PIJAT BAYI DALAM RANGKA MENSTIMULUS PENINGKATAN BERAT BADAN BALITA DI DESA WAY HUI KECAMATAN JATI AGUNG KABUPATEN LAMPUNG SELATAN

Nora Isa Tri Novadela -  Jurusan Kebidanan Prodi Sarjana Terapan Kebidanan dan Diploma Tiga Kebidanan Tanjungkarang Poltekkes Kemenkes Tanjungkarang, Indonesia
Nurchairina Nurchairina -  Jurusan Kebidanan Prodi Sarjana Terapan Kebidanan dan Diploma Tiga Kebidanan Tanjungkarang Poltekkes Kemenkes Tanjungkarang
Lely Sulistianingrum* -  Jurusan Kebidanan Prodi Sarjana Terapan Kebidanan dan Diploma Tiga Kebidanan Tanjungkarang Poltekkes Kemenkes Tanjungkarang, Indonesia

 

Periode penting dalam tumbuh kembang anak adalah masa bayi dan balita karena pada masa ini pertumbuhan dasar akan memengaruhi dan menentukan pertumbuhan dan perkembangan selanjutnya. Agar anak dapat mencapai pertumbuhan yang optimal, maka diperlukan suatu bentuk perawatan yang lebih intensif diantaranya berupa sentuhan dan stimulasi yang terus menerus. Pijat bayi merupakan seni perawatan kesehatan yang mampu melemaskan sendi yang terlalu kaku dan menyatukan organ tubuh dengan sentuhan. Manfaat pijat bayi adalah meningkatkan daya tubuh, keseimbangan kognitif, sensorik, motorik dan stimulasi syaraf, selain mendapatkan manfaat fisik dari pijat bayi, juga mampu meningkatkan bounding antara anak dan orang tua.

Kegiatan Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pendampingan kepada ibu mengenai keterampilan pijat bayi dalam menstimulus kenaikan berat badan bayi. Metode kegiatan ini  dilakukan dengan memberikan penyuluhan menggunakan power point dan bahan peraga pijat bayi kepada ibu.

Kegiatan berjalan dengan baik dan telah dilaksanakan pada tanggal 23 November 2023 di Posyandu Bougenville Desa Way Hui. Jumlah peserta yang hadir sebanyak 35 orang. Peserta mendapatkan edukasi pentingnya mengenal pijat bayi untuk menstimulus kenaikan berat badan bayi. Diharapkan kegiatan ini dapat bermanfaat dan dapat memotivasi ibu dalam keberhasilan pertumbuhan dan perkembangan bayinya. 

Kegiatan pendampingan kesehatan berupa dan praktik mengenai pijat bayi . Kegiatan penyuluhan memiliki dampak positif terhadap peningkatan pengetahuan peserta penyuluhan tentang pijat bayi dalam rangka meningkatkan daya tahan tubuh dan ikatan bounding ibu dengan bayinya.

 

  1. Carolin, B. T., Syamsiah, S. S., & Khasri, M. M. (2020). Pijat bayi dapat meningkatkan berat badan bayi. Jurnal Kebidanan Malahayati, 6(3), 383-387.
  2. Dewi, S. S. S., Ramadhini, D., & Aswan, Y. (2021). Efektifitas pijat bayi terhadap peningkatan berat badan bayi di ruang perinatologi RSU Inanta Kota Padangsidimpuan. Jurnal Akademika Baiturrahim Jambi, 10(1), 170-175.
  3. Fauziah, A., & Wijayanti, H. N. (2018). Pengaruh Pijat Bayi terhadap Kenaikan Berat Badan dan Kualitas Tidur Bayi di Puskesmas Jetis Yogyakarta. PLACENTUM Jurnal Ilmiah Kesehatan Dan Aplikasinya, 6(2).
  4. Fitriyanti, Y. E., Arsyard, G., & Sumiaty, S. (2019). Pengaruh Pijat Bayi Terhadap Peningkatan Berat Badan. Jurnal Bidan Cerdas, 1(3), 144-150.
  5. Harahap, N. R. (2019). Pijat bayi meningkatkan berat badan bayi usia 0-6 bulan. Jurnal Kesehatan Prima, 13(2), 99-107.
  6. HUTASUHUT, A. S. (2019). Pengaruh Pijat Bayi terhadap Pertumbuhan (Berat Badan) Bayi Usia 1-3 Bulan di Wilayah Kerja Puskesmas Pematang Pasir Kota Tanjung Balai Tahun 2018.
  7. Marni, M. (2019). Pengaruh pijat bayi terhadap peningkatan berat badan pada bayi. Jurnal Kebidanan Indonesia, 10(1), 12-18.
  8. Safitri, M., Lathifah, N. S., & Iqmy, L. O. (2021). Pengaruh pijat bayi terhadap peningkatan berat badan neonatus. Midwifery Journal, 1(2), 94-100.
  9. Susila, I. (2018). Pengaruh Teknik Pijat Bayi terhadap Kenaikan Berat Badan Bayi usia 0-7 bulan di BPS Ny. Aida Hartatik Desa Dlanggu Kecamatan deket Kabupaten Lamongan. Jurnal Midpro, 9(2), 10.
  10. Dewi, N. N. (2011). Pengaruh Stimulasi Pijat Bayi Terhadap Peningkatan Berat Badan Pada Bayi Lahir Cukup Bulan (Doctoral dissertation, Universitas Gadjah Mada).

SENGKUNI JOURNAL views Statistic Jurnal Perak Malahayati : Pengabdian Keapada Masyarakat Stat

JURNAL PERAK MALAHAYATI : Pengabdian Keapada Masyarakat

indexed by:


Secretariat Office:
Universitas Malahayati
Mail  : Jl. Pramuka No. 27, Kemiling, Kota Bandar Lampung
Telp  : 085279526789
email: jurnalperak@malahayati.ac.id

<" Copyright UNIVERSITAS MALAHAYATI
 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License