SOSIALISASI INOVASI GUDEK TELOR ( GERAKAN IBU HAMIL KEK DENGAN EKSTRAK DAUN KELOR ) DI DESA TULUNG PASIK KECAMATAN MATARAM BARU KABUPATEN LAMPUNG TIMUR TAHUN 2023

Eni Kristanti -  unmal
Susilawati Susilawati* -  Unmal, Indonesia

Salah satu masalah gizi umum pada ibu hamil di Indonesia adalah kekurangan kalori protein. Kekurangan Energi Kronis (KEK) adalah keadaan seseorang yang menderita kekurangan makanan yang berlangsung menahun (kronis) ditandai dengan lingkar lengan atas (LILA) < 23,5 cm, sehingga mengakibatkan timbulnya gangguan kesehatan. Tanaman kelor telah digunakan untuk mengatasi malnutrisi terutama untuk balita dan ibu menyusui. Peningkatan daun kelor menjadi tepung akan dapat meningkatkan nilai kalori, kandungan protein, kalsium, zat besi dan vitamin A. Hal ini disebabkan karena pada saat proses pengolahan daun kelor menjadi tepung akan terjadi pengurangan kadar air yang terdapat dalam daun kelor

Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengatasi Kekurangan Energi Kronik (KEK) dan/atau anemia ringan pada ibu hamil dengan memanfaatkan daun kelor.

          Metode penelitian ini adalah dengan melakukan penyuluhan dan pelatihan pemanfaatan daun kelor pada ibu hamil serta evaluasi dari pelaksanaan kegiatan yang dilakukan

Berdasarkan penelitian didapatkan hasil bahwa Ibu Hamil yang mengkonsumsi daun kelor mengalami kenaikan berat badan. daun kelor bermanfaat bagi perbaikan status gizi pada Ibu hamil.

Berdasarkan penelitian  daun kelor bermanfaat bagi perbaikan status gizi pada Ibu hamil.

 

 

Kata kunci: daun kelor, gizi, Ibu Hamil,KEK

  1. Ayyaz, Q. et al. (2018) ‘Nutritional disorders in India and their alleviation through counseling and diet modification’, Pharma Innov Journal, 7(3), pp. 451–457. Available at: https://www.thepharmajournal.com/archives/?year=2018&vol=7&issue=3&ArticleId=1797.
  2. Hartati, T. and Sunarsih (2021) ‘Konsumsi Ekstrak Daun Kelor dalam Meningkatkan Kadar Hemoglobin pada Ibu Hamil’, Manuju : Malahayati Nursing Journal, 3(1), pp. 101–107.
  3. Helliyana (2018) ‘Hubungan Pengetahuan Gizi Dan Kurang Energi Kronik (KEK) dengan Anemia Pada Ibu Hamil di Puskesmas Muara Satu Kota Lhoksemawe’’.
  4. Lestari, N. D. et al. (2021) ‘Riwayat LILA Ibu Saat Hamil dan ASI Eksklusif dengan Kejadian Stunting’, Midwifery Journal, 1(3), pp. 163–171.
  5. Lucia, S., Purwandari, A. and Pesak, E. (2013) ‘Pengaruh Pelaksanaan Kelas Ibu Hamil Terhadap Pengetahuan Tentang Persiapan Persalinan’, Jurnal Ilmiah Bidan, 3(1), pp. 61–65. Available at: https://media.neliti.com/media/publications/91266-ID-pengaruh-pelaksanaan-kelas-ibu-hamil-ter.pdf.
  6. Mahan, L. K., Escott-Stump, S. and Saunders, W. B. (2004) Krause’s Food, Nutrition, & Diet Therapy. Philadelphia: Elseiver.
  7. Ross, A. C. (2014) Modern Nutrition in Health and Disease. 11th edn. Edited by A. C. Ross. New York: Wolters Kluwer Health/Lippincott Williams & Wilkins.
  8. Utami, N., Simbolon, D. and Krisnasary, A. (2022) ‘Potensi Kelor (Moringa Oleifera) sebagai Pemberian Makanan Tambahan (PMT) Ibu Hamil’, Repository-Poltekkes Bengkulu.
  9. Yuliastuti, S. and Kurnia, H. (2021) ‘Pengaruh Pemberian Serbuk Halus Daun Kelor (Moringa Oleifera) terhadap Kadar Hb Ibu Hamil Trimester III dengan Anemia di Wilayah Kerja Puskesmas Mangunreja Kab. Tasikmalaya’, e-Journal Polkestama, 17(1), pp. 122–127. doi: 10.37160/bmi.v17i1.183.

SENGKUNI JOURNAL views Statistic Jurnal Perak Malahayati : Pengabdian Keapada Masyarakat Stat

JURNAL PERAK MALAHAYATI : Pengabdian Keapada Masyarakat

indexed by:


Secretariat Office:
Universitas Malahayati
Mail  : Jl. Pramuka No. 27, Kemiling, Kota Bandar Lampung
Telp  : 085279526789
email: jurnalperak@malahayati.ac.id

<" Copyright UNIVERSITAS MALAHAYATI
 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License