INOVASI DAUN KATUK DALAM BERBAGAI OLAHAN MAKANAN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PRODUKSI ASI DI KAMPUNG SARI BAKTI KECAMATAN SEPUTIH BANYAK KABUPATEN LAMPUNG TENGAH

Nurliani Nurliani -  unmal
Fijri Rachmawati* -  UNMAL, Indonesia

Pendahuluan: Kegiatan Desa Siaga merupakan kegiatan dalam memberdayakan masyarakat agar mau dan mampu untuk hidup sehat. Oleh karena itu dalam pengembangannya diperlukan langkah-langkah pendekatan edukatif, yaitu upaya mendampingi masyarakat untuk menjalani proses pembelajaran yang berupa proses identifikasi masalah hingga upaya pemecahan masalah-masalah kesehatan yang dihadapi. Berdasarkan hasil survey didapatkan angka penggunaan fasilitas kesehatan dengan dukun tidak ada, pemeriksaan kehamilan tidak lengkap 76,9 %, imunisasi tidak lengkap 63,6 %, ibu tidak ASI Ekslusif 47%., anemia ibu hamil berjumlah 7 ibu hamil. Ibu hamil KEK sebanyak 23,1 %, ibu tidak berKB 28,4.

Tujuan: Untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam inovasi daun katuk dalam berbagai olahan makanan sebagai upaya  peningkatan produksi asi di Kampung Sari Bakti Kecamatan Seputih Banyak Lampung Tengah

Metode Penelitian: Metode yang digunakan penyuluhan dengan langkah yang dilakukan yaitu pendekatan tingkat desa, survei mawas diri, musyawarah masyarakat desa, dan kegiatan intervensi.

Hasil: Berdasarkan prioritas masalah didapatkan prioritas pertama adalah melakukan peningkatan pengetahuan ibu tentang cara meningkatkan ASI yaitu dengan membuat olahan daun katuk seperti pembuatan bolu kukus, puding, cendol, rolade, dan di jus dicampur dengan lemon. Hasil kegiatan menunjukkan masyarakat yang hadir memberi respon cukup baik dari permulaan penyuluhan sampai akhirnya masyarakat mengerti dan berusaha untuk melakukan seperti apa yang dijelaskan selama proses penyuluhan.

Kesimpulan: Dengan kegiatan ini masyarakat telah mengerti cara mengatasi permasalahan kesehatan yang ada sehingga dapat membantu pencapaian MDGs dengan membentuk Desa Sari Bakti  menjadi Desa Siaga menuju Desa Sehat

 

Kata kunci: penyuluhan, daun katuk, produksi ASI

  1. Putri, R. D., Rachmawati, F., & Triana, N. K. H. (2022). Program Pengabdian Kepada Masyarakat Pada Ibu Hamil Untuk Mengurangi Konstipasi Dengan Yogurt Di PMB Yanti Supriani Bandar Lampung. Jurnal Perak Malahayati: Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1).
  2. Hartoyo. Pemberdayaan Masyarakat Melalui Survei Mawas Diri dan Intervensi Masyarakat dalam Bentuk Pendekatan Kemasyarakatan. Magelang; 2015.
  3. Hartoyo. Konsep Pendekatan Masyarakat dalam Kaitannya dengan Desa Siaga. Magelang; 2015.
  4. Hartoyo. Kegiatan Kepaniteraan di Puskesmas Kabupaten Magelang. Magelang; 2015.
  5. Hendrick, P. 2000. Pengantar Kesehatan. Jakarta : EGC.

SENGKUNI JOURNAL views Statistic Jurnal Perak Malahayati : Pengabdian Keapada Masyarakat Stat

JURNAL PERAK MALAHAYATI : Pengabdian Keapada Masyarakat

indexed by:


Secretariat Office:
Universitas Malahayati
Mail  : Jl. Pramuka No. 27, Kemiling, Kota Bandar Lampung
Telp  : 085279526789
email: jurnalperak@malahayati.ac.id

<" Copyright UNIVERSITAS MALAHAYATI
 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License