Covid 19 Era New Normal di Puskesmas Way Laga Provinsi Lampung

Ringgo Alfarisi* -  UNMAL, Indonesia
Syarif Hidayatulloh Malik - 

Covid-19 merupakan jenis virus yang baru sehingga banyak pihak yang tidak tahu dan tidak mengerti cara penanggulangan virus tersebut. Seiring mewabahnya virus corona atau covid-19 ke ratusan negara, pemerintah republic Indonesia memberikan protocol kesehatan. Protokol kesehatan tersebut akan dilaksanakan di seluruh Indonesia oleh pemerintah dengan dipandu secara terpusat oleh kementerian kesehatan Bahkan disejumlah daerah yang telah menerapkan PSBB dianggap tidak efektif dengan alasan berbagai faktor. Menurut Sosiolog, Imam Prasodjo, Di awal tahun 2020 ini, dunia dikagetkan dengan kejadian infeksi berat dengan penyebab yang belum diketahui, yang berawal dari laporan dari Cina kepada World Health Organization (WHO) terdapatnya 44 pasien pneumonia yang berat di suatuwilayahyaitu Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China, tepatnya di hari terakhir tahun 2019 Cina (Diah H,2020). Tahap persiapan dari kegiatan adalah pembuatan media penyuluhan tentang Covid-19 era new normal di laksanakan melalui media online seperti media Zoom meeting dimulai dari hari Rabu, 23 Desember 2020. . 100% peserta zoom meeating dapat memahami maksud dari 3M . tata cara mencuci tangan dan memakai masker dengan benar. Namun setelah dilakukan penyuluhan merekam menjadi paham dan mnegerti. Pada kegiatan ini dilakukan juga praktek langsung memakai masker dan mencuci tangan dengan baik dan benar serta pembagian masker gratis kepada peserta penyuluhan..

  1. Diah H.,2019,Penyakit Virus Corona 2019,J ResoirIndo,Vol 40,No 2,hal 120.
  2. Fitriani,N.I.,2020, TinjauanPustaka Covid-19: Virologi, Patogenesis, Dan ManifestasiKlinis, JurnalMedikaMalahayati, Volume 4, Nomor 3,195.
  3. Rosidi, A. and Nurcahyo, E. (2020) ‘Penerapan New Normal (Kenormalan Baru) Dalam Penanganan Covid-19 sebagai Pandemi Dalam Hukum Positif’, NASPA Journal, 42(4), p. 1.

SENGKUNI JOURNAL views Statistic Jurnal Perak Malahayati : Pengabdian Keapada Masyarakat Stat

JURNAL PERAK MALAHAYATI : Pengabdian Keapada Masyarakat

indexed by:


Secretariat Office:
Universitas Malahayati
Mail  : Jl. Pramuka No. 27, Kemiling, Kota Bandar Lampung
Telp  : 085279526789
email: jurnalperak@malahayati.ac.id

<" Copyright UNIVERSITAS MALAHAYATI
 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License