PENYULUHAN MENGGUNAKAN MEDIA LEAFLET TENTANG BAHAYA MP-ASI DINI PADA KADER POSYANDU DAN IBU MENYUSUI DALAM RANGKA PEMBINAAN DESA TANGGUH ASI DI DESA KARANG SARI KEC. JATI AGUNG, LAMPUNG SELATAN

Amrina Octaviana* -  Poltekes Tanjungkarang, Indonesia
Roslina Roslina -  Poltekes Tanjungkarang, Indonesia
Ima Wastiani -  Poltekes Tanjungkarang, Indonesia

Puskesmas Karang Anyar merupakan puskesmas yang menjadi mitra pusat unggulan (Center of Excellence) Jurusan Kebidanan di bidang manajemen laktasi. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan cakupan ASI eksklusif adalah dengan Pembinaan Desa Tangguh ASI di beberapa desa di Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan. Tujuan kegiatan adalah memberikan edukasi pada kader posyandu dan ibu Menyusui tentang bahaya pemberian Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MP-ASI) Dini, karena pemberian MP-ASI terlalu cepat (<6 bulan) memberi dampak pada bayi salah satunya adalah rendahnya cakupan ASI Ekslusif. Kegiatan telah dilaksanakan pada Hari Sabtu tanggal 10 Juni 2023 di Posyandu Melati Desa Karang Sari Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan. Kegiatan yang dilakukan berupa Edukasi kepada kader posyandu dan Ibu menyusui tentang bahaya MP-ASI Dini menggunakan leaflet, dilanjutkan dengan pemeriksaan Haemoglobin bagi ibu Menyusui. Adanya peningkatan pengetahuan bagi ibu menyusui dan kader tentang Bahaya MP-ASI Dini (100%) dan kadar Hb pada ibu menyusui adalah normal (11 – 12 gr/dL). Diharapkan kegiatan dapat dilaksanakan secara berkelanjutan dalam bentuk pendampingan sehingga keberhasilan menyusui ASI Eklusif dapat meningkat.

 

Kata Kunci : Penyuluhan, Leaflet, MP-ASI Dini, Kader posyandu, dan Ibu Menyusui

 

  1. Dinkes Provinsi Lampung. (2021). Profil Kesehatan Provinsi Lampung Tahun 2021 (Dinkes Provinsi Lampung, Ed.; 1st ed.). Dinkes Provinsi Lampung.
  2. Hidayatullah, R. N., Utami, R. F., Putri, R. S., Khasanah, R., Rosa, S., Hartinah, S., Sujani P., S. Y., Ramadhenisa, S., Andini, T. P., Effendi. Via Aulia, Rahmawati, Y., & Martha, E. (2021). Perilaku Pemberian MP-ASI Dini di Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor. Jurnal Pengabdian Kesehatan Masyarakat (Pengmaskesmas), 1(2), 137–144.
  3. Kemenkes. (2022). Profil Kesehatan Indonesia.
  4. Sugiharti, K. R. (2017). Hubungan Antara Paritas dan Umur Ibu dengan Pemberian MP-ASI Dini pada Bayi Umur < 6 bulan. Viva Medika, 10(01), 86–91.

SENGKUNI JOURNAL views Statistic Jurnal Perak Malahayati : Pengabdian Keapada Masyarakat Stat

JURNAL PERAK MALAHAYATI : Pengabdian Keapada Masyarakat

indexed by:


Secretariat Office:
Universitas Malahayati
Mail  : Jl. Pramuka No. 27, Kemiling, Kota Bandar Lampung
Telp  : 085279526789
email: jurnalperak@malahayati.ac.id

<" Copyright UNIVERSITAS MALAHAYATI
 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License