PENYULUHAN PEMBUATAN PUDDING DAUN KELOR UNTUK IBU HAMIL YANG MENDERITA ANEMIA DI DESA GUNUNG TERANG, KECAMATAN KALIANDA KABUPATEN LAMPUNG SELATAN.

Elfiyanti Elfiyanti -  Unmal, Indonesia
Vida Wira Utami* -  DIII Kebidanan Universitas Malahayati

Sosialisasi ini bertujuan untuk menilai efektivitas intervensi pudding daun kelor dalam meningkatkan tingkat hemoglobin pada ibu hamil dengan anemia ringan di Desa Gunung Terang, Lampung Selatan. Pengabdian  melibatkan 40 ibu hamil dengan anemia ringan yang menerima intervensi selama enam minggu. Hasil Pengabdian menunjukkan peningkatan signifikan dalam tingkat hemoglobin setelah intervensi. Namun, beberapa ibu hamil masih mengalami anemia ringan, mungkin disebabkan faktor lain yang mempengaruhi penyerapan zat besi. Edukasi tentang pola makan seimbang dan istirahat yang cukup sangat penting dalam mengatasi anemia. Peran aktif dari pemerintah, masyarakat, dan tenaga kesehatan, serta kolaborasi antar pemangku kepentingan, sangat diperlukan untuk menjamin keberhasilan intervensi dan menciptakan masyarakat yang lebih sehat dan bebas dari anemia pada ibu hamil di Desa Gunung Terang.

 

Kata Kunci: Pudding daun kelor, Anemia, Ibu hamil.

  1. Dinas Kesehatan Provinsi Lampung. (2015). Profil Kesehatan Lampung 2014. Lampung.
  2. Fitriani, Annisa Nur. (2021). Kenaikan Berat Badan Ibu Hamil yang Normal Tiap Semester. https://mamaschoice.id/article/kenaikan-berat-badan-ibu- hamil/. 4 April 2022 pukul 10.00 WIB.
  3. Kementrian Kesehatan RI. (2021). Buku KIA Kesehatan Ibu dan Anak. Jakarta.
  4. APBN Direktorat Kesehatan Keluarga 2021.
  5. KKN,Mahasiswa. (2021). Tingkatkan Status Gizi Dan Imunitas, Mahasiswi Undip Galakan Penyuluhan Gizi Seimbang Untuk Ibu Hamil, Bayi Dan Balita Berbasis Pangan Lokal. http://kkn.undip.ac.id/?p=195474. 4 April 2022 pukul 09.00 WIB.
  6. Kurniasari, Devi & Rosmiyati. (2021). Inovasi Kegiatan Mencegah Ibu Hamil KEK (Bulat Bronis) Di Kampung Madiun Kel.Rajabasa Raya Kec.Rajabasa Bandar Lampung Tahun 2021. JPM (Jurnal Perak Malahayati), Vol 3, No. 2. November 2021 Hal 113-119
  7. Proverawati, A. (2011). Anemia dan Anemia kehamilan. Yogyakarta: Nuha Medika, 136
  8. Susiyanti, E., & Hartini, H. (2021). EFEKTIVITAS KONSUMSI DAUN KELOR TERHADAP PENINGKATAN KADAR HEMOGLOBIN PADA IBU HAMIL DENGAN ANEMIA. Jurnal
  9. Keperawatan, 14(2), 40-52.

SENGKUNI JOURNAL views Statistic Jurnal Perak Malahayati : Pengabdian Keapada Masyarakat Stat

JURNAL PERAK MALAHAYATI : Pengabdian Keapada Masyarakat

indexed by:


Secretariat Office:
Universitas Malahayati
Mail  : Jl. Pramuka No. 27, Kemiling, Kota Bandar Lampung
Telp  : 085279526789
email: jurnalperak@malahayati.ac.id

<" Copyright UNIVERSITAS MALAHAYATI
 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License