Promosi Kesehatan Dalam Pencegahan Kejadian Penyakit Telinga Otitis Media Supuratif Kronik Pada Warga di Dusun Sumber Sari

Ringgo Alfarisi* -  Program Studi Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran, Universitas Malahayati, Indonesia
Diana Hermawati -  Program Studi Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran, Universitas Malahayati, Indonesia
Diar Muhamad Haerullah -  Program Studi Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran, Universitas Malahayati, Indonesia
Muhammad Afgan Triana -  Program Studi Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran, Universitas Malahayati, Indonesia
Silvia Hakiki Oktarina -  Program Studi Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran, Universitas Malahayati

Pendahuluan: Kejadian otitis media supuratif kronis (OMSK) di dunia sekitar 65-330 juta orang, terutama di negara berkembang, dimana 39-200 juta orang (60%) mengalami penurunan fungsi pendengaran secara signifikan.Tingginya angka penyakit telinga di Indonesia menjadi bukti masih rendahnya kesadaran masyarakat untuk menghindari diri dari prilaku yang dapat merusak organ telinga. Pengetahuan akan pentingnya menjaga kesehatan organ telinga serta cara untuk mencegah penyakit OMSK, merupakan hal penting yang harus dimiliki bagi masyarakat agar memiliki kesehatan organ telinga yang optimal.

Tujuan: Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman warga dalam mencegah penyakit OMSK serta mendapatkan kesehatan khususnya organ telinga dengan optimal.

Metode: Kegiatan promosi kesehatan kepada masyarakat Dusun Sumber Sari I,  dilakukan dengan menggunakan metode penyuluhan tatap muka langsung ke masyarakat. Kegiatan diwalai dengan persiapan pembuatan poster, bahan kegiatan, dan penyusunan materi penyuluhan oleh tim penyuluh. Peserta penyuluhan sebanyak 40 orang. Evaluasi kegiatan dilakukan melalui pengambilan data nilai pengetahuan peserta terkait penyakit OMSK, baik sebelum maupun sesudah penyuluhan

Hasil: Didapatkan bahwa peserta penyuluhan terbanyak adalah perempuan (75%) dengan kelompok usia terbanyak adalah dewasa (62,5%). Didapatkan hasil bahwa sebelum kegiatan penyuluhan, hanya 25 % mengetahui gejala -  gejala penyakit OMSK, 5 orang peserta mengetahui cara mendeteksi dini dan cara mencegah penyakit OMSK. Setelah dilakukan kegiatan penyuluhan, didapatkan bahwa seluruh peserta (100%), dapat memahami dan mengerti gejala- gejala, cara deteksi dini, dan cara mencegah penyakit OMSK.

Kesimpulan: Kegiatan promosi kesehatan berupa penyuluhan mengenai penyakit OMSK dan cara mencegahnya pada warga di Dusun Sumber Sari berjalan dengan baik. Kegiatan penyuluhan memiliki dampak positif terhadap peningkatan pengetahuan peserta penyuluhan tentang pencegahan penyakit OMSK.

Kata Kunci: Promosi Kesehatan, Otitis Media Supuratif Kronik, Telinga

SENGKUNI JOURNAL views Statistic Jurnal Perak Malahayati : Pengabdian Keapada Masyarakat Stat

JURNAL PERAK MALAHAYATI : Pengabdian Keapada Masyarakat

indexed by:


Secretariat Office:
Universitas Malahayati
Mail  : Jl. Pramuka No. 27, Kemiling, Kota Bandar Lampung
Telp  : 085279526789
email: jurnalperak@malahayati.ac.id

<" Copyright UNIVERSITAS MALAHAYATI
 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License