PENYULUHAN GEMAR KELOR DI DESA SUKARAJA PALAS LAMPUNG SELATAN

Anggi Anggraini* -  unmal
Nita Efriana Sari -  unmal, Indonesia

Defisiensi zat besi dalam tubuh akan mengakibatkan anemia yang menurunkan jumlah maksimal oksigen yang dapat dibawa oleh darah, dan berakibat pula pada berkurangnya persediaan zat besi untuk memenuhi kebutuhan ibu, janin dan plasenta. Namun hal ini dapat diatasi dengan mengonsumsi Daun Kelor. Daun Kelor (Moringa oleifera Lam) merupakan salah satu tanaman lokal yang telah dikenal berabad-abad sebagai tanaman multiguna, padat nutrisi dan berkhasiat obat. Mengandung senyawa alami yang lebih banyak dan beragam dibanding jenis tanaman lainnya. Menurut hasil penelitian, daun kelor mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin C, kalsium, kalium, besi dan protein dalam jumlah sangat tinggi yang mudah dicerna oleh tubuh manusia. Tingginya kandungan zat besi (Fe) pada daun kelor kering ataupun dalam bentuk tepung daun kelor yaitu setara dengan 25 kali lebih tinggi daripada bayam dapat dijadikan alternatif penanggulangan anemia pada ibu hamil secara alami. Maka dari itu kelompok memanfaatkan tanaman kelor sebagai program penyuluhan yang di beri nama “Gemar Tanam Kelor” yang dilaksanakan di Desa Sukaraja, Palas Lampung Selatan.

 

Kata Kunci : defisiensi zat besi, daun kelor

  1. Amzu, 2014. Kampung Konservasi Kelor: Upaya Mendukung Gerakan Nasional Sadar Gizi Dan Mengatasi Malnutrisi Di Indonesia. Risalah Kebijakan Pertanian dan Lingkungan. Vol. 1 No. 2: 86
  2. Bahriyah, Izzatul, Hayati, Ari, Zayadi, Hasan. 2015. Studi Etnobotani Tanaman Kelor (Moringa oleifera ) di Desa Somber Kecamatan Tambelangan Kabupaten Sampang Madura. e- Jurnal Ilmiah BIOSAINTROPIS (BIOSCIENCETROPIC) Volume :1 (1), 2015, 61 – 67
  3. Dahlan Sopiyudin . M. 2009 : Statistik untuk kedokteran dan Kesehatan Edisi 4 . Penerbit Salemba Medika Jakarta. Depkes RI, 2003.
  4. Program Penanggulangan Anemia Pada Wanita Usia Subur (WUS). Direktorat Gizi Masyarakat, Direktorat Bina Kesehatan Masyarakat. Http : II Anemia.Com. Tesis Simajuntak, 2008. Hubungan Anemia Pada Ibu Hamil Dengan Berat Badan Bayi Baru Lahir Di Rumah Sakit Ranturapat.
  5. Susilawati, S., Sari, D. K., & Novita, N. (2021). SOSIALISASI INOVASI KEGIATAN “KASI HATI”(KADER SIAGA HAMIL RESTI) DI KELURAHAN PALAPA DI KOTA BANDAR LAMPUNG TAHUN 2021. JURNAL PERAK MALAHAYATI, 3(1), 37-45.
  6. Agusmayanti, R., Farich, A., & Anggraini, A. (2020). PEMBERIAN VITAMIN C DAPAT MENINGKATKAN KADAR HEMOGLOBIN PADA IBU HAMIL ANEMIA. JKM (Jurnal Kebidanan Malahayati), 6(3), 342-348.

SENGKUNI JOURNAL views Statistic Jurnal Perak Malahayati : Pengabdian Keapada Masyarakat Stat

JURNAL PERAK MALAHAYATI : Pengabdian Keapada Masyarakat

indexed by:


Secretariat Office:
Universitas Malahayati
Mail  : Jl. Pramuka No. 27, Kemiling, Kota Bandar Lampung
Telp  : 085279526789
email: jurnalperak@malahayati.ac.id

<" Copyright UNIVERSITAS MALAHAYATI
 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License