SOSIALISASI JAGA IBU HAMIL ANEMIA DENGAN DAUN KELOR DI KELURAHAN KEMILING RAYA KECAMATAN KEMILING BANDAR LAMPUNG

Susilawati Susilawati -  Prodi Kebidanan Universitas Malahayati Bandar Lampung
Fijri Rachmawati* -  Prodi Kebidanan Universitas Malahayati Bandar Lampung, Indonesia
Hevi Hevi -  Prodi Kebidanan Universitas Malahayati Bandar Lampung, Indonesia

Latar Belakang Daun kelor memiliki banyak khasiatnya salah satunya dalam upaya meningkatkan kadar hemoglobin pada ibu hamil anemia, karena kandungan zat besi dalam 100 gram daun kelor yautu 25 kali lebih banyak dari bayam. Tumbuhan kelor yang berpotensi sebagai obat sangat banyak tumbuh dan mudah ditemui di berbagai daerah, sehingga perlu adanya pengetahuan untuk memanfaatkannya. Tanaman Kelor ini sudah sejak lama dikenal dan digunakan sebagai alternatif alami pengobatan. Pemanfaatan penyajian daun kelor ini masih kurang menarik atau kurang praktis, oleh karena itu perlu pemanfaatan daun kelor dalam bentuk yang lebih mudah, cepat dan siap disajikan.Tujuan dari praktik komunitas ini yaitu Ibu hamil mampu memahami manfaat daun kelor terhadap keningkatkan hemoglobin ibu hamil dengan anemia.Sasaran dari prakttik Komunitas ini adalah ibu hamil dengan anemia yang di data melalui SDM dan dari hasil penentuan prioritas masalah dalam MMD.Penatalaksanaan dengan memberikan inovasi makanan bebahan daun kelor pada ibu hamil seperti bolu daun kelor, botok dau kelor, stik daun kelor, dan pudding daun kelor.Kesimpulan dengan memberikan inovasi makanan dengan kandungan daun kelor diharapkan ibu hamil yang mengalami anemia dapat teratasi dengan baik.

 

  1. Astuti, Reni Yuli & Ertiana, Dwi. 2018. Anemia dalam Kehamilan. Penerbit: Pustaka Abadi. 118 halaman.
  2. Hartati, T. (2021). Konsumsi Ekstrak Daun Kelor Dalam Meningkatkan Kadar Hemoglobin Pada Ibu Hamil. Malahayati Nursing Journal
  3. Hendarto.D. (2019). Khasiat Jitu Daun Kelor Dan Sirih Merah Tumpas Penyakit. Jakarta Selatan: Laksana.
  4. Kemenkes RI. (2022). Tumpeng Gizi Seimbang dan 10 Pesan Gizi Seimbang. https://kesmas.kemkes.go.id/konten/144/0/tumpeng-gizi-seimbang-dan-10-pesan-gizi-seimbang
  5. Manuaba IBG. Ilmu Kebidanan, Penyakit Kandungan, dan Keluarga Berencana untuk Pendidikan Bidan. Jakarta: EGC; 2010-2012.
  6. Muaslimah M, Suherni, dan Widyastuti Y.(2019). Rasio Prevalensi Paritas Terhadap Kejadian Anemia Ibu Hamil Trimester III Di Puskesmas Gedongtengen (Doctoral Dissertation, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta).
  7. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2024 Tentang Pedoman Gizi Seimbang
  8. Sunarsih, et all. (2021). Ibu Hamil Sehat Tanpa Anemia (Bumil Setia) : Sosialisasi Pencegahan Anemia Dengan Pemanfaatan Olahan Daun Kelor. Jurnal Perak Malahayati.
  9. Tampubolon, Y. Yantina, Y. Kurniasari, D. Isnaini, N (2021). Pengaruh Pemberian Daun Kelor Pada Ibu Hamil Trimester III Dengan Peningkatan Kadar HB di Wilayah Kerja Puskesmas Gedung Sari Kecamatan Anak Ratu Aji Kabupaten Lampung Tengah. Jurnal Kebidanan Malahayati.
  10. TKPI. (2017). Tabel Komposisi Pangan Indonesia. Kementerian Kesehatan RI, Direktorat Jenderal Kesehatan Mayarakat, Direktorat Gizi Masyarakat.

SENGKUNI JOURNAL views Statistic Jurnal Perak Malahayati : Pengabdian Keapada Masyarakat Stat

JURNAL PERAK MALAHAYATI : Pengabdian Keapada Masyarakat

indexed by:


Secretariat Office:
Universitas Malahayati
Mail  : Jl. Pramuka No. 27, Kemiling, Kota Bandar Lampung
Telp  : 085279526789
email: jurnalperak@malahayati.ac.id

<" Copyright UNIVERSITAS MALAHAYATI
 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License