PENYULUHAN PELAYANAN KEHAMILAN (ANC) YANG AMAN DI ERA PANDEMI COVID-19 DI BALAI DESA LIMAN BENAWI KECAMATAN SIMBAR WARINGIN KABUPATEN LAMPUNG TENGAH

Devi Kurniasari -  Universitas Malahayati, Indonesia
ike ate yuviska* -  Program Studi Kebidanan

Kehamilan merupakan suatu keadaan dimana seorang wanita yang didalam rahimnya terdapat embrio atau fetus. Kehamilan dimulai pada saat masa konsepsi hingga lahirnya janin, dan lamanya kehamilan dimulai dari ovulasi hingga partus yang diperkirakan sekitar 40 minggu dan tidak melebihi 43 minggu). Jumlah ibu hamil di Indonesia pada tahun 2017 tercatat sekitar 5.324.562 jiwa. Sedangkan di Jawa Tengah, jumlah ibu hamil mencapai 590.984 jiwa.

Tujuan kegiatan ini yakni diharapkan ibu-ibu hamil dapat mengerti tentang pelayanan kehamilan di era pandemic covid-19. Kegiatan ini telah dilaksanakan pada hari 08 Oktober 2020.  Adapun kegiatan ini dilakukan berupa penyulahan tentang pelayanan kehamilan (anc) yang aman di era pandemi covid-19 di balai desa liman benawi kecamatan simbar waringin kabupaten lampung tengah dengan metode penyuluhan ceramah. Terdapat pengaruh yang signifikan pada pengetahuan ibu-ibu sebelum dan sesudah penyuluhan dilakukan. Dengan demikian, pemberian edukasi dapat memberikan peningkatan pengetahuan, khususnya yang berkaitan dengan ANC di era pamdemi covid-19.

  1. Firnanda, N. S. N., & Sulastri, S. K. (2019). Identifikasi Penyakit Penyerta Pada Ibu Hamil Di Wilayah Kerja Puskesmas Kartasura (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
  2. Kemenkes RI, 2018.Profil Kesehatan Indonesia
  3. Kemenkes RI, 2016.Profil Kesehatan Indonesia
  4. Kuswanti, I. (2014). Asuhan kehamilan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  5. Mariana, D., Wulandari, D., & Padila, P. (2018). Hubungan Pola Makan dengan Kejadian Anemia pada Ibu Hamil di Wilayah Kerja Puskesmas. Jurnal Keperawatan Silampari, 1(2), 108-122.
  6. Sukarni, I., & Wahyu, P. (2013). Buku ajar keperawatan maternitas. Yogyakarta: Nuha Medika.

SENGKUNI JOURNAL views Statistic Jurnal Perak Malahayati : Pengabdian Keapada Masyarakat Stat

JURNAL PERAK MALAHAYATI : Pengabdian Keapada Masyarakat

indexed by:


Secretariat Office:
Universitas Malahayati
Mail  : Jl. Pramuka No. 27, Kemiling, Kota Bandar Lampung
Telp  : 085279526789
email: jurnalperak@malahayati.ac.id

<" Copyright UNIVERSITAS MALAHAYATI
 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License