PELAYANAN KEPADA MASYARAKAT MELALUI PEMERIKSAAN GULA DARAH PADA LANSIA DI PRAKTIK BIDAN BERSAMA CITRA LESTARI KECAMATAN BOJONGGEDE KABUPATEN BOGOR

Rochmawati - Rochmawati* -  Universitas Gundarma Program Studi Kebidanan, Indonesia
Sri Hayuningsih -  Universitas Gundarma Program Studi Kebidanan
Estu Lovita Pembayun - 
Veronica Fary - 
Arini Kusmintarti - 
Liana Elfaristo - 
Kasyafiya Jayanti - 
Gracea Petricka - 
Sisilia Prima - 

Penyakit Diabetes merupakan salah satu penyebab terjadinya penyakit ginjal dan kebutaan serta amputasi yang bukan disebabkan karena disabilitas pada populasi berusia di bawah 65 tahun. Berdasarkan hasil wawancara awal dengan mitra, diperoleh informasi bahwa masih banyak lansia yang tidak memeriksakan kesehatannya terutama pemeriksaan gula darah. Mitra kegiatan pengabdian masyarakat ini yaitu Praktik Bidan Bersama Citra Lestari yang bertempat di Kp. Pos Citayam RT. 02/RW.11 No. 14 Kel. Pabuaran, Kec. Bojonggede, Kab. Bogor. Diusia yang sudah lanjut dan penurunan fungsi tubuh akan membawa dampak yang kurang baik bagi lansia terutama mengenai kesehatan dirinya. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini yaitu melakukan kegiatan pemeriksaan gula darah pada lansia. Tahap pertama kegiatan ini adalah menyiapkan bahan dan alat yang akan digunakan untuk pemeriksaan gula darah. Tahap berikutnya adalah pelaksanaan kegiatan pemeriksaan gula darah. Kegiatan pemeriksaan gula darah pada 16 Oktober 2020 berlangsung selama kurang lebih 1 jam melibatkan 18 orang lanjut usia yang berdomisili di wilayah sekitar tempat Praktik Bidan Bersama Citra Lestari. Kegiatan dilaksanakan secara door to door untuk menghindari kerumunan, serta mengikuti protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah karena kegiatan ini dilaksanakan di masa pandemi COVID-19. Berdasarkan pemeriksaan yang dilakukan didapatkan hasil pemeriksaan terdapat 3 (tiga) orang lansia yang memiliki kadar gula darah diatas batas maksimal yang dianjurkan, dan sebanyak 15 (lima belas) orang lainnya memiliki kadar gula darah dibawah batas maksimal yang dianjurkan.

Kata kunci: Pemeriksaan gula darah, lansia, COVID-19

  1. Kementerian Kesehatan RI. 2018. Riset Kesehatan Dasar 2018. Jakarta.
  2. Kurniawan. Diabetes melitus tipe 2 pada usia lanjut. 2018. Majalah Kedokteran Indonesia. 2018
  3. Ndraha, S. 2017. Diabetes Melitus Tipe 2 dan Tata Laksana Terkini. Departemen Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Krida Wacana Jakarta, Vol. 27 (2).
  4. Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan RI. 2018. Infodatin: Hari Diabetes Sedunia Tahun 2018.
  5. Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan RI. 2020. Infodatin: Tetap Produktif, Cegah dan Atasi Diabetes Melitus.
  6. Rosyada A,Trihandini I. 2019. Determinan komplikasi kronik diabetes melitus pada lanjut usia. Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional. 2019;7(9):395-401.
  7. Setiati S, Kuntjoro H, Arya G R. 2019. Proses menua dan implikasi kliniknya. Dalam: Sudoyo AW, Setiyohadi B, Alwi I, K Simadibrata M, Setiadi S, editor (penyunting). Buku ajar ilmu penyakit dalam. Edisi ke-5. Jakarta: Interna Publishing.
  8. Qurratuaeni. 2016. Faktor-faktor yang berhubungan dengan terkendalinya kadar gula darah pada pasien diabetes melitus di rumah sakit umum Pusat Fatmawati. Jakarta. Universitas Islam Negeri Jakarta

SENGKUNI JOURNAL views Statistic Jurnal Perak Malahayati : Pengabdian Keapada Masyarakat Stat

JURNAL PERAK MALAHAYATI : Pengabdian Keapada Masyarakat

indexed by:


Secretariat Office:
Universitas Malahayati
Mail  : Jl. Pramuka No. 27, Kemiling, Kota Bandar Lampung
Telp  : 085279526789
email: jurnalperak@malahayati.ac.id

<" Copyright UNIVERSITAS MALAHAYATI
 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License