapa. Balai Penelitian Tanaman Palma.
  5. Khairun, N. B., & Muhartono, M. 2021. Model Asupan Virgin Coconut Oil Untuk Perbaikan Indikator Stress Metabolik Balita Stunting di Wilayah Kerja Puskesmas Karang Anyar, Lampung Selatan.
  6. Simbolon Densa, Jumiyati, Anton Rahmadi. 2018. Pencegahan dan penanggulangan Kurang Energi Kronik (KEK) dan Anemia Pada Ibu Hamil Pertama. Yogyakarta : Deepublish.

SENGKUNI JOURNAL views Statistic Jurnal Perak Malahayati : Pengabdian Keapada Masyarakat Stat

JURNAL PERAK MALAHAYATI : Pengabdian Keapada Masyarakat

indexed by:


Secretariat Office:
Universitas Malahayati
Mail  : Jl. Pramuka No. 27, Kemiling, Kota Bandar Lampung
Telp  : 085279526789
email: jurnalperak@malahayati.ac.id

<" Copyright UNIVERSITAS MALAHAYATI
 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License