EDUKASI BERSALIN DI FASILITAS PELAYANAN KESEHATAN DI KELAS IBU HAMIL DESA CIBEUTEUNG MUARA, KEC CISEENG KABUPATEN BOGOR
Masalah kelahiran menewaskan 800 wanita setiap hari pada tahun 2020, satu orang setiap dua menit. Estimasi global mengungkapkan 287.000 kematian ibu pada tahun itu. Akses terhadap perawatan kesehatan merupakan masalah utama dalam kesehatan ibu, khususnya di negara-negara miskin seperti Indonesia yang tidak memiliki sistem asuransi kesehatan nasional (WHO, 2023). Kabupaten terpadat di Indonesia, Bogor, memiliki 101 klinik kesehatan di 40 kecamatan. Angka kematian ibu (AKI) tahun 2020 di Kabupaten Bogor adalah 79,41 per 100.000 kelahiran hidup, jauh di atas target tahunan sebesar 50. Target RPJMD pada tahun 2023 adalah menurunkan AKI menjadi 35 kematian ibu. Bidan berperan krusial dalam memfasilitasi layanan persalinan, memberikan edukasi dan konseling untuk kesehatan ibu dan anak, serta mendeteksi kasus yang memerlukan rujukan, terutama di daerah pedesaan. Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pendidikan kepada ibu hamil, kader, dan keluarga tentang pentingnya melahirkan di fasilitas kesehatan guna mencegah kematian akibat keterlambatan dalam penanganan situasi darurat. Kegiatan yang diikuti oleh 17 ibu hamil dan kader ini menunjukkan peningkatan pengetahuan. Sebelum edukasi, sebagian besar peserta berada pada tingkat pengetahuan cukup, namun setelahnya, mayoritas peserta mencapai tingkat pengetahuan baik. Dengan adanya program ini, diharapkan ibu dan kader akan lebih memilih untuk melahirkan di fasilitas kesehatan, sehingga dapat berkontribusi pada penurunan angka kematian ibu (AKI).
- Amelia. 2012. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Ibu Dalam Pemilihan Penolong Persalinan. Universitas Negeri Gorontalo
- Baroroh, I., Jannah, M., & Meikawati, P. R. (2017). Hubungan Pengetahuan Ibu Hamil Dengan Keikutsertaan Kelas Ibu Hamil Di Wilayah Kerja Puskesmas Jenggot Kota Pekalongan. Jurnal Siklus, 6(2), 212–217.
- Retrieved from https://www.mendeley.com/catalogue/hubungan-pengetahuan-ibu-hamil- dengan-keikutsertaan-kelas-ibu-hamil-di-wilayah-kerja-puskesmas-jengg/Candra. 2002. Plus Minus Posisi Persalinan. Jakarta: Duta Jaya Chalid, Maisuri T. 2016. Upaya Menurunkan Angka Kematian Ibu: Peran Petugas Kesehatan. Universitas Hasanuddin: Makassar
- Fuada, N., & Setyawati, B. (2015). Pelaksanaan Kelas Ibu Hamil Di Indonesia. Jurnal Kesehatan Reproduksi, 6(2), 67–75.
- https://doi.org/10.22435/kespro.v6i2.4745.67-75
- Isrofah, & Endah, S. (2015). Evaluasi Pelaksanaan Kelas Ibu Hamil di Puskesmas Siwalan Kabupaten Pekalongan. Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Kesehatan, XIII(1), 29–37.
- Jackson, K. (2022). Midwives’ decision making during normal labour and birth: A decision making framework. British Journal
- https://doi.org/10.12968/bjom.2022.30.11.615
- JNPK-KP. 2008. Pelatihan Klinik Asuhan Persalinan Normal. Jakarta: Depkes RI.
- Nuraisah, dkk. 2012. Asuhan Persalinan Normal Bagi Bidan. PT. Refika Aditama, Bandung Kartini, A., & Novyani, E. P. (2017). Peran Bidan, Peran Kader, Ketersediaan Fasilitas dan Motivasi Ibu Terhadap Pemanfaatan Kelas Ibu Hamil. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 16(1), 21–30.
- Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. (2016). Pedoman Pelaksanaan Kelas Ibu Hamil. Jakarta : KemenkesRI.
- Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. (2016). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 47 Tahun 2016 Tentang Fasilitas Pelayanan Kesehatan. Jakarta : KemenkesRI.
- Manuaba. (2010). Ilmu Kebidanan Dan Penyakit Kandungan Dan KB Untuk Pendidikan Bidan. Jakarta : EGC.
- Mulyati, S., & Djamilus, F. (2017). Kelas Ibu Hamil dan Perilaku Perawatan Bayi. Jurnal Pendidikan Kesehatan, 6(1), 43.
- https://doi.org/10.31290/jpk.v(6)i(1)y(2017).page:43-49
- Ai Nurasiah. (2014). Asuhan Persalinan Normal bagi Bidan. Bandung: Refika Aditama.
- Notoadmojo, Soekidjo. 2018. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.
- Nurgahaya, Amelia.,2018. Alasan Pemilihan Penolong Persalinan Oleh Ibu Bersalin di Pulau Papandangan Kel Mattiro ujung Kec.Liukang Tupab biring kabupaten Pangke. Universitas Muslim Indonesia.
- Pajai, S. S., Acharya, N., Dound, N., & Patil, A. (2020). Birthing simulator (Simmom) as a learning tool for skills development in management of normal labour. International Journal of Current Research and Review, 12(22 Special Issue).
- https://doi.org/10.31782/IJCRR.2020.SP70
- Preeti. (2014). Education and Role of Media in Education System. International Journal of Scientific Engineering and Research (IJSER), 1.
- Profil Kesehatan Indonesia, Jakarta. Kementerian Kesehatan, 2018. Riskesdas, Jakarta.
- Purwandani, S., Hastuti, P., & Zuhriyatun, F. (2013). Evaluasi Proses PelaksanaanKelas Ibu Hamil di Kabupaten Banyumas. Jurnal Kebidanan, 2(4), 16–19.
- Thornton, J. M., Browne, B., & Ramphul, M. (2020). Mechanisms and management of normal labour. In Obstetrics, Gynaecology and Reproductive Medicine (Vol. 30, Issue 3).
- https://doi.org/10.1016/j.ogrm.2019.12.002
- WHO. 2023. Trends in Maternal Mortality 2000 to 2020: estimates by WHO, UNICEF, UNFPA. World Bank Group and the United Nations Population Division.
- Yanti, H. P. (2012). Evaluasi Program Kelas Ibu hamil di Puskesmas Wilayah Kabupaten Batang Tahun 2012. Program Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat UNDIP. Universitas Diponegoro.