MENYEMARAKKAN PEKAN IMUNISASI DUNIA DENGAN PELAYANAN IMUNISASI LENGKAP DALAM RANGKA HUT IBI KE-71 DI POSYANDU DAHLIA KELURAHAN MARGOREJO KOTA METRO

Gangsar Indah* -  Program Studi DIII Kebidanan Politeknik Kesehatan Tanjungkarang Prodi Kebidanan Metro, Indonesia
Septi Widiyati -  Program Studi DIII Kebidanan Politeknik Kesehatan Tanjungkarang Prodi Kebidanan Metro, Indonesia
Herlina Herlina -  Program Studi DIII Kebidanan Politeknik Kesehatan Tanjungkarang Prodi Kebidanan Metro, Indonesia
Martini Martini -  Program Studi DIII Kebidanan Politeknik Kesehatan Tanjungkarang Prodi Kebidanan Metro
Islamiyati Islamiyati -  Program Studi DIII Kebidanan Politeknik Kesehatan Tanjungkarang Prodi Kebidanan Metro
Yoga Triwijayati -  Program Studi DIII Kebidanan Politeknik Kesehatan Tanjungkarang Prodi Kebidanan Metro

Imunisasi adalah salah satu upaya untuk mengurangi tingkat morbiditas dan mortalitas pada bayi. Upaya pemberian imunisasi sangat efektif dan efısien dalam meningkatkan derejat kesehatan pada bayi. Penyakit-penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi adalah : tuberculosis, dipteri, pertusis, campak, tetanus dan polio. Ketidaklengkapan imunisasi pada bayi dapat disebabkan beberapa hal yaitu kurangnya pengetahuan ibu tentang manfaat, jadwal, ketakutan efek imunisasi dan adanya persepsi masyarakat yang salah tentang imunisasi.

Kegiatan akan dilaksanakan pada hari kamis, 21 April 2022 bertempat di Posyandu Dahlia Kelurahan Margorejo, Metro Selatan, Kota Metro. Sasaran kegiatan adalah balita yang berjumlah 26 orang. Kegiatan ini diikuti oleh 26 Balita yang melakukan posyandu, 26 orang tua yang mengikuti penyuluhan imunisasi dan 12 balita yang melakukan imunisasi dasar. Kegiatan posyandu dilakukan oleh para bidan dan dibantu kader balita mulai dari pendaftaran, pengukuran tinggi badan dan berat badan, pencatatan hasil, penyuluhan gizi dan pelayanan kesehatan. Kegiatan imunisasi dasar diikuti 12 balita dengan berbagai macam jenis imunisasi sesuai dengan usia balita yang meliputi imunisasi BCG, DPT, Campak, DPT booster dan Campak Booster.

Berdasarkan hasil kegiatan hal-hal yang dapat disarankan perlu kiranya dilakukan penyuluhan kesehatan disetiap kegiatan posyandu untuk meningkatkan pengetahuan ibu tentang kesehatan, meningkatkan peran İBİ dalam berbagai kegiatan masyarakat guna menurunkan angka kesakitan dan kematian baik ibu maupun balita, dan meningkatkan kerjasama baik lintas program maupun lintas sector untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

 

Kata Kunci : Imunisasi

  1. Dewi, A. P., Darwin, E., & Edison, E. (2014). Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu dengan Pemberian Imunisasi Dasar Lengkap pada Bayi di Kelurahan Parupuk Tabing Wilayah Kerja Puskesmas Lubuk Buaya Kota Padang Tahun 2013. Jurnal kesehatan andalas, 3(2).
  2. Hudhah, M. H., & Hidajah, A. C. (2017). Perilaku ibu dalam imunisasi dasar lengkap di Puskesmas Gayam Kabupaten Sumenep. Jurnal Promkes: The Indonesian Journal of Health Promotion and Health Education, 5(2), 167-180.
  3. Kemenkes RI 2015, Buku Ajar Imunisasi. 2nd edn, Pusat Pendidikan dan Pelatihan Tenaga Kesehatan, Jakarta.
  4. Mardianti, M., & Farida, Y. 2020. Faktor — Faktor Yang Berhubungan Dengan Status Imunisasi Dasar Pada Bayi Di Desa Rengasdengklok Selatan Kabupaten Karawang. Jumal Kebidanan Indonesia : Journal of Indonesia Midwifery, 1 1(1),
  5. https://doi.oru/I ().364 1 9/ikebin. v i li I .32-2
  6. PERMENKES RI 12. (2017). Penyelenggaraan Imunisasi. Jakarta: Menteri Kesehatan Republik Indonesia.

SENGKUNI JOURNAL views Statistic Jurnal Perak Malahayati : Pengabdian Keapada Masyarakat Stat

JURNAL PERAK MALAHAYATI : Pengabdian Keapada Masyarakat

indexed by:


Secretariat Office:
Universitas Malahayati
Mail  : Jl. Pramuka No. 27, Kemiling, Kota Bandar Lampung
Telp  : 085279526789
email: jurnalperak@malahayati.ac.id

<" Copyright UNIVERSITAS MALAHAYATI
 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License