PENDAMPINGAN IBU HAMIL DALAM PERSIAPAN MENYUSUI DAN PEMBERIAN MAKAN BAYI DAN ANAK (PMBA) USIA 6-24 BULAN DI REJOMULYO KECAMATAN JATI AGUNG KABUPATEN LAMPUNG SELATAN

Yeyen Putriana -  Jurusan Kebidanan Prodi Sarjana Terapan Kebidanan dan Diploma Tiga Kebidanan Tanjungkarang Poltekkes Kemenkes Tanjungkarang, Indonesia
Risneni Risneni -  Jurusan Kebidanan Prodi Sarjana Terapan Kebidanan dan Diploma Tiga Kebidanan Tanjungkarang Poltekkes Kemenkes Tanjungkarang, Indonesia
Lely Sulistianingrum* -  Jurusan Kebidanan Prodi Sarjana Terapan Kebidanan dan Diploma Tiga Kebidanan Tanjungkarang Poltekkes Kemenkes Tanjungkarang, Indonesia

 

Masa sejak konsepsi hingga dua tahun pertama kehidupan anak merupakan periode emas yang menentukan kualitas kehidupan. Nutrisi yang adekuat selama periode tersebut menjadi dasar bagi perkembangan potensi setiap anak. WHO (World Health Organization) merekomendasikan Pemberian Makan pada Bayi dan Anak (PMBA) yang tepat meliputi Inisiasi Menyusu Dini (IMD) segera setelah lahir minimal selama 1 jam, pemberian Air Susu Ibu (ASI) eksklusif sampai usia 6 bulan, memberikan Makanan Pendamping ASI (MP-ASI) mulai usia 6 bulan, dan meneruskan pemberian ASI sampai usia 2 tahun atau lebih.

Kegiatan Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pendampingan dan edukasi kepada ibu hamil dan ibu menyusui di Posyandu Melati Rejomulyo, mengenai pentingnya persiapan menyusui dan pemberian makan bayi dan anak usia 6-24 bulan. Bentuk kegiatan ini dengan memberikan penyuluhan dan membagikan leaflet kepada ibu hamil dan ibu yang memiliki bayi balita di posyandu melati Rejomulyo Lampung Selatan.

Metode pada pengabdian masyarakat ini dengan ceramah, tanya jawab dan pembagian leaflet. Kegiatan berjalan dengan baik dan telah dilaksanakan pada tanggal 16 Januari 2024 di Posyandu Melati Rejomulyo Lampung Selatan. Jumlah peserta  sebanyak 70 orang. Peserta mendapatkan edukasi pentingnya persiapan menyusui dan pemberian makan bayi dan anak usia 6-24 bulan.

Diharapkan kegiatan ini dapat bermanfaat dan dapat memotivasi ibu  dalam persiapan menyusui dan pemberian makan bayi dan anak usia 6-24 bulan, sehingga tumbuh kembang anak optimal.

 

  1. Arfan, I., Hernawan, A. D., Asy-Syifa, S. N., & Rizky, A. (2023). Penyuluhan dan Pelatihan PMBA (Pemberian Makan Bayi dan Anak) Untuk Pencegahan Stunting. To Maega: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(3), 470-477.
  2. Faridi, A., Furqan, M., Setyawan, A., & Barokah, F. I. (2020). Peran kader posyandu dalam melakukan pendampingan pemberian makan bayi dan anak usia 6-24 bulan. AcTion: Aceh Nutrition Journal, 5(2), 172-178.
  3. Gambir, J., Jaladri, I., Sari, E. M., & Kurniasari, Y. (2021). A nutrition diary-book effectively increase knowledge and adherence of iron tablet consumption among adolescent female students. Jurnal Gizi Dan Dietetik Indonesia (Indonesian Journal of Nutrition and Dietetics), 8(2), 87–92.
  4. Gunawan, H., Fatimah, S., & Kartini, A. (2022). Hubungan Pengetahuan Dan Praktik Pemberian Makan Bayi Dan Anak (PMBA) Serta Penggunaan Garam Beryodium Dengan Kejadian Stunting. Jurnal Kesehatan Masyarakat (Undip), 10(3), 319-325.
  5. Kumala, D., & Sianipar, S. S. (2019). Pengaruh Pemberian Makanan Bayi Dan Anak (PMBA) Sesuai Tahapan Pada Balita Usia 0 –24 Bulan Dalam Upaya Penurunan Resiko Stunting Pada 1000 Hari Pertama Kehidupan Di Posyandu Wilayah Keja Puskesmas Kereng Bangkirai Kota Palangka Raya Kalimantan Tengah. Dinamika Kesehatan: Jurnal Kebidanan Dan Keperawatan, 10(2), 571-584.
  6. Putri, I., Zuleika, T., Murti, R. A. W., & Humayrah, W. (2022). Edukasi Pemberian Makan Bayi dan Anak (PMBA) Meningkatkan Pengetahuan Gizi Ibu Balita di Posyandu Anggrek, Bogor Selatan, Jawa Barat. Darmabakti: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), 48-55.
  7. Rahmawati, S. M., Madanijah, S., Anwar, F., & Kolopaking, R. (2019). Konseling oleh kader posyandu meningkatkan praktik ibu dalam pemberian makan bayi dan anak usia 6-24 bulan di Desa Pagelaran, Kecamatan Ciomas, Bogor, Indonesia. Gizi Indonesia, 42(1), 11-22.
  8. Sari, F., & Ernawati, E. (2018). Hubungan Sikap Ibu Tentang Pemberian Makanan Bayi Dan Anak (PMBA) Dengan Status Gizi Bayi Bawah Dua Tahun (Baduta). Journal of Health (JoH), 5(2), 77-80.
  9. Widaryanti, R. (2019). Pemberian Makan Bayi dan Anak. Deepublish.
  10. Windayanti, H., Masruroh, M., & Cahyaningrum, C. (2019). Pemberian Informasi Tentang Pemberian Makan Bayi dan Anak Usia 0–24 Bulan. Indonesian Journal of Community Empowerment (IJCE), 1(2).

SENGKUNI JOURNAL views Statistic Jurnal Perak Malahayati : Pengabdian Keapada Masyarakat Stat

JURNAL PERAK MALAHAYATI : Pengabdian Keapada Masyarakat

indexed by:


Secretariat Office:
Universitas Malahayati
Mail  : Jl. Pramuka No. 27, Kemiling, Kota Bandar Lampung
Telp  : 085279526789
email: jurnalperak@malahayati.ac.id

<" Copyright UNIVERSITAS MALAHAYATI
 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License